Back to Top
Taman Nostalgia, Kupang

1

Taman Nostalgia, Kupang

Di Kecamatan Oebobo, Kupang, NTT ada tempat asyik untuk ngabuburit bernama Taman Nostalgia. Meski namanya begitu, taman ini tidak bernuansa kenangan masa silam.

Ini adalah tempat yang asyik untuk menunggu buka puasa dengan pohon-pohon yang menghiasi taman, suasananya juga sejuk. Selain nuansa taman yang asri, terdapat pula Gong Perdamaian Nusantara yang menjadi simbol kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Jika ingin berbuka di Taman Nostalgia, pedagang kaki lima di sekitar Taman Nostalgia juga menawarkan berbagai macam kuliner.

Next
Taman Renungan Bung Karno, Ende

2

Taman Renungan Bung Karno, Ende

Presiden Jokowi menetapkan hari lahir Pancasila sebagai hari libur nasional. Tahukah kamu, Pancasila dirumuskan Soekarno di tempat yang kini bernama Taman Renungan Bung Karno di  Kota Ende, NTT.

Taman Renungan Bung Karno adalah tempat ngabuburit yang asyik. Suasananya memang cocok untuk menenangkan diri. Sambil menunggu buka puasa, traveler juga dapat melihat tempat yang bernilai historis di timur Indonesia.

Next
Taman Mesran Jayapura

3

Taman Mesran Jayapura

Jayapura di Papua punya Taman Mesran yang tidak hanya menjadi destinasi wisata bagi turis, namun juga tempat nongkrong muda-mudi di sana. Selain pemandangan yang menarik, Taman Mesran juga dilengkapi dengan fasilitas permainan, refleksi kaki dan WiFI.

Di saat bulan Ramadan, Taman Mesran adalah lokasi yang oke buat ngabuburit. Kita dapat menghabiskan waktu sambil menunggu saat berbuka dengan bermain bersama keluarga ataupun kerabat.

Next
Tembok Berlin, Sorong

4

Tembok Berlin, Sorong

Tembok Berlin yang satu ini bukan di Jerman, tapi di Sorong, Papua Barat. Ini adalah tembok pembatas jalan raya dan pantai di Sorong, oleh karena itu julukannya Tembok Berlin.

Tembok Berlin adalah tempat favorit untuk ngabuburit di Sorong. Pedagang-pedagang di sana mulai berjualan pukul 17.00 WIT. Travelers dapat menikmati takjil sembari menikmati pemandangan Sorong di sekitar Tembok Berlin.

Next
Pantai Natsepa, Ambon

5

Pantai Natsepa, Ambon

Di Ambon, terdapat Pantai Natsepa yang terletak di Desa Suli, Maluku Tengah. Dari Terminal Besar Kota Ambon, bisa ditempuh kurang lebih 30 menit. Sambil ngabuburit, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai atau bermain air.

Untuk berbuka puasa, travelers dapat membelinya di kedai yang terletak di pinggir pantai. Kalau ingin berbuka dengan makanan berat, sekitar 700 m dari Pantai Nastepa terdapat pasar yang menjual berbagai macam ikan segar.

Next
Taman Nukila, Ternate

6

Taman Nukila, Ternate

Masih dari Ternate, ada Taman Nukila yang bersebelahan dengan Pantai Falajawa. Tempat ini cocok sekali untuk ngabuburit menunggu buka puasa. Pepohonan di taman ini cukup rimbun untuk menangkis sinar matahari.

Kita dapat berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan laut lepas dengan angin yang sepoi-sepoi. Di Taman Nukila juga terdapat tempat bermain anak-anak yang disediakan bagi pengunjung yang datang bersama keluarga.

Next
Pantai Falajawa, Ternate

7

Pantai Falajawa, Ternate

Berkunjung ke Ternate, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai Falajawa. Pantai ini menjadi pilihan favorit para penduduk lokal maupun turis untuk sekedar nongkrong atau melepas penat. Di Bulan Ramadan, pantai ini lebih ramai lagi karena menjadi tempat ngabuburit.

Sembari menunggu waktu berbuka, travelers dapat berwisata religi ke Masjid Terapung yang merupakan masjid terbesar dan termegah di Ternate, lokasinya tidak jauh dari Pantai Falajawa. Saat waktu berbuka, travelers dapat menikmati kuliner yang dijajarkan para penjual di sekitar pantai seperti nasi jaha, lalampo, dan berbagai kuliner khas Ternate lainnya sambil menikmati sunset yang indah.

Next
Pantai Talise, Palu

8

Pantai Talise, Palu

Kota Palu di Sulawesi Tengah punya satu pantai ikonik. Namanya Talise, yang berbentuk teluk dan sangat cantik. Inilah tempat nongkrong favorit di Palu yang cocok untuk ngabuburit.

Dari seluruh bibir pantai, ada beberapa spot yang ramai dikunjungi warga. Warung makanan berderet, menyuguhkan aneka makanan menggugah selera untuk buka puasa nanti. Murah meriah dan banyak.

Karena berada tepat di pinggir pantai, panorama laut berlatar perbukitan pun menghampar luas. Tak heran Pantai Talise selalu jadi favorit warga setempat.

Next
Pantai Kamali, Bau-bau

9

Pantai Kamali, Bau-bau

Pantai Kamali di Bau-bau, Sulawesi Tenggara, adalah tempat ngabuburit yang tidak kalah dengan Pantai Losari, Makassar. Sekilas kedua tempat ini memang mirip. Kawasan pinggir pantai telah dibuat menjadi kawasan pedestrian yang nyaman.

Ada permainan untuk anak-anak seperti ayunan, banyak pula kios pedagang. Patung naga adalah ikon Pantai Kamali. Ketika malam tiba, aneka pedagang makanan siap memuaskan haus dan lapar para pengunjung setelah puasa seharian.

Next
Pantai Losari Makassar

10

Pantai Losari Makassar

Di luar bulan puasa pun, Pantai Losari di Makassar adalah tempat favorit untuk menikmati sore. Maka, sudah pasti ini menjadi tempat paling asyik untuk ngabuburit di Makassar.

Pantai Losari sangat panjang, jadi pengunjung leluasa mau nongkrong di sebelah mana. Apalagi banyak spot foto yang menarik di Pantai Losari.

Di ujung kirinya, ada Masjid Amirul Mukminin. Adzan pasti kedengaran ketika kita menikmati sunset. Sementara di ujung kanan Pantai Losari, deretan penjual kuliner siap mengisi perut mereka yang berpuasa. Sempurna!

Next
Taman Udayana Mataram

11

Taman Udayana Mataram

Lombok punya banyak pantai untuk ngabuburit menunggu buka puasa. Namun di Kota Mataram, pilihan ngabuburit itu jatuh pada Taman Udayana yang terletak di pusat kota.

Di Taman Udayana ini biasanya banyak masyarakat yang berkumpul untuk ngabuburit. Dekorasi payung warna-warni menjadi favorit pengunjung untuk difoto. Saat puasa seperti ini, Taman Udayana dipakai untuk menjajakan takjil.

Next
Lapangan Merdeka Balikpapan

12

Lapangan Merdeka Balikpapan

Tempat asyik untuk ngabuburit di Balikpapan, jawabannya adalah Lapangan Merdeka. Lapangan milik Pertamina ini bisa digunakan oleh semua orang dan dilengkapi dengan lapangan sepakbola dan jogging track.

Saat sore hari, Lapangan Merdeka jadi tempat nongkrong asyik apalagi di bulan Ramadan. Sambil ngabuburit , kita bisa berburu makanan berbuka puasa mulai dari es kelapa, bakso sampai gado-gado.

Next
Taman Alun Kapuas, Pontianak

13

Taman Alun Kapuas, Pontianak

Taman Alun Kapuas adalah tempat paling asyik untuk ngabuburit di Pontianak. Sejak renovasi besar-besaran awal tahun 2016, taman ini semakin asyik untuk dikunjungi.

Letaknya yang berada di tepi Sungai Kapuas, membuat pengunjung yang ngabuburit punya banyak pilihan pemandangan. Sesuai dengan rencana Pontianak menjadi Waterfront City, taman ini pun dibuat indah dengan air mancurnya.

Next
Pantai Boom Banyuwangi

14

Pantai Boom Banyuwangi

Banyuwangi punya pantai di tengah kota yang mudah dijangkau, Pantai Boom namanya. Pantai ini cocok banget menjadi tempat ngabuburit jika sedang berada di sana.

Pantai Boom yang berpasir hitam ini dilengkapi sejumlah fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Oh iya, pantai ini juga menjadi favorit bagi para penyu untuk bertelur lho.

Next
Taman Sritanjung, Banyuwangi

15

Taman Sritanjung, Banyuwangi

Ke Banyuwangi, ngabuburit bisa mengarah ke Taman Sritanjung. Taman yang asri ini bisa dinikmati sambil piknik atau duduk di kursi taman yang nyaman.

Pepohonan yang tertata rapi dan air mancur menjulang memanjakan mata. Dijamin takkan bosan saat ngabuburit di sini. Karena tamannya dilengkapi dengan layanan WiFi yang bisa diakses pengunjungnya.

Next
Tepian Jembatan Suramadu

16

Tepian Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu memang tak pernah kehilangan pamornya. Jika ngabuburit, kamu pun bisa ke sini untuk berburu foto. Pemandangan dari sana sangat cantik terlebih saat sore hari.

Di tepian jembatan terdapat jalan kecil yang bisa digunakan untuk berburu foto. Sembari menunggu waktu buka puasa, bisa juga lho jalan santai di sepanjang tepiannya.

Next
Jembatan Bulak Surabaya

17

Jembatan Bulak Surabaya

Nah, yang ini adalah destinasi baru di Surabaya. Dikenal dengan nama Jembatan Bulak Surabaya, jembatan ini menawarkan pemandangan cantik.

Menjelang Magrib, nikmati sunset dari atas jembatannya. Sedangkan jika sudah malam, jangan lewatkan air mancur menari yang ada di dekat sana.

Next
Taman Bungkul Surabaya

18

Taman Bungkul Surabaya

Kalau ngabuburit di Surabaya, wajib mendatangi Taman Bungkul. Ini adalah taman kota kebanggaan para Arek Suroboyo. Bukan tanpa alasan, taman ini memang cantik dan asyik untuk dinikmati.

Jalur pedestrian yang lebar, taman yang bersih, dan panorama apik membuat siapa saja betah menghabiskan waktu di sini. Saat Ramadan, menghabiskan waktu sembari menunggu buka di sini sangatlah seru. Dari duduk santai atau main sepeda sampai Maghrib, bisa!

Next
Alun-alun Kota Batu

19

Alun-alun Kota Batu

Untuk ngabuburit di Batu, datang saja ke Alun-alun Kota batu. Tempatnya luas, banyak permainan, dan pemandangannya indah. Lengkap!

Selagi menunggu buka puasa, nikmati wahana yang ada di sana seperti bianglala yang seru. Bisa juga piknik santai, atau berburu foto di sekeliling taman. Tak kalah seru kok.

Next
Alun-alun Malang

20

Alun-alun Malang

Ingin langsung salat saat maghrib tiba? Ngabuburit saja di Masjid Agung Malang. Di bagian depan masjid, ada taman Alun-alun Malang yang memanjang asri.

Rumput yang rapi dengan kursi taman yang banyak. Akan memuaskan semua traveler yang datang ke sana. Untuk yang membawa anak-anak, ada pula mainan yang tersedia di sini. Seru!

Next
Tugu Bundaran Malang

21

Tugu Bundaran Malang

Dari seluruh taman di Malang, Tugu Bundaran Malang jadi yang paling ramai sampai malam. Biasanya warga dan turis senang duduk santai untuk menikmati suasana taman.

Pepohonan dan rerumputan yang hijau membuat mata segar. Saat Ramadan, destinasi ini sangat pas untuk jadi tempat ngabuburit. Ramai!

Next
Malioboro, Yogyakarta

22

Malioboro, Yogyakarta

Wisata ke Malioboro seperti tak ada bosannya, begitu pula saat bulan puasa. Pusat belanja oleh-oleh ini pun jadi salah satu pilihan tempat favorit di Yogyakarta buat ngabuburit.

Lokasinya yang berada di jantung kota memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Malioboro. Setibanya di sana, traveler bisa belanja suvenir ataupun pakaian dengan harga terjangkau. Pakaian batik khas Yogyakarta, atau benda lain yang bermotif batik juga dapat di beli di sekitar Malioboro.

Selain belanja, ada banyak juga tempat wisata lain yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki dari Malioboro. Misalnya, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Umum 1 Maret, Titik Nol, Taman Pintar dan Keraton Yogyakarta yang terletak di ujung jalannya. Kalau capek jalan kaki, bisa juga naik becak yang banyak mangkal di sana.

Next
Alun-alun Yogyakarta

23

Alun-alun Yogyakarta

Alun-alun Kidul yang terkenal dengan beringin kembarnya menjadi tempat ngabuburit seru. Traveler bisa mencoba tradisi masangin sambil menunggu matahari terbenam. Caranya tinggal berjalan dengan mata tertutup di celah kedua pohon beringin.

Hal ini tidaklah mudah, banyak yang gagal menyeberang dengan sukses. Konon, orang yang bisa benar-benar melintas di tengah kedua pohon dengan mata tertutup berarti hatinya bersih dan lapang, serta semua permintaan kita akan dikabulkan.

Nah, menjelang sore wisatawan bisa keliling alun-alun naik sepeda hias. Kalau mau beli makanan untuk persiapan berbuka, pedagang makanan juga mudah ditemukan di beberapa sisi alun-alun.

Next
Pasar Kauman Yogyakarta

24

Pasar Kauman Yogyakarta

Pasar kuliner tertua di Yogyakarta bisa dikunjungi setiap Ramadan tiba di Kampung Kauman, Kecamatan Gondomanan. Pasar Sore Ramadan itu ada dalam sebuah gang sepanjang 150 meter di Jl KH Ahmad Dahlan, yang buka setiap jam 15.30 WIB sampai tiba waktu berbuka puasa.

Mau cari lauk atau camilan buat berbuka semua lengkap. Sebut saja nogosari, lemper, arem-arem, jenang, es kopyor, pepes ikan, kering tempe, ayam bakar, ayam goreng, olahan sayur dan masih banyak lagi.

Para penjual pun begitu ramah dalam menawarkan barang dagangannya. Walaupun gangnya agak sempit dan puluhan pedagang serta warga berkumpul di sana, rasanya tetap betah saja belanja makanan di Pasar Sore Kauman.

Next
Alun-alun Selatan Solo

25

Alun-alun Selatan Solo

Satu lagi tempat yang asyik buat ngabuburit di Solo, yaitu Alun-alun Selatan. Ini masih termasuk dalam area Keraton Kasunanan Surakarta. Setiap bulan puasa tiba, setiap sore kawasan tersebut ramai pengunjung yang menanti saatnya berbuka.

Traveler yang ngabuburit di sini bisa bertemu kebo bule Kyai Slamet yang unik dengan warna kulit putih kemerah-merahan seperti bule. Tak sekadar melihat dari jauh, pengunjung bisa mendekat buat foto bareng atau memberi makan.

Selain bertemu kebo bule, wisatawan bisa main layangan di alun-alun yang luas. Atau, olahraga lari santai keliling lapangan juga asyik.

Next
Galabo Solo

26

Galabo Solo

Di Jalan Mayor Sunaryo, Solo ada Gladag Langen Bogan yang disingkat Galabo. Saat siang hari, kawasan ini hanyalah tepian jalan biasa dengan parkiran di sebelahnya. Tapi sejak sore hingga malam, tempat itu berubah menjadi pusat kuliner dan tak pernah sepi pengunjung.

Jejeran warung tenda mulai hidup sekitar pukul 17.00 WIB. Yang dijual makanan khas Solo, misalnya tahu kupat, tengkleng, sate, selat. Minuman Susu Shi Jack yang cukup populer di Solo juga ada di sini.

Sambil menunggu buka, traveler bisa santai dulu di Galabo sambil berselancar internet karena tersedia WiFi. Terkadang ada pula live music yang bisa disaksikan pengunjung.

Next
Taman Menteri Supeno Semarang

27

Taman Menteri Supeno Semarang

Taman Menteri Supeno atau lebih dikenal sebagai Taman KB berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Semarang. Beberapa tahun belakangan, fasilitas di taman yang ikonnya patung seorang ibu dengan dua anak ini semakin lengkap dan asyik buat nongkrong sore jelang buka puasa.

Banyak pepohonan di mana wisatawan bisa bersantai di bawahnya, area buat main skateboard, ayunan hingga prosotan. Sekitar kolam juga dipasang lampu beraneka bentuk yang membuat semarak suasana. Menjelang sore juga biasanya ada puluhan sepeda hias yang dapat disewa buat keliling sekitar taman.

Jika tiba waktu berbuka, mencari makanan pun tak sulit. Sekeliling Taman KB banyak kios yang menjual camilan hingga makanan berat, seperti jagung bakar, tahu gimbal, ayam penyet dan masih banyak lagi.

Next
Kota Lama Semarang

28

Kota Lama Semarang

Kalau Jakarta punya Kota Tua, Semarang punya Kota Lama yang populer di kunjungi turis. Kawasan peninggalan Belanda ini dipenuhi gedung kuno berarsitektur Eropa. Walaupun usianya sudah ratusan tahun, kebanyakan bangunannya masih berdiri tegak, dengan beberapa yang sudah direnovasi menjadi kantor atau kafe.

Jalan santai dan foto-foto keliling Kota Lama sambil menunggu buka puasa pun bakalan asyik. Kalau mau duduk sejenak sembari melihat masyarakat dan kendaraan lalu lalang, bisa mampir ke Taman Srigunting yang letaknya di sebelah Gereja Blenduk.

Saat adzan berkumandang, kamu bisa berbuka dengan es buah atau jajanan lainnya yang dijual sekitar taman. Setelah itu bisa lanjut menikmati makan malam di angkringan tak jauh dari taman atau di kafe yang ada di Kota Lama.

Next
Tugu Muda Semarang

29

Tugu Muda Semarang

Tak hanya Simpang Lima, Semarang juga punya kawasan Tugu Muda yang begitu ikonik dan melekat erat dengan ibukota Jawa Tengah itu. Destinasi ini sering dikunjungi muda-mudi maupun keluarga sambil melewatkan waktu hingga nanti saatnya berbuka puasa, alias ngabuburit.

Habiskan waktu sambil berselfie ria bersama sahabat atau keluarga dengan latar belakang Tugu Muda rasanya asyik juga, sampai tak terasa, waktu Maghrib pun tiba. Seru pokoknya!

Next
Simpang Lima Semarang

30

Simpang Lima Semarang

Di Kota Semarang, tempat asyik ngabuburit adalah di Kawasan Simpang Lima. Kawasan yang terletak persis di jantung Kota Semarang ini menjadi pusat nongkrongnya anak-anak muda baik di hari biasa maupun saat Bulan Ramadan.

Sambil menunggu waktu berbuka, traveler bisa menikmati suasana kawasan Simpang Lima yang sudah tertata rapi ini. Untuk yang mencari takjil juga bisa karena biasanya ada banyak pedagang yang menawarkan dagangannya.

Next
Alun-alun Masjid At Taqwa Cirebon

31

Alun-alun Masjid At Taqwa Cirebon

Cirebon terkenal akan sajian kulinernya yang begitu menggoyang lidah. Traveler yang ingin berburu takjil sambil ngabuburit mampir saja ke Alun-alun Masjid At Taqwa Cirebon. Di sana ada banyak ragam kuliner yang bisa dipilih menjelang buka puasa.
 
Kawasan di depan Masjid At Taqwa Cirebon dikenal sebagai pusatnya jajanan di bulan Ramadan. Ada banyak pedagang yang menjajakan takjil yang sedap. Patut dicoba jika sedang berada di Cirebon!

Next
Dago Pakar, Bandung

32

Dago Pakar, Bandung

Kawasan Dago Pakar menjadi destinasi favorit untuk ngabuburit di Bandung. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, manfaatkan waktu dengan menyusuri kawasan berhawa sejuk ini.

Ada banyak restoran yang menawarkan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Menikmati Bandung dari kawasan Dago Pakar memang mengasyikkan. Pemandangan bukit nan hijau, serta pancaran sinar kerlap-kerlip lampu Kota Bandung dari kejauhan jadi suguhan utama traveler yang ngabuburit ke Dago Pakar.

Next
Teras Cikapundung, Bandung

33

Teras Cikapundung, Bandung

Salah satu destinasi baru bagi warga Bandung maupun untuk wisatawan adalah Teras Cikapundung. Objek wisata yang berdiri di bantaran aliran Sungai Citarum ini bisa jadi lokasi yang asyik untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga.

Cuaca yang sejuk, suasana tenang, gemericik air mengalir benar-benar membawa kedamaian. Apalagi desain tamannya yang menarik sebagai objek foto-foto, pasti mengundang banyak wisatawan untuk datang.

Next
Alun-alun Bandung

34

Alun-alun Bandung

Bandung jadi kota yang semakin cantik saja. Lihat saja alun-alunnya yang berada di dekat Masjid Raya Bandung, dengan rumput sintetik dan desain menarik banyak yang memanfaatkan ruang publik ini untuk liburan.

Tanah lapang seluas sekitar 1.200 meter persegi ini jadi lokasi yang asyik untuk ngabuburit. Taman disekelilingnya juga fotogenik, sangat cocok untuk background selfie-selfie untuk diunggah ke sosial media sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Next
Taman Topi Bogor

35

Taman Topi Bogor

Bogor punya destinasi asyik untuk traveler yang ingin ngabuburit, yaitu Taman Topi. Kawasan yang berada di Jalan Kapten Muslihat Bogor ini begitu ikonik dan sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke Bogor.

Letaknya yang sangat strategis dan mudah dijangkau membuat Taman Topi kerap jadi tujuan wisata bagi warga lokal maupun wisatawan. Ada banyak sajian kuliner yang bisa diicip, begitu pula dengan wisata belanjanya yang lengkap akan memudahkan traveler yang datang berkunjung.

Next
Jalan Bangbarung, Bogor

36

Jalan Bangbarung, Bogor

Bogor punya banyak tempat berburu kuliner lezat untuk berbuka puasa. Jl Bangbarung atau sering disebut Bantarjati menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika Ramadan tiba. Bantarjati mendadak ramai oleh jejeran pedagang kuliner pada saat ngabuburit.

Sepanjang sekitar 100 meter dari pertigaan Jl Pajajaran dengan Jl Bangbarung hingga Masjid Ar Rahman, baik di sisi kanan maupun kiri jalan banyak pedagang yang menjual aneka kuliner lezat. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan selera Anda.

Next
Taman Sepeda Banjir Kanal Timur

37

Taman Sepeda Banjir Kanal Timur

Secara fungsi Kanal Banjir Timur di daerah Pondok Kelapa dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu solusi untuk mengatasi banjir di ibu kota. Tapi selain itu, daerah taman dan sepanjang Kanal Banjir Timur juga menjadi lokasi ngabuburit murah meriah.

Biasanya masayarakat akan ngabuburit dengan cara olahraga santai atau duduk-duduk di sepanjang Taman Banjir Kanal Timur. Ketika adzan Maghrib tiba, sejumlah takjil dan kuliner yang dijajakan di sekitarnya bisa dibeli untuk berbuka.

Next
Kota Tua Jakarta

38

Kota Tua Jakarta

Selain Monas dan Taman Suropati, kawasan Kota Tua tentunya juga asyik sebagai tempat ngabuburit. Keindahan bangunan peninggalan penjajah Belanda sudah pasti akan membuat Anda terlena hingga waktu adzan maghrib tiba.

Traveler pun bisa menghabiskan waktu dengan berfoto di Kota Tua dan jalan kaki santai. Sejumlah kafe dan rumah makan yang ada di sekitar Kota Tua juga menawarkan aneka kuliner sedap yang bisa jadi panganan berbuka.

