Back to Top
Indonesia

1

Indonesia

Perjalanan menikmati 50 negeri Muslim dunia, tentu dimulai dari negeri sendiri Indonesia. Kita patut bangga karena Indonesia adalah negeri Muslim terbesar di dunia.

Islam sudah masuk ke Indonesia sejak abad 10-11 dan berkembang pesat pada abad ke 14-15 ketika masa Wali Songo. Peradaban Islam di Indonesia melahirkan aneka festival, tradisi, kuliner, kesenian dan aneka bangunan bersejarah.

Momen-momen hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha adalah waktunya umat Muslim menikmati keberagaman budaya dan tradisi Islami yang berbeda di setiap daerah. Beberapa masjid Indonesia begitu ikonik misalnya Masjid Kubah Emas di Depok.

Next
Malaysia

2

Malaysia

Negeri Jiran Malaysia juga merupakan negeri muslim yang sering dikunjungi traveler Indonesia. ampir 19,6 Juta orang atau 61,3% dari populasinya memeluk agama Islam. Kedekatan budaya dan agama Islam sangat memudahkan traveler muslim untuk menikmati Malaysia.

Malaysia yang merupakan gabungan kesultanan-kesultanan Islam membuat wisatawan bisa menikmati peradaban Islam dari Kelantan sampai Serawak. Islam masuk sejak abad ke-12, dibawa orang Arab, China dan India.

Traveler muslim dapat berwisata religi dengan beragam pilihan di Malaysia. Banyak budaya muslim Melayu di Malaysia yang mirip dengan di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di Sumatera. Masjid Putera di Puterajaya adalah salah satu landmark arsitektur muslim kebanggaan Malaysia.

Next
Brunei Darussalam

3

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negeri Muslim nan mungil di utara Borneo yang dipimpin Sultan Hasanal Bolkiah.67% penduduknya beragama Islam. Negerinya kecil namun penduduknya bisa dibilang sejahtera karena kaya minyak. Sultannya saja sempat menjadi orang terkaya di dunia.

Islam masuk ke Brunei sejak abad ke-14. Bandar Seri Begawan adalah ibukota sekaligus destinasi wisata utama di Brunei Darussalam. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah yang paling megah di negeri itu.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin sekaligus merupakan landmark Brunei dan destinasi religi favorit. Saat malam masjid ini makin cantik dengan aneka lampu yang berkelap-kelip.

Next
Filipina

4

Filipina

Umat Muslim turut mewarnai negara Filipina. Di Filipina selatan, khususnya Mindanao, Sulu dan Palawan, banyak umat Muslim dari etnis Moro. Mereka menjadi semacam daerah otonomi dengan pengaruh Islam yang dominan meskipun hanya 11% dari total populasi Filipina yang memeluk agama Islam.

Ada banyak masjid di Mindanao. Satu-satunya kekurangan adalah ketegangan politik yang kadang-kadang muncul dengan pemerintah pusat di Manila. Meski begitu umat muslim di Mindanao bisa hidup berdampingan dengan pemerintah, sejak ditandatanganinya perjanjian damai pada 2014 silam.

Wajah Islam di kawasan Mindanao dan sekitarnya begitu kental dan lekat dengan kebudayaan Muslim Melayu. Kuliner seperti lumpia, mereka juga punya lho. Umat Muslim di Filipina juga memakai peci yang mereka sebut Kupya. Masjid Dimaukom alias Masjid Pink di Datu Saudi Ampatuan, adalah yang paling unik di Filipina.

Next
Thailand

5

Thailand

Meskipun agama mayoritas di Thailand adalah Buddha, agama Islam juga turut menyemarakan Negeri Gajah Putih. Jejak sejarahnya panjang sejak abad ke-17, termasuk Kesultanan Patani di selatan Thailand. Umat Islam di Thailand ada berbagai etnis, dari yang asli Thailand, keturunan Melayu, China, hingga peranakan Pakistan.

Umat Muslim di Bangkok cukup banyak dan menawarkan alternatif wisata Muslim dan wisata halal di Thailand. Ada sejumlah wisata kuliner halal di Petchaburi dan di Chatuchak Weekend Market.

Untuk traveler Indonesia, rasanya harus mampir ke Java Mosque alias Masjid Jawa di daerah Sathorn, Bangkok. Masjid ini dibangun oleh para imigran Jawa yang masih keluarga KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.

Next
Singapura

6

Singapura

Etnis Muslim merupakan bagian dari Bangsa Singapura selain etnis Tionghoa dan India. Tidak hanya Muslim Melayu, tapi melainkan juga keturunan Tionghoa, Timur Tengah dan Asia Selatan, persentasenya mencapai 15% dari total populasi.

Ketika berwisata ke Singapura, kita bisa menikmati wajah Islam Negeri Merlion di daerah Kampong Glam. Ada Masjid Sultan yang megah dan aneka wisata kuliner halal. Di Chinatown juga ada Masjid Jamae Chulia yang dibangun imigran India.

Bahkan, bulan Ramadan disambut dengan bazaar yang seru di daerah Geylang. Singapura adalah negeri yang ramah terhadap wisatawan Muslim.

Next
China

7

China

Islam sudah masuk ke China sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup, yaitu melalui Jalur Sutera, jalur perdagangan paling kuno yang menghubungkan Asia, Timur Tengah dan Eropa. Di pedalaman Tiongkok, Islam tumbuh subur selama ratusan tahun dan memperkaya budaya China.

Daerah Wuzhong di Ningxia didominasi dengan Suku Hui yang beragama Islam. Mereka punya desa Muslim yang bisa dikunjungi wisatawan.

Di Yinchuan ada masjid megah yang mempesona. Bahkan di Xian ada masjid agung tertua di Tiongkok yang dibangun tahun 742 atau hanya sekitar seratus tahun saja setelah periode Nabi Muhammad SAW.

Next
India

8

India

India memang identik dengan agama Hindu, namun banyak juga warganya yang beragama Islam. Agama Islam pun merupakan yang terbesar kedua setelah Hindu. Budaya dan berbagai bangunan di India pun banyak yang bernafaskan Islam.

Misalnya saja Taj Mahal yang tersohor dibangun Shah Jahan, dengan kubah dan menara kokoh di berbagai sisinya. Berbagai destinasi sejarah terkait Maharaja Akbar The Great di Agra yang diabadikan dalam film Jodhaa Akbar juga menjadi contoh peradaban Islam Mughal di India.

Selain itu ada pula Gol Gumbaz yang merupakan makam Muhammad Adil Shah II dari Kesultanan Bijapur. Kerennya lagi, Gol Gumbaz memiliki kubah pra modern terbesar kedua di dunia setelah Hagia Sophia di Turki.

Next
Pakistan

9

Pakistan

Sekitar 95-98% warga Pakistan memeluk agama Islam, ada yang beraliran Sunni dan Shiah. Sunni Islam lah yang paling banyak dipraktikkan di negara yang bertetangga dengan India ini.

Budaya Islam pun mengakar kuat di Pakistan. Masjid-masjid yang kokoh dan mempesona banyak ditemui di negara itu dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi.

Misalnya Faisal Mosque di Islamabad, yang dulu pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993. Walaupun tidak lagi menjadi yang terbesar, masjid ini tetap menjadi ikon Islamabad hingga sekarang.

Next
Bangladesh

10

Bangladesh

Tak jauh berbeda dengan Pakistan, Islam juga menjadi agama terbesar di Bangladesh. Islam masuk ke Bangladesh sejak berabad-abad lalu, ketika negara ini masih bergabung dengan India. Agama Islam kebanyakan disebarkan oleh pedagang Arab serta orang-orang Persia.

Islam telah memegang peranan penting dalam bidang politik, kehidupan dan budaya masyarakat Bangladesh. Hukum Islam pun digunakan sebagai hukum negara tersebut.

Untuk tempat ibadah, banyak sekali masjid megah yang dibangun. Salah satu yang populer sebagai tujuan wisata religi di Bangladesh adalah Baitul Makarram Mosque di Kota Dhaka. Masjid ini begitu luas dan dilengkapi dengan perpustakaan, kantor, toko serta area parkir.

Next
Maladewa

11

Maladewa

Maladewa dikenal sebagai negara kepulauan mempesona dan dipenuhi dengan resor mewah. Siapa sangka kalau Maladewa adalah negara Islam yang taat. Salah satu pasal di undang-undangnya menyatakan bahwa umat non Muslim tidak bisa menjadi warga negara Maladewa.

Islam pun telah mengakar kuat pada setiap warganya. Setiap azan berkumandang, berbagai toko dan kantor akan tutup selama beberapa menit. Kemudian setiap hari Jumat, toko dan kantor mulai tutup sejak sekitar pukul 11.00 siang untuk persiapan salat Jumat.

Maladewa juga disebut-sebut mempunyai salah satu masjid terbesar di Asia Selatan, yaitu Masjid Al Sultan Muhammad Thakurufaanu Al Auzam. Masjid itu dapat menampung hingga 5.000 orang dan menjadi landmark di Kota Male, ibukota Maladewa.

Next
Mesir

12

Mesir

Selain terkenal dengan objek wisata Piramida dan Sphinx, Mesir juga menjadi negara yang begitu bersejarah bagi umat Islam. Kisah Nabi Musa dan Firaun dengan laut terbelahnya, serta berbagai destinasi sejarah bernafaskan Islam lainnya banyak yang bertempat di Mesir.

Mesir juga punya Universitas Al Azhar yang menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengkajian Islam dunia. Universitas ini juga masih berada dalam satu komplek dengan Masjid Al Azhar yang tersohor. Ketika berada di Mesir, memang banyak sekali tempat yang membuat traveler jadi lebih mengenal peradaban Islam.

Next
Arab Saudi

13

Arab Saudi

Berbicara mengenai negeri Muslim, tentunya tak akan terlepas dari Arab Saudi. Inilah pusat agama Islam, negara yang menjadi destinasi wisata religi idaman hampir semua muslim. Setiap tahun Arab Saudi selalu dipenuhi oleh masyarakat yang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

Kabah, Masjidil Haram, hingga makam Nabi Muhammad SAW, semuanya ada di Arab Saudi. Berbagai tempat yang begitu bersejarah untuk umat Islam pun banyak yang ada di negara ini.

Selain itu, warga di Tanah Suci ini juga mempunyai kebiasaan yang berlandaskan Islam. Misalnya di Makkah, setiap adzan berkumandang, semua toko akan tutup dan buka kembali usai salat berjamaah selesai.

Next
Yaman

14

Yaman

Islam mulai masuk di Yaman sejak tahun 600-an Masehi. Pada tahun 630, Khalifah Ali bin Abi Thalib memperkenalkan Islam secara langsung di negara ini. Hingga sekarang, Islam dianut oleh hampir semua warga negara Yaman.

Dengan sejarah Islam yang panjang, ada pula masjid kuno yang menjadi saksi perkembangan agama ini di Yaman. Masjid tersebut adalah Great Mosque of Sana'a yang konon telah dibangun sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup. Masjid ini pun menjadi salah satu tujuan wisata religi selama di Yaman.

Next
Lebanon

15

Lebanon

Berbatasan dengan Israel dan Suriah, Lebanon memiliki populasi sebesar 4,5 juta penduduk yang terdiri umat Muslim dan Nasrani. Sejarahnya agama Islam berkembang di Lebanon pada abad ketujuh, melalui salah satu kalifah Abu Bakar.

Hampir setengah dari masyarakat Lebanon adalah umat muslim, dengan persentase 54%. Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Arab. Agama Islam memang menjadi salah satu budaya yang mewarnai keragaman Lebanon yang modern.

Next
Yordania

16

Yordania

Sejarahnya, Yordania merupakan salah satu negara yang lahir dari peperangan. Adapun agama Islam berkembang di Yordania pada tahun 636 masehi di bawah kepemimpinan kalifah Umar bin Khattab.

Hal tersebut didukung oleh banyaknya tempat suci bagi umat muslim di Yordania, mulai dari makam para nabi hingga bangunan bersejarah. Salah satu yang cukup populer adalah Masjid Al Hussein yang terletak di jantung Kota Amman dan banyak lainnya.

Next
Palestina

17

Palestina

Negara Palestina hampir selalu dikaitkan dengan konflik politik dan perebutan wilayah yang terjadi dengan Israel. Adapun negara Palestina begitu penting bagi umat Islam. Masjidil Aqsha di Yerusalem merupakan masjid ketiga terpenting untuk umat Islam.

Palestina menjadi pusat perhatian umat Islam di dunia. Konflik yang terjadi di sana membangkitkan solidaritas umat Islam dari seluruh dunia.

Next
Iran

18

Iran

Iran merupakan salah satu negara yang dengan jelas menyatakan diri sebagai Republik Islam setelah revolusi pada tahun 1979. Tidak hanya itu, agama Islam juga telah menjadi budaya hingga masuk ke dalam sistem politik Iran.

Islam masuk sejak berabad-abad silam ke Negeri Persia itu. Islam menjadi corak budaya yang menambah cantik negeri ini. Lihat saja mosaik-mosaik cantik dinding dan lantai masjid bersejarah di Isfahan. Turis mana yang tidak terpesona.

Karpet dan kacang pistachio adalah produk yang terkenal dari Iran yang diekspor ke berbagai negeri Muslim lainnya. Shiah menjadi aliran yang dominan di Iran.

Next
Irak

19

Irak

Dalam sejarah peradaban Islam, Irak turut memegang peranan penting. Salah satu tokoh Muslim ternama yang bernama Abu Hanifah, berasal dari Kota Kufa di Irak. Adapun Kota Baghdad merupakan salah satu pusat ilmu agama Islam dunia sejak dahulu kala.

Bagi kaum Shiah, Kota Najaf dan Karbala di Irak merupakan tempat wisata perziarahan yang populer setelah Makkah dan Madinah. Sejumlah masjid hingga makam bersejarah juga semakin memperkaya khasanah Islam di Irak.

Bahkan diriwayatkan Al Quran, umat-umat terdahulu banyak yang berada di Irak sekarang. Sayang, konflik politik cukup mengganggu kenyamanan berwisata ke sana.

Next
Afghanistan

20

Afghanistan

Sebagai negari Muslim, hampir seluruh masyarakat Afghanistan menganut agama Islam. Sejarahnya, agama Islam dibawa masuk ke Afghanistan oleh kalifah Umayyad pada abad ketujuh. Semenjak saat itu, Islam semakin berkembang di Afghanistan hingga sekarang.

Terlepas dari keberadaan kelompok Taliban yang terkenal konservatif, Islam merupakan pemersatu seluruh etnis di Afghanistan. Sejumlah masjid hingga bangunan bersejarah juga banyak terdapat di Afghanistan.

Next
Uni Emirat Arab

21

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab termasuk salah satu negara muslim yang modern dan maju. Agama Islam merupakan budaya sekaligus sistem politik yang dianut. Namun walaupun Islam merupakan agama resmi di Uni Emirat Arab, kebebasan memilih agama juga dijunjung tinggi.

Traveler yang berkunjung ke Uni Emirat Arab pun akan dibuat terkesima oleh kemegahan Masjid Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi. Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia, juga menjadi ikon di Dubai.

Next
Qatar

22

Qatar

Qatar merupakan negara kecil yang berada di Jazirah Arab atau Semenanjung Arab. Sebelah utara, timur dan barat berbatasan dengan Teluk Persia dan sebelah selatan berbatasan dengan Arab Saudi dan UEA. Dalam sejarah, Qatar sempat menjadi wilayah kekuasaan dari kekhalifahan Utsmaniyah.

Dari sekitar 2,5 juta penduduk Qatar, 80 persennya menetap di Doha, ibukota negara tersebut dan 90 persen penduduknya menganut agama Islam. Satu hal yang menarik, di Doha terdapat Museum of Islamic Art yang menyimpan lengkap koleksi seni-seni Islam dari berbagai dunia. Seperti dari Mesir, Turki, Iran, Irak, India, dan Asia Tengah yang beurpa kaligrafi hingga artefak kuno. Qatar pun tak kalah megah dengan Uni Emirat Arab.

Next
Oman

23

Oman

Masih di wilayah Semenanjung Arab, inilah negara Oman yang sistem pemerintahannya yakni sistem kesultanan. Hukum syariah Islam pun dipilih menjadi hukum negaranya.

'The Jewel of Arabia', begitu julukan yang disematkan kepada Oman. Sebab, perpaduan padang pasir, gunung batu, danau dan laut membuat panorama di Oman terlihat cantik. Yang paling terkenal di sana yakni Masjid Agung Sultan Qaboos, yang mana merupakan masjid dengan karpet buatan tangan terbesar kedua di dunia. Masjid ini berada di Kota Muscat.

Next
Kuwait

24

Kuwait

Inilah Kuwait, yang disebut-sebut sebagai negara Muslim terkaya di dunia. Tak ayal, Kuwait memiliki 10 persen cadangan minyak mentah dunia yaitu sekitar 104 juta barel. Dari 3,3 juta penduduknya, 80 persen menganut agama Islam.

Kuwait tak kalah maju dengan negara-negara lain di Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab. Gedung-geudng pencakar langit, mal-mal dan suasana perkotaan di sana sangat modern. Grand Mosque, merupakan masjid terbesar di sana dan jadi kebanggaan masyarakatnya. Khususnya di bagiaan kubahnya yang memiliki hiasan Asmaul Husna atau 99 nama Allah.

Next
Maroko

25

Maroko

Maroko merupakan negara di bagian utara Afrika. Islam pun menjadi agama terbesar di sana dengan 98 persen penduduknya adalah Muslim. Dalam sejarah, Islam masuk ke sana masuk pada sekitar tahun 680 Masehi yang dibawa oleh Uqba bin Nafi. Seorang jendral perang pada masa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah.

Bahkan, moto negaranya sendiri adalah Allah, Al Watan, Al Malik yang artinya Allah, negara, raja. Tak heran, ada banyak bangunan bersejarah Islam di sana, seperti salah satunya Masjid Hassan II yang sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 210 meter.

Next
Aljazair

26

Aljazair

Islam, masuk ke Aljazair dalam masa-masa kejayaan Kesultanan Utsmaniyah di Turki yang dibawa dalam kepemimpinan Khair ad Din. Meski di akhir abad ke-19 sempat dikuasai Prancis, namun Islam tetap menjadi terbesar di sana.

Masjid Ketchaoua menjadi masjid paling bersejarah di Aljazair yang sudah berdiri megah dari abad ke-17. Arsitektur masjidnya pun seperti masjid-masjid di Turki. Aljazair pun merupakan salah satu negara yang didominasi gurun pasir.

Next
Tunisia

27

Tunisia

Meski baru-baru ini Tunisia sedang dalam krisis karena serangan teroris yang diduga ISIS, sejatinya negeri ini merupakan negeri yang damai dengan mayoritas penduduknya Muslim. Sama seperti di Maroko, Islam dibawa masuk ke Tunisia oleh Uqba bin Nafi di zaman Kekhalifahan Umayyah.

99 Persen penduduknya memeluk agama Islam, dan tetap hidup dengan penuh toleransi tinggi antar umat beragama lainnya. Salah satu peninggalan Uqba bin Nafi di sana yakni Masjid Kairouan. Disebut-sebut masjid bersejarah dan memegang penyebaran Islam yang penting di Afrika.

Next
Turkmenistan

28

Turkmenistan

Turkmenistan baru merdeka di tahun 1990-an, yang mana merupakan pecahan dari negara Uni Soviet. Sejarah mencatat, Turkmenistan dipengaruhi oleh ragam negara dan pemerintahan.

Awalnya, di abad ke-7 SM masih di bawah wilayah kekuasaan Alexander Agung. Lalu, di abad ke-8, Islam masuk ke sana yang dibawa oleh pimpinan Ma'mun Ar Rasyid dari Dinasti Abassiyah.

Kemudian di abad ke-12, Turkmenistan ada di bawah kekuasaan Kesultanan Turki Seljuk. Maka jangan heran, kalau terdapat bangunan bergaya Romawi sampai masjid bergaya Turki di sana.

Next
Azerbaijan

29

Azerbaijan

Di perbatasan timur Eropa dan barat Asia, ada Azerbaijan yang 90% populasinya merupakan orang Muslim. Tentu tak heran jika melihat banyak landmark khas Islam seperti masjid di Azerbaijan.

Masjid Shah Abbas adalah salah satu tempat yang tak bisa dilewatkan. Terletak di Ganja, masjid ini memiliki bentuk yang sederhana namun unik. Sedangkan jika ingin melihat yang masjid megahnya yang bernama Masjid Bibi Heybat, bisa mengarah ke Baku.

Next
Kazakhstan

30

Kazakhstan

Islam merupakan agama yang paling besar di Kazakhstan. Negara di Asia Tengah ini memiliki 17 juta penduduk di mana 70% di antaranya Muslim. Islam sendiri masuk kawasan ini mulai abad ke-8 dari Arab.

Nuansa Islami begitu kentara di hampir setiap sudut kota. Mulai dari keseharian, hingga landmark khas Islam yang ada di sini. Beberapa yang harus dilihat adalah Central Mosque di Almaty dan Masjid Mashkhur Jusup di Pavlodar.

Next
Uzbekistan

31

Uzbekistan

Mirip dengan negara sekelilingnya, Uzbekistan juga merupakan negara dengan mayoritas Muslim. Di mana 90% penduduknya menganut agama Islam. Jadi jangan heran jika melihat para wanitanya mengenakan baju yang menutup aurat, lengkap dengan cadarnya.

Sama dengan Kazakhstan, Islam di Uzbekistan juga berasal dari Arab yang mendatangi kawasan ini pada abad ke-8. Uzbekistan juga memiliki buku kumpulan hadist milik Imam Bukhari. Yang tak bisa dilewatkan adalah mengunjungi Masjid Po-i-Kalyan di Bukhara dan Madrassa di Samarkand.

Next
Pantai Gading

32

Pantai Gading

Meski hanya 38% penduduknya yang menganut Islam, nuansa Islami di Pantai Gading masih bisa terasa. Terlihat dari kehadiran masjid agung di Marcony yang bangunannya megah.

Nuansa Islam bisa terasa saat keliling kota karena ada sekolah juga yang bertema Islam. Beribadah seperti salat pun tak melulu dilakukan di dalam ruangan, seperti masjid atau halaman rumah.

Next
Senegal

33

Senegal

Bayangkan saja, ada 92% penduduk di Senegal yang beragama Islam. Agama Islam sudah masuk negara ini dari awal abad ke-11. Selama kolonial Prancis, penduduk Islam berhasil menggabungkan kekuatan untuk menggulingkan Prancis.

Dari sanalah, agama Islam jadi makin kuat dan berkembang. Sebagai negara mayoritas Muslim, Senegal tentu punya masjid agung yang luas dan megah. Datang saja ke Touba dan lihat sendiri megahnya salah satu masjid terbesar di Senegal. Di Ndar, ada juga masjid cantik yang berdiri di tepi pantai. Wajib lihat!

Next
Afrika Selatan

34

Afrika Selatan

Islam di Afrika Selatan merupakan kaum yang minoritas karena hanya 1,5% penduduknya yang Muslim. Kebanyakan mereka merupakan imigran yang dibawa dari Asia dan India. Pada abad ke-17, budak dan tahanan politik Indonesia dibawa penjajah Belanda dan dari sanalah Islam mulai tumbuh di Afrika Selatan.

Dilanjutkan dengan kedatangan imigran India pada tahun 1800-an yang mana sebagian kecil dari mereka merupakan Muslim. Sampai saat ini, wisatawan bisa melihat sekilas nafas Islam di sana. Di Cape Town pun ada masjid cantik yang berdiri dengan anggunnya.

Next
Kamerun

35

Kamerun

Islam mulai masuk Afrika barat termasuk Kamerun pada awal abad ke-19. Dari 21 juta penduduk di sana, 24% menganut agama Islam. Suku Kirdi, dan Bamoun merupakan penduduk yang menganut agama Islam.

Di sana, masyarakatnya bisa bebas mengenakan pakaian Muslim dan beribadah di masjid dengan leluasa. Meski bukanlah masjid yang megah atau berkilau, namun rumah Allah ini tetap ramai oleh jamaah hampir di setiap saat.

Next
Mali

36

Mali

Dari abad ke-9, Islam sudah hidup di Mali. Dari seluruh kota di Mali, yang paling berkembang Islamnya adalah Timbuktu, Gao dan Kano. Maklum, 90% dari penduduk di sini merupakan orang Muslim.

Satu yang harus dikunjungi saat ke Mali adalah Masjid Agung di Djenne. Ini adalah masjid berbahan dasar lumpur terbesar di dunia. Bentuknya pun unik. Tak seperti masjid tapi lebih terlihat seperti benteng. Bangunan ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Next
Ghana

37

Ghana

Pada abad ke-10, agama Islam mulai masuk kemudian menyebar di berbagai pelosok Ghana. Kini, umat Muslim di negara tersebut berjumlah 20-45% dari total populasinya.

Mayoritas dari mereka menganut paham Sunni, ada pula yang menganut Ahmadiyah. Beberapa kota besar seperti Banda Nkwanta misalnya, punya sekolah Islam atau pesantren. Pemimpin agama Islam tertinggi bergelar Grand Mufti of Ghana, yang memegang peranan penting dalam kepentingan agama di negara tersebut.

Next
Nigeria

38

Nigeria

Nigeria adalah salah satu negara Afrika dengan populasi Muslim terbanyak, mencapai sekitar 51%. Sama halnya dengan Ghana, mayoritas dari mereka menganut paham Sunni.

Islam masuk lewat utara Nigeria pada abad ke-9, berbarengan dengan dibentuknya Kerajaan Islam Kanem-Bornu. Islam terus menyebar di utara Nigeria hingga abad ke-16, hingga akhirnya masuk ke wilayah tengah.

Masjid yang paling terkenal adalah Abuja National Mosque, yang terletak di ibukota. Masjid dengan kubah berwarna emas dan 4 menara tinggi ini dibangun pada 1984.

Next
Sudan

39

Sudan

Islam adalah agama mayoritas di Sudan, dan orang Muslim telah mendominasi pemegang pemerintahan sejak negara tersebut merdeka pada 1956. Berdasarkan data UNDP Sudan, populasi Muslim di negara tersebut mencapai 97%. Sisanya menganut agama Kristen atau animisme.

Muslim di Sudan terbagi menjadi beberapa etnis yakni Arab, Nubia, Beja, Fur, Zaghawa, dan Masalit. Beberapa masjid terkenal terletak di Kota Omdurman, sebelah barat Sungai Nil. Ada Masjid Al Nilin yang dibangun tahun 1970-an, serta Sufi Mausoleum di Kota Omdurman seperti yang terlihat pada gambar. Ini adalah mausoleum dari seorang sufi bernama Sheikh Hamed Al Nil yang hidup pada abad ke-19.

Next
Bosnia Herzegovina

40

Bosnia Herzegovina

Penyebaran Islam di Bosnia and Herzegovina punya sejarah panjang. Islam masuk saat Dinasti Usmaniyah asal Turki menaklukkan wilayah negara tersebut, tepatnya pada abad ke-15 dan 16 masehi.

Warga Muslim di Bosnia mayoritas menganut paham Sunni. Di ibukota yakni Sarajevo, ada Emperor's Mosque yang dibangun pada masa kejayaan Dinasti Usmaniyah. Masjid ini menjadi salah satu yang paling terkenal di negara tersebut.

Next
Albania

41

Albania

Berdasarkan sensus tahun 2011, populasi Muslim di Albania mencapai 58,79%. Ini menjadikan Islam sebagai agama terbesar di negara indah tersebut. Sama halnya dengan Bosnia and Herzegovina, Islam juga masuk ke Albania saat ditaklukkan oleh Dinasti Usmaniyah.

Islam masuk ke Albania tepatnya pada abad ke-14. Muslim di Albania menganut 2 paham utama yakni Sunni dan Bektashi. Paham yang terakhir itu merupakan bawaan dari Dinasti Usmaniyah yang muncul pada abad ke-18.

Beberapa masjid terkenal di Albania antara lain Lead Mosque di Berat, Mirahori Mosque di Korca, Muradie Mosque di Vlora, juga Ebu Beker Mosque di Shkoder.

Next
Turki

42

Turki

Turki adalah salah satu negara Islam terbesar dalam sejarah, tentu karena adanya Dinasti Usmaniyah yang melebarkan sayap ke negara-negara tetangga termasuk Eropa. Islam masuk pada abad ke-8 dan 9 masehi, saat pasukan tentara Arab membangun kerajaan di wilayah Turki.

Kini, Turki menjadi destinasi Islam yang populer di mata turis dunia. Betapa tidak, ada beberapa masjid yang terkenal karena keindahannya seperti Sultan Ahmed di Istanbul, Sabanci Merkez Camii yang merupakan masjid terbesar, serta Hagia Sophia yang dulunya adalah gereja dan kini menjadi museum.

Next
Jerman

43

Jerman

Populasi Muslim di Jerman adalah salah satu yang terbesar di kawasan Eropa Barat. Setidaknya 3-3,5 juta penduduk Jerman menganut agama Islam, dan semakin hari terus bertambah. Mayoritas dari mereka adalah keturunan Turki, yang bermigrasi ke Jerman mulai tahun 1960-an.

Kini, setidaknya ada 2.500 tempat ibadah umat Muslim yang tersebar di berbagai pelosok Jerman. Sekurangnya ada 140 masjid dengan bangunan yang dilengkapi kubah dan minaret. Beberapa yang paling indah adalah Freimann Moschee di Munich dan Sehitlik Moschee di Berlin.

Next
Prancis

44

Prancis

Islam adalah agama yang turut memberi warna untuk Prancis. Karena dulu banyak menjajah negara Islam di era kolonialisme, kini banyak pula imigran Muslim terutama dari Aljazair, Maroko dan Afrika yang tinggal di Prancis.

Islam adalah agama terbesar kedua di Prancis walaupun itu hanya 13 persen dari populasi. Great Mosque of Paris yang dibangun tahun 1926 adalah bentuk terima kasih Prancis umat Muslim yang ikut berperang dalam Perang Dunia I. Banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini karena terpesona taman indah di dalamnya.

Islam di Prancis juga dikenal wisatawan dunia berkat banyaknya pemain sepakbola Muslim di sana. Samir Nasiri, Karim Benzema, Franck Ribery dan sang legenda Zinedine Zidane adalah pesepakbola Muslim Prancis yang terkenal.

Next
Spanyol

45

Spanyol

Islam adalah bagian yang tak terlupakan dari sejarah Spanyol. Spanyol sempat menjadi wilayah Kekhalifahan Umayyah tahun 709-1614. Wilayahnya mencakup keseluruhan Andalusia sampai Alhambra dan Granada.

Islam mewariskan aneka objek wisata bersejarah di Spanyol. Ada aneka benteng dan kota tua di kawasan Andalusia. Namun, yang dianggap sebagai mahakarya adalah Great Mosque di Cordoba. Wisatawan bisa mengunjunginya sampai saat ini.

Ada sekitar 1,8 juta orang Islam di Spanyol, 71 persen di antaranya adalah imigran. Islam menjadi agama terbesar kedua di Spanyol walaupun itu hanya 4 persen dari populasi.

Next
Inggris

46

Inggris

Agama Islam di Inggris tidak bisa dilepaskan dari jejak sejarah dimana Inggris banyak menjajah negara Islam di Asia. Karena itu, banyak imigran Muslim di Inggris terutama dari Asia Selatan.

Tidak sulit bagi wisatawan Muslim mencari makanan halal di Inggris, karena banyak imigran Muslim yang berwira usaha kuliner. Pusat perbelanjaan Harrods di Inggris, dimiliki oleh jutawan Muslim, Mohammad Al Fayed.

Masjid, terutama di London juga cukup banyak untuk ditemukan wisatawan Muslim. Umat Islam di Inggris mencapai 5 persen dari populasi.

Next
Rusia

47

Rusia

Rusia adalah negara yang sangat besar dan luas. Termasuk di dalam Negeri Beruang Merah ini adalah sejumlah wilayah dengan penduduk dominan Muslim yang mencapai 14 persen dari populasi.

Umat Islam di sana kebanyakan bukan imigran, melainkan etnis asli Rusia. Mereka antara lain Circassian, Balkar, Chechen, Ingush, Kabardin, Karachay, Dagestani, Tatars dan Bashkir.

Salah satu wilayah Rusia yang kental dengan wajah Islam adalah Kazan. Di Kazan ada masjid cantik bernama Masjid Kul Sharif yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Saint Petersburg yang merupakan salah satu kota besar di Rusia, juga memiliki masjid bersejarah. Masjid Saint Petersburg merupakan destinasi wisata religi muslim yang utama di kota tersebut.

Next
Suriname

48

Suriname

Suriname adalah wajah negeri Muslim di Amerika Latin. 13,5 Persen dari populasi Suriname memeluk agama Islam. Umat Islam di negara tetangga Brasil ini kebanyakan adalah keturunan imigran dari Jawa dan Asia Selatan.

Dahulu, mereka adalah pekerja yang dibawa penjajah Belanda. Maklum, Suriname juga dulu adalah jajahan Belanda seperti halnya di Indonesia.

Keturunan mereka sudah beranak pinak, namun tetap menyisakan budaya Jawa di antara mereka. Mosque Keizerstraat di Paramaribo adalah contoh masjid Suriname yang antik dan menawan.

Next
Amerika Serikat

49

Amerika Serikat

Perkembangan Islam di Amerika Serikat, tidak bisa dilepaskan dari perjuangan HAM warga kulit hitam di sana. Malcolm X sebagai pejuang HAM kulit hitam adalah seorang muslim yang memiliki banyak pengikut. Islam adalah agama terbesar keempat di AS setelah Kristen, Yahudi dan Buddha. Islam dianut oleh 0,9 persen populasi AS.

Jejak perjuangan Malcolm X menjadi situs wisata religi Muslim di AS seperti Masjid 7 di New York. Masih di New York, ada juga Audobon Ballroom yang menjadi tempat The Malcolm X & Dr Betty Shabazz Memorial and Educational Center. Ini adalah semacam museum untuk mengenang Malcolm X.

Di Amerika juga ada sejumlah Islamic Center seperti The Islamic Center of Washington, Washington DC. Ada juga beberapa museum Islam yaitu America's Islamic Heritage Museum, Washington DC dan Missisipi Muslim Museum di Jackson. Semua tempat ini bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Next
Australia

50

Australia

Islam adalah bagian dari negara Australia yang kontemporer. Penganut agama Islam di Australia kebanyakan adalah kaum imigran dari negara-negara Commonwealth alias bekas jajahan Inggris. Wajah Islam tampak terasa oleh wisatawan jika datang ke Negara Bagian Victoria dan New South Wales.

Gerai makanan halal bukan hal yang sulit ditemukan wisatawan di Sydney atau Melbourne. Bahkan, Australia memiliki museum Islam yang luar biasa namanya Islamic Museum of Australia yang dibangun tahun 2010. Islamic Museum of Australia berada di Thornbury, Victoria.

Museum menyimpan koleksi kekayaan warisan seni dan kontribusi sejarah umat Muslim di Australia dan luar negeri lewat berbagai karya seni dan artefak sejarah. Di dalamnya ada koleksi arsitektur, kaligrafi, lukisan, kaca, keramik sampai tekstil.