Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Agu 2017 13:17 WIB

UGC-BRIDGE

Ternyata, Ini Alasan Kenapa Bangku Pesawat Berwarna Biru

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi bangku pesawat (Thinkstock)
Ilustrasi bangku pesawat (Thinkstock)
Jakarta - Bangku pesawat identik dengan warna biru. Namun, ternyata ada alasan kenapa kursi pesawat selalu berwarna biru.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (11/8/2017), ada alasan ilmiah di balik penetapan warna biru sebagai warna wajib bangku pesawat.

Diberitakan oleh media The Sun, warna biru pada bangku pesawat dapat memproduksi zat kimia dalam badan yang membuat seseorang merasa lebih tenang dan nyaman.

Beberapa pakar dari situs Colour Psychology juga mengungkapkan kalau warna biru dapat menimbulkan rasa damai dan memberi ketenangan. Namun tidak hanya itu, warna biru juga punya dampak positif lain pada tubuh manusia.

"Warna biru dapat memperlambat detak jantung dan nafas, jadi itu adalah warna yang baik untuk meditasi atau relaksasi," tulis situs Colour Psychology.

Mengetahui penjelasan di atas, tentu masuk akal kenapa warna biru dipilih sebagai warna bangku oleh mayoritas pesawat di dunia. Warna biru juga dianggap dapat menenangkan penumpang, khususnya yang punya fobia akan ketinggian atau ruang sempit.

Namun dahulu pada tahun 1970 dan 80-an, warna merah sempat trend sebagai warna bangku pesawat kala itu. Hanya tidak lama, bangku berwarna merah itu diganti kembali dengan warnaa biru. Alasannya, warna merah dan cerah dapat membuat seseorang lebih emosional. Bagaimana kalau menurut traveler? (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED