Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Sabtu, 07 Sep 2013 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Danau Toba Akan Diramaikan Sigale-gale Raksasa

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Sunrise di Danau Toba (Fitraya/detikTravel)
Sunrise di Danau Toba (Fitraya/detikTravel)
Medan - Sekitar 50 ribu wisatawan diperkirakan akan menyaksikan Festival Danau Toba (FDT) di Kabupaten Samosir, Sumut. Panitia pun menyiapkan berbagai atraksi, termasuk Sigale-gale setinggi 15 meter yang terapung di tengah danau.

FDT akan yang berlangsung pada 8-14 September 2013 mendatang. Ketua Umum Panitia FDT yang juga Bupati Samosir Mangindar Simbolon menyatakan, Sigale-gale yang merupakan boneka khas Batak itu akan dibuat versi raksasanya.

Tinggi boneka Sigale-gale ini tingginya mencapai 15 meter dan akan diletakan secara terapung di danau. Posisi Sigale-gale ini nantinya di antara Bukit Beta dengan Desa Tuktuk di Pulau Samosir.

"Sigale-gale ini akan mengeluarkan cahaya pada malam hari, jadi pengunjung bisa menyaksikannya dari pinggiran danau," kata Simbolon kepada wartawan di Hotel Asean Internasional, Jalan Adam Malik, Medan, Jumat (6/9/2013) malam.

Desain Sigale-gale ini dikerjakan para seniman, dan materialnya yang ramah lingkungan sebagian besar disiapkan di Jakarta. Lalu seluruh material itu dibawa ke Sumut dengan kontainer. Saat ini proses perakitannya tengah berlangsung di danau.

"Pada saat festival berlangsung, pengunjung akan dapat menyaksikan Sigale-gale ini. Jika tertiup angin, akan terlihat seperti menari atau menortor," kata Simbolon.

Selain Sigale-gale raksasa, ada beragam atraksi kebudayaan yang dijanjikan panitia. Hal ini termasuk di antaranya lomba perahu Solu Bolon dan Festival Drum Dunia atau World Drum Festival.

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.