Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Okt 2012 10:14 WIB

TRAVEL-TIPS

Hemat Budget Penginapan dengan 5 Cara Ini

Faela Shafa
Redaksi Travel
dok. Thinkstock
dok. Thinkstock
Jakarta - Menyiapkan budget penginapan adalah suatu yang tak bisa ditawar lagi saat traveling. Jika Anda tak punya budget banyak untuk liburan, ada beberapa cara mengakalinya. Inilah 5 cara menghemat dana penginapan.

Meski ada yang berlibur hanya satu hari, namun tak sedikit juga yang berlibur selama berhari-hari. Jika Anda sendiri, seringnya biaya penginapan malah jadi terasa lebih berat. Jangan kuatir, detikTravel, Minggu (14\/10\/2012) menghimpun 5 cara untuk menghemat uang penginapan:

1. Dormitory<\/strong>

Saat liburan ke luar negeri, menginap di dormitory bukanlah sesuatu yang asing. Banyak penginapan yang menawarkan konsep menginap di kamar bersama. Dormitory memungkinkan Anda menginap bersama orang lain yang benar-benar tidak dikenal. Satu kamar bisa terdiri dari 4 hingga belasan orang.

Harga per malam bukanlah dihitung dari per kamar melainkan dari per tempat tidur. Jadi, tentu penginapan ini akan lebih murah dibanding menginap di hotel atau hostel.

2. Cari teman seperjalanan<\/strong>

Jika tidak menemukan dormitory di kawasan tempat berlibur, Anda bisa mencari teman yang bisa dijadikan partner untuk berbagi kamar. Ini memang sedikit tidak nyaman mengingat Anda baru mengenal calon roommate dalam waktu singkat. Namun Anda bisa melakukan beberapa tes untuk meyakinkan diri bahwa ialah yang akan jadi teman bermalam.

Anda juga bisa mengajak teman sendiri untuk berlibur bersama sehingga ada beberapa budget yang bisa dibagi dua atau lebih untuk mengurangi pengeluaran liburan. Jika Anda bisa meyakinkan teman untuk liburan bersama, bukan hanya penginapan yang bisa lebih murah, tapi juga banyak hal. Seru kan?

3. Homestay<\/strong>

Homestay sedang sangat digandrungi kalangan traveler muda dan backpacker karena bisa lebih menekan budget. Kementrian Pariwisata pun sedang menggalakkan homestay untuk memajukan bidang industri pariwisata kepada masyarakat sekitar destinasi wisata. Homestay mulai dikenal saat beberapa destinasi baru belum memiliki banyak penginapan sementara pengunjung terus berdatangan.

Harga menginap dengan konsep homestay cukup terjangkau karena tempat yang Anda inapi adalah rumah warga. Kini, homestay lebih bervariatif dan mulai dilengkapi fasilitas standar penginapan. Meski begitu, harga yang ditawarkan tetap terjangkau. Selain itu, Anda pun bisa lebih mengenal kehidupan masyarakat lokal dengan menginap di salah satu rumah mereka.

4. Menginap di rumah saudara atau teman<\/strong>

Memiliki banyak teman bisa jadi satu hal yang menguntungkan saat traveling. Dengan ini, Anda bisa bermalam sehari dua hari di rumah teman Anda. Mencari teman di kota lain bisa dilakukan dengan mengikuti beragam komunitas. Namun jangan hanya satu arah, Anda pun harus siap dengan tangan terbuka menerima teman yang ingin menginap di rumah Anda.

Jika tidak memiliki banyak teman, masih ada saudara atau kakek dan nenek. Anda bisa bersilaturahmi sekaligus traveling. Selain bisa menjalin hubungan baik, Anda pun bisa menghemat uang penginapan dan bahkan uang makan.

5. Couch surfing<\/strong>

Situs Couch Surfing sudah dikenal sebagai \\\'penginapan maya\\\'. Dari sini, Anda bisa mencari teman yang bisa memberikan tempat bermalam secara cuma-cuma. Seperti Facebook, Anda akan berteman dengan banyak orang dan bisa memilih siapa yang mau menawarkan tempat bermalam. Ini akan jadi sangat berguna jika Anda sedang traveling ke luar negeri.

Namun ada yang harus diperhatikan jika menggunakan layanan ini. Pastikan profil yang Anda pilih itu terpecaya. Pastikan juga Anda tidak terlalu merepotkan saat bermalam di sana. Juga jangan lupa, siapkan ruangan di rumah untuk traveler lain yang akan memilih Anda untuk dijadikan teman Couch Surfing!

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED