Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Mar 2013 09:52 WIB

DESTINATIONS

Sumba & 3 Tempat Seru Indonesia untuk Liburan di Bulan Maret

Desi Puspasari
detikTravel
Perang kuda dalam Festival Pasola di Sumba (Ihsan Asri/d'Traveler)
Jakarta - Hari pertama di bulan Maret sudah dimulai. Sudahkah Anda merencanakan jadwal liburan untuk bulan ini? Tak usah bingung, ada 4 destinasi seru di Indonesia untuk traveling di bulan ini.

Berbagai festival siap meramaikan pariwisata Indonesia di bulan Maret. Tak hanya berlibur, traveler akan disajikan dengan berbagai macam keseruan. Dihimpun detikTravel, Jumat (1/3/2013), berikut adalah 4 destinasi di Indonesia yang pas untuk traveling di bulan Maret:

1. Sumba, Nusa Tenggara Timur

Bulan Maret, Anda busa berlibur ke Sumba di NTT. Treveler dan petualang, bisa merasakan serunya memacu adrenalin dalam Festival Pasola. Dilihat dari situs resmi Pariwisata Indonesia, tahun ini Festival Pasola dilaksanakan pada tanggal 5-8 Februari 2012 dan 7 Maret 2013.

Dalam festival ini, traveler bisa menguji keberanian dalam 'perang kuda' bersama penduduk asli Sumba. Bila memiliki nyali lebih, Anda bisa merasakan bagaimana gagahnya menunggang kuda Sandelwood. Tidak hanya menunggangi kuda, peserta juga akan dibekali senjata berupa tombak yang dibuat dari kayu berdiameter 1,5 cm dengan ujung tumpul.

Akan tetapi, jika Anda tidak terlalu berani menunggangi kuda, jadi penonton saja juga tak apa. Festival ini akan menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan saat berlibur ke Sumba.

Tidak hanya merasakan gagahnya menunggang kuda Sandelwood di tengah padang savana, traveler juga bisa menikmati belasan lokasi pantai yang indah. Ya, pasir pantai-pantai di Sumba berwarna putih. Traveler bisa melihatnya di sepanjang sisi Barat dan Timur pulau ini. Jangan lupa, Anad juga harus melihat kampung dan rumah adat khas Sumba yang tetap berdiri di tengah-tengah Kota Waikabubak, Sumba Barat.

2. Bali

Selalu saja ada alasan untuk traveler pergi ke Bali. Tepat pada hari Selasa, 12 Maret 2013 adalah libur nasional memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935. Traveler bisa mengajukan cuti di hari Senin jika ingin liburan. Jadi Anda bisa berangkat dari Jumat (8/3) malam dan memulai liburan pada hari Sabtu (9/3).

Dengan begitu, Anda bisa menikmati suasana Nyepi di Bali. Sebelum Nyepi, Anda bisa melihat berbagai ritual, seperti Melasti di Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Sanur dan pantai-pantai popular lainnya. Serunya lagi, setiap desa akan membuat satu ogoh-ogoh. Di beberapa kota seperti di Sanur, Kuta, Denpasar, Ubud, dan lainnya, biasanya diadakan arak-arakan ogoh-ogoh.

Selanjutnya, pada tanggal 20-24 Maret 2013, Bali Spirit Festival kembali mengumpulkan peminat yoga, tari, musik dan meditasi di Purnati Center di Batuan, Ubud, Bali. Acara ini menjadi sebuah festival rutin bagi pelaku yoga dan meditasi, penari serta musisi dari berbagai negara.

Belum selesai, di penghujung bulan, tepatnya tanggal 27 Maret-6 April 2013, seluruh daerah di Pulau Bali akan merayakan Galungan dan Kuningan. Selama festival, semua kawasan di Pulau Bali akan dihiasi tiang bambu 'penjor' yang dihiasi dengan buah-buahan, daun kelapa, dan bunga.

Selama Galungan, upacara Ngelawang akan digelar di setiap desa. Ritual ini untuk mengusir roh jahat yang dilakukan oleh tarian barong. Kemudian, puncak perayaan ditutup dengan acara Kuningan. Seru!

3. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok di NTB juga punya kegiatan seru di bulan Maret. Biasanya, awal bulan Maret menjadi waktu untuk perayaan tradisi Bau Nyale. Bau Nyale merupakan upacara meriah di mana Suku Sasak beramai-ramai menangkap nyale sejenis cacing laut di sepanjang pesisir pantai Lombok.

Dalam upacara Bau Nyale, traveler akan melihat penduduk desa, pemerintah setempat, serta wisatawan lainnya berduyun-duyun ke pantai. Mereka akan melebur dan menikmati keseruan tradisi kuno ini.

Selain itu, dalam Festival Bau Nyale juga akan digelar berbagai pertunjukan kesenian. Pertunjukkan itu seperti, drama kolosal tentang legenda Putri Mandalika, wayang kulit, penginang robek, dan teater legenda Putri Nyale.

4. Flores, Nusa Tenggara Timur

Belum puas jalan-jalan di Nusa Tenggara Timur? Nah, di penghujung bulan, tepatnya 27-31 Maret 2013 adalah waktu yang tepat untuk kembali ke NTT. Kali ini, destinasi yang bisa traveler pilih kali ini adalah Flores.

Mengapa? Pada tanggal tersebut, penduduk Flores akan merayakan Semana Santa. Semana Santa merupakan perayaan Paskah yang ada di Larantuka, Flores. Tradisi ini diturunkan oleh bangsa Portugis saat menjajah daratan Flores.

Melihat kalender Paskah 2013 dalam situs Paskah, tahun ini Hari Paskah jatu pada tanggal 31 Maret 2013. Pada perayaan ini, akan ditampilkan patung Yesus (Tuan Ma) dan patung Maria (Tuan Ana). Patung-patung ini hanya ditampilkan pada hari Paskah.

Perayaan dimulai dengan penyalaan lilin dan ziarah ke gereja. Paginya sebelum acara dimulai, diadakan upacara laut, yaitu arak-arakan patung Tuan Ma dan Tuan Ana di laut. Kemudian pada siang hari dilanjutkan dengan arak-arakan Tuan Ma dan Tuan Ana menuju katedral.

Setelah arak-arakan, puncak acara pun berlanjut hingga malam hari. Pada acara puncak, banyak lilin terpasang di tepi kiri dan kanan jalan sepanjang tujuh kilometer. Wow!

Berhubung masih awal bulan, Anda bisa leluasa mengatur jadwal liburan. Ayo tentukan, destinasi mana yang akan traveler datangi?

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA