Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Mei 2021 09:37 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mangku Sakti, Si Cantik dari Kaki Gunung Rinjani

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti
Mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti ditemani penduduk Sembalun, Lombok
Mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti ditemani penduduk Sembalun, Lombok
Foto: (Martha Simandjuntak/dTraveler)
Foto: (Martha Simandjuntak/d'Traveler)
Foto: (Martha Simandjuntak/dTraveler)
Foto: (Martha Simandjuntak/d'Traveler)
Air berwarna kehijauan mengalir di antara batuan berwarna putih
Air berwarna kehijauan mengalir di antara batuan berwarna putih
detikTravel Community -

Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, terdapat satu air terjun yang cantik.

Namanya Air Terjun Mangku Sakti. Udara yang sejuk, karena terletak di kaki gunung Rinjani.

Batu-batu besar berwarna putih dan airnya yang berwarna hijau tosca mengelilingi air terjun ini. Sungguh jadi pemandangan indah yang menarik untuk mengisi media sosial pengunjung yang datang ke sini.

Normalnya untuk mencapai lokasi air terjun ini pengunjung harus berjalan kaki dulu antara 30 menit sampai 1 jam. Dari tempat pengunjung memarkir motor atau mobil.

Karena lokasinya yang di kaki gunung, membuat air terjun ini memiliki tantangan sendiri untuk mencapai lokasi. Tapi pada waktu Saya ke sana, tidak melalui jalur tersebut. Karena jalur itu amat sangat jarang dilewati semasa pandemi. Sehingga jalurnya terlalu rimbun dan tertutup semak.

Saya ke sana ditemani oleh penduduk Sembalun, namanya Pak Kar, yang juga merupakan guide untuk pendakian ke Gunung Rinjani. Saya juga ditemani oleh Dimas anak Pak Kar yang masih kelas 3 SD, dan Mas Ryan, yang bawa mobil.

Meski masih kecil, Dimas sudah 2 kali naik Gunung Rinjani, lho. Saya langsung merasa minder dengan Dimas. Menurut cerita, air terjun ini dinamakan Mangku Sakti, karena konon jaman dahulu, ada seorang tetua yang menjadi Juru Kunci Gunung Rinjani.

Mangku sendiri memiliki arti penjaga, sehingga ketika air terjun ini ditemukan oleh penduduk, mereka menamakannya Air Terjun Mangku Sakti. Air yang mengalir di sela-sela bebatuan besar ini berwarna hijau tosca, hal ini dikarenakan adanya kandungan belerang yang terbawa dari Segara Anak di atas Gunung Rinjani.

Buat yang berkunjung ke Lombok, jangan dilewatkan untuk datang berkunjung ke sini, Lombok bukan hanya punya Gili, tapi juga punya tempat wisata air terjun yang cantik. Dijamin kamu akan dapat foto-foto bagus untuk ditampilkan di media sosial, atau buat penggemar photography, tempat ini juga menarik untuk jadi sasaran kamera.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA