Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Ags 2015 17:16 WIB

TRAVEL NEWS

Disambut Upacara Adat di Ugimba, Tim Jurnalis Siap Lanjut ke Carstensz

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Desa Sugapa (Google Maps)
Desa Sugapa (Google Maps)
Timika - Tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 berada di desa wisata Ugimba di pedalaman Papua. Mereka sempat mengikuti upacara adat setempat dan akan melanjutkan perjalanan ke Puncak Carstensz.

detikTravel adalah bagian dari tim yang akan mencoba mencetak sejarah sebagai tim wartawan yang pertama kalinya mendaki Carstensz lewat jalur Sugapa. Jalur Sugapa-Ugimba-Lembah Danau-danau-Puncak Carstensz selama ini belum pernah diliput oleh media, padahal banyak menyimpan keajaiban alam.

"Tim masih ada di Ugimba, kemarin ada upacara adat bakar batu," kata Ketua Yayasan Somatua, Rini Indyastuti di Timika dalam wawancara dengan detikTravel via telepon, Rabu (19/8/2015).

Yayasan Somatua dan juga Carstensz Adventure adalah penanggung jawab dari ekspedisi jurnalis ini. Di Ugimba sudah tidak terjangkau sinyal seluler, sehingga wartawan detikTravel Afif Farhan belum bisa melaporkan langsung dari sana. Direktur Carstensz Adventure Maximus Tipagau juga berada di Ugimba.

"Pak Maximus juga berada di Ugimba tapi sekarang kembali dulu ke Sugapa," kata Rini.

Perjalanan tim sempat tertunda karena menunggu kiriman logistik dari Timika yang dibawa dengan pesawat carter Trigana. Karena pesawat Trigana ada yang mengalami kecelakaan di Distrik Okbape, pengiriman logistik harus menunggu pesawat lain.

"Logistik baru lengkap. Tadi pagi sudah di Sugapa, nanti sore atau malam sudah di Ugimba," jelasnya.

Rencananya tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 akan melanjutkan perjalanan Kamis (20/8) besok. Tim terdiri dari 3 jurnalis termasuk detikTravel, 2 pendaki dari NTB dan para porter warga Desa Ugimba.

Mereka didampingi pemandu dari Carstensz Adventure. Para pemandu ini adalah Hendricus Mutter, ketua tim pemandu yang sudah 8 kali bolak-balik membawa turis ke Puncak Carstensz, Ardeshir Yaftebbi yang pernah mendaki Seven Summit alias tujuh puncak tertinggi di dunia yang salah satunya adalah Puncak Carstensz dan Arif Fathurrohman selaku manager basecamp dengan keahlian navigasi yang mumpuni.

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED