Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Mar 2021 13:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Megahnya Masjid Agung Baitul Makmur, Kebanggaan Kotamobagu

Chardian Arguta
d'Traveler
Tampak samping kiri masjid
Tampak samping kiri masjid
Photo didepan masjid
Photo didepan masjid
Pintu masuk Utama
Pintu masuk Utama
Ruangan utama masjid yang luas
Ruangan utama masjid yang luas
Mimbar masjid
Mimbar masjid
Deretan tiang berbahan marmer
Deretan tiang berbahan marmer
detikTravel Community -

Kotamobagu merupakan salah satu kota di Sulawesi Utara. Di sana terdapat sebuah masjid megah yang ikonik yakni Masjid Agung Baitul Makmur.

Kota Kotamobagu berada di sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan dan dilewati beberapa sungai. Jarak dari Kota Manado ke Kotamobagu sekitar 180 kilometer dan dapat ditempuh selama 4 jam dengan berkendara mobil.

Di sela kegiatan pekerjaan saya di Kotamobagu, saya menyempatkan untuk sholat zuhur di Masjid Agung Baitul Makmur. Masjid Agung ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat dan menjadi ikon Kotamobagu yang berlokasi tepat berada di pusat kota.

Kubah masjid yang besar dengan warna yang terang cerah sudah tampak dari kejauhan serasa memanggil untuk dapat merasakan sholat di masjid ini. Desain masjid yang megah dan luas ini dapat menampung ribuan jamaah.

Bangunan masjid yang luas terdiri dari 2 lantai dan 1 lantai basement. Tempat wudhu pria ada di sisi kiri masjid dan tempat wudhu wanita ada di sisi kanan.

Ada 2 pintu utama bercorak keemasan dan beberapa pintu masuk lain yang lebih kecil di sayap kiri dan kanan masjid. Masuk ke dalam masjid pandangan mata langsung tertuju ke mimbar di tengah bangunan masjid.

Terdapat 4 tiang utama yang besar berbahan batu marmer dan tiang berukuran yang sedang dan kecil lainnya dengan total 14 tiang. Beberapa kaligrafi yang indah dan berukuran besar menghiasi sekeliling dinding bangunan masjid.

Traveler yang berada di Sulawesi Utara, tak ada salahnya untuk beribadah di masjid ini. Selain bisa berdoa, traveler juga bisa mengangumi arsitekturnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA