Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Mar 2017 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Tidar di Magelang, Potensi Wisata Spiritual yang Tak Kalah Dari Borobudur

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: (Randy/detikTravel)
Foto: (Randy/detikTravel)
Jakarta - Candi Borobudur di Magelang dikenal sebagai landmark unggulan di Pulau Jawa. Namun tidak jauh, ada Gunung Tidar di Magelang yang juga punya potensi wisata spiritual.

Tidak kalah dari Borobudur, Gunung Tidar yang dikenal sebagai tempat latihan militer di Magelang juga kaya akan potensi wisata spiritual. Hal itu pun diungkapkan dalam Seminar Mengembangkan Pariwisata Berbasis Budaya & Spiritual di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2016). Dalam seminar yang terselenggara oleh Tidar Heritage Foundation dan Kemenpar itu turut dihadiri tokoh budaya seperti Prof Komaruddin Hidayat, Prof Dr. Budi Susilo Supandji, Muhamad Sobary, Romo Mudji Sutrisno dan S.D. Darmono (Chairman of PATA Indonesia Chapter) selaku moderator.

"Tidar itu Pakunya Pulau Jawa, ada makam Syeikh Subakir di Gunung Tidar, di sana itu ada Wisata Festival 5 Gunung, festival rakyat yang menghidupi memberi makna dari gunung," ujar Sobary.

Selain festival budaya yang telah diselenggarakan, pada 25 Maret 2017 mendatang atau Sabtu pekan ini akan diselenggarakan acara Wayangan yang akan dihadiri oleh sejumlah duta besar negara sahabat. Tujuannya tentu adalah untuk mempromosikan Gunung Tidar sebagai salah satu objek wisata spiritual di Magelang.

"25 Maret 2017 Wayangan dengan mengembalikan lagi ke esensi, untuk sebuah narasi yang bersumber dari sebuah kekuatan spiritual," ujar Romo Mudji Sutrisno.

SD Dharmono selaku Founder Tidar Heritage Foundation sekaligus CEO PATA Indonesia Jakarta Chapter turut mendukung terselenggaranya acara tersebut. Bahwa bukan tidak mungkin, kalau nantinya Gunung Tidar bisa jadi objek wisata spiritual seperti Borobudur.

"Tidar Heritage Foundation didirikan 7 orang dari Magelang yang gak saling kenal, kita punya mimpi sama, kenapa Tidar yang hebat ini tidak kita promosikan," tutup SD Dharmono. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto : Ani Si Kota Hantu

Rabu, 26 Jul 2017 19:19 WIB

Bangunan-bangunan tua ini merupakan sisa peradaban yang terdapat di Turki. Kota ini telah ditinggalkan, sudah tak ada kehidupan. Ani namanya.