Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mei 2016 22:14 WIB

TRAVEL NEWS

Serunya Bule-bule Inggris Belajar Main Gasing di Indonesian Weekend

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Endi Aras mengajak warga London belajar bermain gasing (Fitraya/detikTravel)
Endi Aras mengajak warga London belajar bermain gasing (Fitraya/detikTravel)
London - Festival Indonesian Weekend di London, Inggris membawa permainan gasing tradisional Indonesia. Banyak yang kagum dan tertarik untuk belajar, apalagi anak-anak kecil.

Festival Indonesian Weekend berlangsung pada 28-29 Mei 2016 di Taman Potters Field, London, Inggris. Festival ini bertujuan memperkenalkan wisata, budaya, kuliner, dan fashion Indonesia kepada warga Inggris dan wisatawan asing di Inggris.

Hari kedua, Minggu (29/5/2016) suasananya seramai hari pertama. Salah satu atraksi menarik adalah dari Komunitas Gasing Indonesia pimpinan Endi Aras yang dibawa tim Unity in Diversity dari Kemendikbud.

Gasing-gasing unik dari yang kecil sampai besar dimainkan di tengah lapangan rumput. Penonton kagum ketika gasing ini bisa diajak akrobat. Atraksi ini juga cukup interaktif dengan mengajak penonton bermain gasing.

Di luar atraksi ini, ada juga coaching clinic bermain gasing di depan stand Unity in Diversity. Mereka yang datang ke booth Unity in Diversity juga bisa mendapat suvenir gasing bambu gratis.

"Banyak yang minta diajarkan gasing bambu karena unik dan bisa mengeluarkan suara. Kalau anak-anak suka gasing lombok dari buah nyamplung karena kecil," kata Endi Aras membuka obrolan dengan detikTravel.

Menurutnya tidak sulit mengajari pengunjung, karena sudah dipilih jenis yang paling gampang dimainkan. Bahkan menurut Endi, ada turis Spanyol yg dihadiahi 30 gasing karena dia rupanya guru di negara asalnya dan dia ingin mengajari muridnya main gasing Indonesia.

Respons warga London dan wisatawan asing lain dirasakan Endi sangat baik. Lantas bagaimana dengan potensi wisata gasing?

"Ada Kampung Dolanan Nusantara di Magelang, bisa main ke sana. Sering kok rombongan anak sekolah datang dan turis yang tahu. Tempat ini nggak bayar," jelasnya.

Gasing menurut Endi punya filosofi penting yaitu keseimbangan hidup manusia. Hal ini pun diamini Ahmad Mahendra, Kasubdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Warisan & Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud.

Menurut Ahmad, gasing adalah contoh sempurna untuk menggambarkan Indonesia yang penuh keberagaman. Ada 300-400 gasing di Indonesia yang berbeda-beda seperti halnya perbedaan etnis yang ada di Nusantara.

"Ada nilai persatuan, sportivitas, keberagaman. Dan kita kan mau ada Wolrd Culture Forum, 2 Oktober 2016 di Bali. Kita mau undang juga Walikota London, karena persamaan nilai Kota London soal keberagaman," kata Ahmad. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.