Next
Taman Suropati, Jakarta

39

Taman Suropati, Jakarta

Di balik gedung pencakar langit, Jakarta punya Taman Suropati di Menteng yang populer untuk tempat ngabuburit. Taman Suropati yang teduh dan nyaman juga berfungsi sebagai tempat santai, olahraga, hingga komunitas.

Sambil ngabuburit menikmati sejuknya Taman Suropati di sore hari, traveler bisa menikmati jajanan kaki lima yang dijajakan ketika waktu berbuka tiba. Ada nasi goreng, siomay dan berbagai minuman. Murah meriah dan asyik.

Next
Monas, Jakarta

40

Monas, Jakarta

Ibukota Jakarta punya Monas yang menjadi salah satu tempat ngabuburit murah meriah di bulan Ramadan. Jalan santai hingga melihat indahnya Monas di sore hari tentunya mengasyikkan.

Ketika waktu berbuka tiba, Anda pun bisa mencari jajanan di area kuliner Lenggang Jakarta atau berjalan sedikit ke daerah Sabang hingga Pecenongan. Kalau mau salat maghrib, Monas juga dekat dengan Masjid Istiqlal.

Next
Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung

41

Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung

Kalau membicarakan tempat asyik untuk ngabuburit di Bandar Lampung, jawabnya tentu adalah Lapangan Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim. Banyak masyarakat yang singgah untuk ngabuburit pada bulan Ramadan.

Jelang sore hari, sejumlah penjaja makanan akan hadir dan menjual takjil sedap untuk berbuka. Bagi yang membawa anak, terdapat juga sejumlah wahana permainan seperti mobil kereta dan lainnya yang bisa dinikmati.

Next
Tepian Sungai Musi Palembang

42

Tepian Sungai Musi Palembang

Beralih ke Palembang, Sumatera Selatan, tempat ngabuburitnya adalah tepian Sungai Musi. Ada Benteng Kuto Besak, suatu kawasan wisata yang berada persis di pinggir Sungai Musi dan menghadap Jembatan Ampera. Para pedagang makanan dari pempek, aneka minuman dan lainnya pun berjejer di sana.

Sembari menunggu adzan maghrib, kita bisa berjalan di pinggiran Sungai Musi dan memotretnya dengan latar Jembatan Ampera. Atau bisa juga, naik perahu getek untuk mengarungi sungainya. Matahari terbenam di sana pun terlihat cantik, menjadi penutup hari yang spesial sambil berbuka puasa.

Next
Tanjung Pandan

43

Tanjung Pandan

Mau ngabuburit di pantai-pantai berpasir putih dengan bebatuan granit besar? Datanglah ke Tanjung Pandan, suatu kota pelabuhan di Pulau Belitung. Saat bulan Ramada, pantai-pantai di sana akan diserbu wisatawan saat sore hari menjelang waktu buka puasa.

Ada banyak pantai di sana yang tiap jaraknya hanya 20-30 menit saja. Beberapa pantainya seperti Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang dan Tanjung Binga. Di pinggiran pantai, para penjaja kuliner seafood pun akan menawarkan aneka menu yang menggoda. Nyam!

Next
Masjid An Nur Pekanbaru

44

Masjid An Nur Pekanbaru

Kota Pekanbaru di Riau memiliki Masjid An Nur, yang bangunannya disebut mirip Taj Mahal di India sana. Dari bagian halaman, Masjid An Nur memiliki kolam yang mirip dengan Taj Mahal. Bentuk menara masjidnya pun sama persis!

Di bulan Ramadan, warga sekitar dan wisatawan pun akan memadati masjidnya di sore hari menjelang berbuka puasa. Ada yang beribadah, ada juga yang bersantai di halaman masjid untuk berfoto-foto dengan latar masjidnya. Pihak masjid menyediakan takjil untuk berbuka puasa juga lho!

Next
Pantai Carocok, Painan

45

Pantai Carocok, Painan

Bagi traveler yang pernah singgah ke Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, pastinya pernah singgah ke Painan. Ketika bulan Ramadan tiba, tak sedikit masyarakat dan traveler yang ngabuburit di Pantai Carocok Painan.

Biasanya traveler akan mengerumuni bagian jembatan atau duduk di gazebo yang ada di salah satu sisi pantai sambil menunggu adzan. Tidak jauh dari area parkiran, sejumlah rumah makan dengan citarasa Minang pun bisa jadi opsi untuk tempat berbuka.

Next
Taman Panorama Bukittinggi

46

Taman Panorama Bukittinggi

Bukittinggi punya segudang destinasi menarik yang bisa dijadikan lokasi untuk ngabuburit sambil menunggu buka. Salah satunya adalah Taman Panorama Bukittinggi yang memiliki view Ngarai Sianok.

Pohon-pohon tinggi nan rindang menjadi 'payung-payung' di Taman Panorama. Udaranya sangat sejuk dan hijaunya pepohonan benar-benar meneduhkan pandangan. Anda bisa duduk-duduk di bangku  taman atau jalan santai sambil menghirup udara segar.

Saking sejuk dan asyiknya, menunggu waktu adzan maghrib tidak akan terasa di sini. Cobalah datang dan rasakan asyiknya ngabuburit di Taman Panorama Bukittinggi.

Next
Jam Gadang, Bukittinggi

47

Jam Gadang, Bukittinggi

Ngabuburit di Bukittinggi, Sumbar wajib mampir ke Jam Gadang. Inilah ikon wisatanya berupa menara jam yang sudah ada sejak tahun 1926 silam, dengan pelataran dan taman yang luas di sekitarnya. Tak ketinggalan, Pasar Ateh yang merupakan pasar tradisional yang lokasinya juga tak jauh dari sana.

Selain berfoto-foto dengan Jam Gadang, kita dapat mampir ke Taman Panorama yang ada di sebelahnya untuk melihat panorama Ngarai Sianok dari kejauhan. Untuk menu buka puasa, tinggal jalan kaki ke Pasar Ateh yang penuh dengan suguhan kuliner Ranah Minang. Lamak Bana!

Next
Pantai Air Manis, Padang

48

Pantai Air Manis, Padang

Ngabuburit di Kota Padang, Sumatera Barat melangkahlah ke Pantai Air Manis di sebelah selatan kotanya. Pantai ini terkenal dengan legenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena durhaka. Batu berbentuk seseorang yang sedang bersimpuh di pinggir pantainya, dipercaya itu adalah Malin Kundang!

Selain itu, Pantai Air Manis yang pasirnya cokelat dan landai juga bisa menjadi tempat bersantai dan main air. Di pinggiran pantainya berderet gazebo untuk leyeh-leyeh. Para pedagang pun akan menawarkan berbagai makanan dan es kelapa untuk berbuka puasa. Sambil menunggu buka, siapkan kamera pula untuk memotret sunset cantik di sana.

Next
Masjid Raya Medan

49

Masjid Raya Medan

Tempat ngabuburit di Medan, asyiknya ke Masjid Raya Medan yang lokasinya ada di pusat kota. Sembari menjelang berbuka, kita bisa keliling masjidnya untuk melihat gaya bangunannya yang campuran Eropa dan Timur Tengah.

Setiap tahun sejak Masjid Raya Medan pertama kali berdiri di tahun 1906, pihak masjid selalu menyediakan menu berbuka puas berupa bubur sup untuk jamaah. Bubur ditaburi ayang, semacam sayuran yang terbuat dari tauge dan daun pakis, serta disediakan juga segelas teh manis hangat. Setiap hari, 1.000 bubur sup disediakan untuk orang-orang yang berbuka puasa. Asyik!

Next
Masjid Raya Baiturrahman

50

Masjid Raya Baiturrahman

Suasana puasa sangat berasa di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Pun begitu saat menjelang berbuka, banyak tempat ngabuburit yang asyik untuk disambangi untuk berburu takjil. Salah satu favorit wisatawan dan warga setempat adalah di Masjid Raya Baiturrahman.

Di sekitar masjidnya, banyak pedagang yang menawarkan takjil untuk berbuka puasa, seperti kue-kue tradisional seperti timphan dan onde-onde berisi gula merah. Apalagi, persis di sebelah masjidnya ada Pasar Aceh yang ramai pedagang makanan. Es kelapa, sop buah, es campur, es tebu bisa didapatkan di sana untuk melepas dahaga.