Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Mei 2013 07:34 WIB

DESTINATIONS

Pantas Bandara Changi Jadi yang Terbaik di Dunia

Afif Farhan
detikTravel
Inilah bagian dalam Bandara Changi, papan keberangkatan dan segala informasi penerbangan terpampang jelas (Afif/detikTravel)
Inilah bagian dalam Bandara Changi, papan keberangkatan dan segala informasi penerbangan terpampang jelas (Afif/detikTravel)
Singapura - Changi Airport di Singapura terpilih menjadi bandara terbaik di dunia tahun 2013 versi Skytrax. Memang, bandara ini sangat bersih, nyaman, dan juga tertib. Tak hanya itu, fasilitas di dalamnya pun sangat lengkap.

Singapura boleh berbangga. Mereka punya Changi Airport yang didaulat menjadi bandara nomor 1 di dunia. Penobatan ini diberikan oleh Skytrax yang merupakan perusahaan konsultan maskapai penerbangan Britania Raya.

Penilaian yang dilakukan oleh Skytrax adalah 39 poin layanan dan produk, termasuk check in, kedatangan, transit, perbelanjaan, keamanan dan imigrasi. Alhasil, Changi Airport berhasil menyisihkan 395 bandara di seluruh dunia untuk menjadi yang terbaik.

detikTravel pun mencoba membuktikan kualitasnya pada Selasa (7/5/2013) lalu. Kesan pertama yang dirasakan begitu tiba di Terminal 2 bandara ini adalah tertibnya kendaraan mobil. Tidak ada kemacetan atau pun bunyi klakson. Setiap mobil yang berhenti menurunkan penumpang, langsung jalan tanpa harus ditegur oleh petugas bandara.

Ketika menapakan kaki di dalam bandara, suasana bersih langsung menyambut kedatangan para penumpang. Banyak tong sampah yang diletakan di dekat tiap-tiap bangku, yang memudahkan penumpang untuk membuang sampah. Jika ketahuan buang sampah sembarangan, siap-siap denda menanti Anda.

Banyak papan penunjuk Gate yang terpampang dengan informasi yang jelas. Setiap papan penunjuk Gate selalu diberi catatan waktu berapa lama berjalan kaki menuju ke sana, mulai dari 17 menit, 10 menit hingga 5 menit. Tak perlu celingak-celinguk bukan?

Jalur mengantre untuk chek in pun terlihat tertib. Selain itu, para petugas dengan cepat mengurus check in para penumpang. Jika penumpang menumpuk, petugas dari tiap maskapai yang bersangkutan akan mengaturnya. Pelayanan seperti inilah yang membuat penumpang merasa nyaman.

Lebih dari itu, Changi Airport punya banyak fasilitas yang memanjakan penumpang. Aneka gerai makanan seperti McDonalds, Dunkin Dounts, Burger King, serta restoran seperti Crystal Jade, Macau Express, Soup Restaurant dan masih banyak lagi, dapat Anda datangi jika perut mulai keroncongan.

Changi Airport pun punya banyak outlet oleh-oleh atau barang-barang merk terkenal. Tinggal pilih mau ke mana Anda melangkah, ada Gucci, Hugo Boss, Hermes, Giordano, Charles & Keith, Burberry dan masih banyak lagi. Menurut situs resmi Changi Airport, total ada 330 toko pakaian dan 120 restoran dan kafe di bandara ini. Wow!

Masih belum puas? Bandara Changi memiliki koneksi WiFi yang dapat dinikmati penumpang. Di tiga terminalnya, Anda bisa mengakses layanan internet gratis super cepat. Bahkan, di tiap terminalnya ada Internet Access dengan puluhan komputer dengan layanan internet yang bisa Anda pakai.

Beberapa kursi pijat di dalam bandara membuat penumpang lebih nyaman. Kursi pijat listrik ini dapat membuat kaki hingga pundak Anda menjadi rileks. Biayanya pun gratis, hanya saja Anda harus sabar mengantre dengan penumpang lain.

Tak heran, Changi Airport layak menjadi bandara terbaik sedunia. Fasilitas super lengkap dan pelayanan yang memuaskan dijamin membuat traveler betah saat transit atau tiba di bandara ini. Tak percaya? Buktikan sendiri!



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED