Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Kamis, 01 Ags 2013 14:04 WIB

TRAVEL NEWS

Idul Fitri Juga Dirayakan Meriah di China

Redaksi Travel
Umat muslim berkumpul di Masjid Minning untuk merayakan Idul Fitri di Yinchuan (Xinhua)
Umat muslim berkumpul di Masjid Minning untuk merayakan Idul Fitri di Yinchuan (Xinhua)
Xinjiang - Meskipun minoritas, umat muslim di China merayakan Idul Fitri dengan meriah. Para traveler bisa datang ke daerah otonomi Xinjiang untuk merasakan Lebaran di Negeri Tirai Bambu.

Mayoritas umat Muslim terbesar di China terletak di daerah otonomi Xinjiang. Terdapat beberapa etnis minoritas seperti kaum Uygur, Han, Kazakh, Hui, Tajik, Kyrgiz dan Mongol. Sebagian besar dari etnis di Xinjiang beragama Islam.

Dilansir dari China.org.cn, Kamis (1/8/2013) sekitar 20 ribu umat Muslim China biasanya memadati Masjid Id Kah di Kashgar, Xinjiang. Masjid tersebut merupakan yang terbesar di China dan memiliki sejarah selama 500 tahun. Umat muslim yang ada mendengarkan khotbah dari imam dan memanjatkan doa untuk sanak saudaranya.

Kegiatan umat muslim China dalam merayakan bulan suci Ramadan tidak berbeda dengan umat Muslim lain. Setelah berpuasa sehari penuh, mayoritas umat Muslim China mencari makanan yang identik di bulan Ramadan, yaitu daging domba.

Perayaan Idul Fitri yang seru ada di Kota Aksu. Umat muslim berkumpul untuk merayakan Idul Fitri dengan menyanyi dan melakukan tari-tarian. Di ibukota Provinsi Qinghai, Xining, umat Muslim lebih memilih untuk melakukan upacara tradisional di rumah bersama keluarga.

Seperti pengakuan Ma Youcai (81), dia membersihkan rumahnya sejak pagi hari sebelum menyiapkan makanan untuk keluarganya. Momen ini sangat ditunggu oleh para orangtua sepertinya. Selain sebagai ibadah, juga menjadi waktu berkumpulnya kembali seluruh anggota keluarga setelah sekian lama tidak bertemu.

"Bagi umat Muslim, Hari Raya Idul Fitri sudah seperti Tahun Baru," kata Ma Yucheng.

Setelah melakukan Salat Id, dia berkunjung ke makam sanak saudara, membersihkan makam, dan memanjatkan doa. Tradisi ini seperti tradisi ziarah makam di Indonesia.

Pemerintah setempat bahkan memberikan hari libur 3 hari dalam perayaan Idul Fitri. Dimana hari libur tersebut dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk beribadah, mengunjungi sanak saudara, membersihkan makam kerabat, dan menikmati festival.

Traveling ke daerah Xinjiang, China pada saat Lebaran, bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk para wisatawan. Jangan malu-malu, ayo nikmati hari Idul Fitri bersama mereka.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED