Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jul 2021 11:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kisah Pengalaman Magang di Tebing Breksi, Seru Juga!

Septian Dwisi
d'Traveler
pengambilan gambar produk umkm BUMdes sambimulyo
pengambilan gambar produk umkm BUMdes sambimulyo
kegiatan menentukan promosi balkondes sambirejo
kegiatan menentukan promosi balkondes sambirejo
detikTravel Community -

Tebing Breksi adalah salah satu wisata hits di Yogyakarta. Pengalaman magang di destinasi cukup menyenangkan dan seru juga!

Saya adalah mahasiswa semester 6 Prodi Ekonomi, Universitas AMIKOM Yogyakarta yang melaksanakan magang di BUMDes Sambimulyo.

Saya magang di BUMDes Sambimulyo karena konsentrasi kuliah saya adalah ekonomi kreatif yang sangat berkaitan dengan UMKM dan BUMDes ini sudah membawahi beberapa UKM yang bergerak di bidang kerajinan dan kuliner untuk menunjang Taman Wisata Tebing Breksi.

BUMDes Sambimulyo terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Pada awalnya saya Mengajukan surat pra survey magang dan surat pernyataan magang dari kampus universitas AMIKOM Yogyakarta, guna mendapatkan persetujuan dari pihak BUMdes Sambimulyo agar saya dapat melakukan kegiatan magang di tempat tersebut.

Dan kemudian saya dinyatakan diterima magang di sini pada tanggal 5 Februari 2021 dan ditempatkan oleh pengurus BUMDes di bagian pemasaran. Jadwal magang dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, dengan lama magang 30 hari atau dari tanggal 7 Februari 2021 sampai dengan 8 Maret 2021.

BACAJUGA:

Kegiatan yang saya lakukan di bagian pemasaran antara lain foto produk UMKM seperti snack, batik dan tas. Setelah foto diambil maka dilakukan proses pengeditan agar lebih menarik ketika di upload pada sosial media.

Foto produk yang telah saya ambil digunakan sebagai konten di Instagram @sambimulyobumdes dan aplikasi penjualan online milik BUMDes. Selain tugas tersebut, saya juga diberikan tugas membuat bagan organisasi setiap unit pada BUMdes Sidomulyo disebabkan ada pegawai baru yang masuk.

Pembuatan bagan ini dimulai dari membuat desain dan memasukkan foto-foto pegawai yang menempati posisi di masing-masing unit, dan membantu dalam pembuatan power point untuk rapat.

Selain membuat konten untuk media sosial dan tugas di atas, saya juga membantu membuat paket wisata Taman Wisata Tebing Breksi dan Balkondes Sambirejo dimana paket wisata tersebut mencakup makanan dan minuman, penginapan dan tiket masuk.

BACAJUGA:

Ternyata kegiatan magang di sini menyenangkan karena membuat saya memahami tentang proses pengelolaan wisata khususnya membuat paket wisata agar lama tinggal wisatawan yang berkunjung Panjang.

Hal dilakukan untuk menambah pemasukan pengelola wisata agar wisatawan melakukan pengeluaran di area wisata Tebing Breksi. Namun manfaat terbesar dari kegiatan magang yang saya lakukan di sini adalah pengalaman berinteraksi di lingkungan kerja.

Budaya kerja di BUMDes Sambimulyo sangat berbaur artinya tidak ada hirarki antara bawahan dan atasan. Hal inilah yang menciptakan lingkungan kerja antara satu sama lain menjadi nyaman dan yang paling dibutuhkan oleh semua orang di dunia kerja.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA