Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Ags 2015 07:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Liburan ke Sulawesi Utara, Ini Tipsnya

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Panorama laut di Manado (Budi Sugiharto/detikTravel)
Panorama laut di Manado (Budi Sugiharto/detikTravel)
Manado - Sulawesi Utara menawarkan pengalaman liburan yang komplit. Tak hanya punya taman laut Bunaken, ada juga berbagai destinasi wisata religi, kuliner serta sejarah. Nah sebelum pergi ke sana, simak dulu tips liburannya.

Pesona Sulawesi Utara tak kalah dengan berbagai daerah lain di Indonesia. Dari aneka kulinernya yang menggoyang lidah hingga keindahan bawah lautnya yang terkenal hingga mancanegara, siap membuat liburan Anda makin seru.

Agar liburan ke Sulawesi Utara bisa lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Disusun detikTravel, Kamis (20/8/2015) berikut 8 tips jitu liburan di Sulawesi Utara:

1. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

Beberapa maskapai domestik yang melayani penerbangan langsung menuju Sulawesi Utara adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan Sriwijaya Air. Untuk harga tiketnya memang tidak semurah penerbangan dengan tujuan ke beberapa daerah di Sumatera atau Jawa.

Misalnya saja harga tiket Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Manado bisa sekitar Rp 2 juta sekali jalan. Jika pesan tiket jauh-jauh hari, bisa jadi Anda mendapat harga tiket promo yang lebih murah. Dengan begitu, bujet liburan pun bisa lebih terjangkau.

2. Susun itinerary

Membuat itinerary sebelum berangkat ke Sulawesi Utara cukup penting untuk efisiensi waktu liburan. Itinerary tidak harus terlalu detil, yang penting Anda sudah mendapat gambaran apa saja yang akan dilakukan dan dikunjungi selama liburan di Sulawesi Utara.

Jangan lupa cari tahu juga informasi mengenai estimasi waktu perpindahan dari satu tempat wisata ke tempat lainnya. Jika memang ada yang jaraknya berdekatan, lebih baik didahulukan agar tidak terlalu menghabiskan waktu di jalanan.

3. Cari informasi penginapan

Berbagai penginapan yang bergaya koper ataupun ransel bisa ditemukan di Sulawesi Utara. Anda tinggal memilih tempat yang sesuai dengan bujet traveling.

Jika ingin menginap di hotel bintang 5 misalnya, ada Sintesa Peninsula Hotel dan Hotel Aryaduta di Manado yang bisa dipilih. Sedangkan kalau mau menginap gaya ransel, ada Manado Grace Inn di Manado dan Happy Flower Resort di Tomohon.

Kalau sudah menentukan pilihan, sebaiknya segera hubungi pihak penginapan untuk booking. Jangan sampai Anda tidak memesan dan malah jadinya tidak kebagian kamar karena penginapan penuh atau sedang dalam tahap renovasi.

4. Pakai sunblock

Cuaca sehari-hari di Sulawesi Utara memang cukup panas. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan cuaca terlalu terik, sebaiknya siap-siap bawa sunblock.

Gunakanlah sunblock secara berkala. Sebaiknya Anda juga membawa tisu untuk membersihkan kulit yang kotor sebelum memakai sunblock. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi pada kulit.
 
5. Tak suka pedas, bawa camilan manis

Makanan khas di kawasan Sulawesi Utara didominasi dengan rasa pedas. Buat traveler yang kurang suka pedas, siapkan camilan manis atau kecap sachet untuk menetralisir rasa pedas yang sepertinya akan sering Anda temui di berbagai restoran.

6. Siapkan obat-obatan

Bawalah selalu obat-obatan pribadi di dalam tas traveling Anda, seperti obat diare, obat flu dan batuk, serta minyak kayu putih. Jangan lupa juga untuk menyediakan obat penghilang rasa mual bagi Anda yang sering mabuk laut, karena memang di Sulawesi Utara banyak destinasi wisata bahari.

7. Jangan lupa wisata kuliner

Sudah jauh-jauh datang ke Sulawesi Utara, rasanya ada yang kurang lengkap kalau belum wisata kuliner. Provinsi ini punya banyak kuliner yang siap menggoyang lidah Anda. Seperti mie cakalang, ikan woku, goroho, sambal dabu-dabu dan lain sebagainya.

Banyak sekali olahan seafood nikmat yang berkolesterol tinggi. Jadi sebaiknya Anda tetap menikmati semuanya dalam porsi yang normal, jangan berlebihan. Bagi yang alergi seafood juga sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih sajian yang akan dimakan.

Untuk traveler Muslim, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu apakah menu makanan yang akan dipesan itu halal atau tidak. Karena memang ada beberapa makanan non halal yang dijual di Sulawesi Utara.

8. Nikmati keindahan laut

Pesona bahari Sulawesi Utara sudah terkenal hingga mancanegara. Jadi sebagai traveler Indonesia, sayang sekali jika liburan ke sana tanpa berpetualang di berbagai destinasi wisata air.

Kalau mau mencoba snorkeling dan diving, ada Bunaken yang keindahannya sudah mendunia. Jika ingin bermain air di pinggir pantai, datang saja ke daerah Intata yang pantainya begitu mempesona.

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Liburan Selebriti di Indonesia

Tips Menguntit Liburan Selebriti Idola

Kamis, 20 Jul 2017 17:50 WIB

Bukan main senangnya kalau tahu selebriti idola kita sedang liburan di Indonesia. Tak sedikit penggemar mencoba mendekati mereka. Tapi kamu harus tahu tipsnya.