Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Apr 2016 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Lucu, Asal Usul Nama Derawan

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Afif Farhan
Foto: Afif Farhan
Derawan - Ada cerita di balik asal usul nama Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Cerita guyonan masyarakat setempat, yang mungkin belum pernah kamu dengar.

Kepulauan Derawan berada di Berau, Kalimantan Timur. Traveler bisa menuju ke sana dengan terbang dulu ke Berau, lanjut naik mobil ke Tanjung Batu sekitar 2 jam dan naik boat selama 1 jam. Kepulauan ini punya pamor yang disebut menjadi saingan Raja Ampat di Papua Barat.

detikTravel berkesempatan berkunjung ke Kepulauan Derawan pekan lalu, atas undangan dari Kementerian Pariwisata untuk mengikuti acara Familiarization Trip Australian Travel Agent. Haji Memed dan Fitra, selaku pemandu dari Derawan Paradise menceritakan cerita lucu asal mula nama Derawan dan pulau-pulau di sekitarnya.

Pulau Derawan si perawan (Afif/detikTravel)

Fitra, pemandu dari Derawan Paradise ambil bagian. Pria asli Pulau Derawan itu menjelaskan terlebih dulu, tentang cerita asal mula nama Derawan. Namun dia mengingatkan, cerita ini hanya guyonan semata yang biasa dijadi bahan bercanda masyarakat asli Derawan.

"Ada pulau Derawan, Samama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Di sini, masyarakatnya punya cerita lucu tentang arti nama pulau-pulau itu. Pertama Derawan, seperti kata Pak Haji artinya Perawan," terangnya.

Karena perawan, tak ayal Derawan dikelilingi bak dikepung oleh pulau-pulau lainnya. Lalu apa arti nama pulau-pulau lainnya?

"Samama itu adalah mamanya. Kakaban adalah kakaknya. Sedangkan Sangalaki, nah itu dia lakinya," seloroh Fitra sambil tersenyum lebar.

Pulau Sangalaki yang artinya laki-laki si Derawan (perawan) (Afif/detikTravel)

Pulau Kakaban, kakaknya Derawan (Afif/detikTravel)

Pulau Maratua, mertuanya Derawan (Afif/detikTravel)

Fitra pun tertawa. Namun sekali lagi dia mengingatkan, boleh percaya boleh tidak seperti itu arti namanya. Tapi yang pasti, ingat, adalah sebuah guyonan belaka saja. Sebuah cerita yang pastinya tidak pernah tertulis di buku sejarah manapun.

"Derawan ini memang yang paling cantik, meski begitu semua pulau punya karateristik sendiri. Cerita asal mula tadi, biasanya belum banyak wisatawan yang tahu," tutur Fitra.

Apa mungkin kamu tahu, apa arti sesungguhnya (atau ada cerita versi lainnya) tentang nama Derawan dan pulau-pulau lainnya di sana?

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED