Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Jan 2013 16:06 WIB

DESTINATIONS

Ini Dia 5 Bangunan Paling Misterius di Dunia

Woodchester Mansion di Cotswolds, Inggris (CNN Travel)
Jakarta - Misteri seringkali jadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke satu tempat. Tak jarang traveler menyambangi satu tempat untuk merasakan selubung misterinya. Inilah 5 bangunan paling misterius di dunia. Berani?

Misteri bisa muncul dari banyak hal: sejarah, kejadian, fenomena aneh, atau hal-hal yang tidak bisa dijelaskan logika. Beberapa bangunan terkenal di kalangan pelancong sebagai yang paling misterius di dunia. Dari Travel+Leisure yang dikutip CNN Travel, Rabu (2/1/2013), inilah 5 di antaranya:

1. Renwick Hospital di New York, AS

Melihat bentuk Renwick Hospital, sekilas mengingatkan pelancong akan Gotham City ala film Batman. Rumah sakit yang berdiri di Roosevelt Island ini didominasi batu granit yang indah, namun sangat terlantar.

100 Tempat tidur rumah sakit ini pernah ditiduri para imigran berpenyakit mengerikan. Renwick Hospital adalah tempat karantina mereka. Rencananya, tahun 2013 ini Renwick Hospital akan dibuka kembali lewat proyek restorasi senilai US$ 4,5 juta (Rp 43 miliar). Bersamaan dengan proyek seni berupa kupu-kupu raksasa yang akan diinstalasi di sini.

Konon, ada sosok 'pelindung' yang menerangi Renwick Hospital tiap malam. Ia tinggal di sebuah penthouse di Upper East Side. Saat malam, sosok samar yang memegang lampu sering terlihat di rumah sakit ini.

2. Loretto Chapel di Santa Fe, AS

Di Negara Bagian New Mexico, AS, terdapat sebuah gereja yang terkenal misterius. Namanya Loretto Chapel yang berlokasi di Kota Santa Fe. Gereja gothik ini punya sebuah tangga kayu spiral yang dibangun tanpa penyangga di tengahnya. Tak hanya itu, tangga ini juga tanpa paku.

Misterinya terletak pada pembuat tangga ini. Konon, seorang pengrajin kayu membangunnya pada 1878 kemudian menghilang begitu saja, tanpa dibayar.

Kalau belum puas dengan misteri tangga spiral di gereja ini, cobalah menginap di La Posada de Santa Fe yang berlokasi dekat dengan Loretto Chapel. Suite 100 adalah kamar penghuni bangunan ini, namanya Julia Staab. Konon, arwah sang penghuni masih menghantui kamar tersebut sampai sekarang.

3. Kolmanskop Diamond Camp di Skeleton Coast, Namibia

Dari namanya saja, sudah terbayang ngerinya. Skeleton Coast, alias Teluk Tengkorak terletak di pesisir Namibia. Orang Portugis yang hinggap di sana menyebutnya The Gates of Hell, alias Gerbang Neraka.

Nama tersebut berasal dari banyaknya tulang ikan paus di pesisir pantai, bekas industri ilegal ikan paus di masa lampau. Tapi di balik itu, ada harta karun yang terpendam di teluk ini: berlian. Dibangunlah Kolmanskop Diamond Camp, dengan Minenvewalter sebagai rumah terbesar milik manajernya.

Sekarang, Minenvewalter menjadi rumah misterius yang penuh cerita mistis. Pertambangan berlian itu kini tertinggal, tak ada penduduknya sama sekali. Konon, arwah pekerja tambang selalu menghantui siapa pun yang masuk ke Minenvewalter. Pada 1960-an, di bangunan itu ditemukan tengkorak beberapa pekerja tambang. Ternyata bukan tulang ikan paus saja...

4. Woodchester Mansion di Cotswolds, Inggris

Di wilayah Cotswolds, Inggris, terdapat sebuah rumah megah abad ke-17. Namanya Woodchester Mansion, yang terbengkalai pada 1873 saat pemiliknya meninggal. Rumah megah ini dipenuhi patung-patung menyeramkan dari batu. Suasananya sangat mencekam.

Tak hanya penuh aura mistis, Woodchester Mansion juga sempat jadi persembunyian sementara para tentara selama Perang Dunia II. Rumornya, arwah para tentara ini masih memenuhi Woodchester Mansion. Suara musik era 1940-an juga sering terdengar di lorong-lorongnya.

5. Coral Castle di Homestead, AS

Di Negara Bagian Florida, AS, terdapat sebuah rumah berbeda dari yang lain. Rumah ini terbuat dari 1.100 ton batu koral, lebih besar dari Stonehenge di Inggris!

Coral Castle, begitu bangunan ini disebut, dibangun oleh seorang imigran Latvia bernama Edward Leedskalnin. Ia membuat Coral Castle selama 30 tahun, dari 1921-1951 untuk mengenang calon istrinya yang meninggal sehari sebelum pernikahan mereka.

Misterinya adalah, bagaimana cara pria ini membuatnya seorang diri? Konstruksi dan hal-hal lain, seperti tidak adanya paku dan pahatan yang rumit, telah membuat bingung para ahli fisika. Leedskalnin mengaku, ia tahu rahasia konstruksi piramida.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA