Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2020 15:20 WIB

UGC-BRIDGE

Daftar Nama Pahlawan Indonesia, Dari Cut Nyak Dien hingga Ki Hajar Dewantara

Tim Detikcom
detikTravel
Mural Bertemakan Pahlawan Nasional Sambut HUT RI
Daftar nama pahlawan Indonesia. Beberapa diantaranya tampak dalam mural (Foto: Pradita Utama/detikcom)

3. Pangeran Diponegoro

Pengakuan masuk dalam jajaran daftar nama pahlawan Indonesia didapatkan Pangeran Diponegoro pada tanggal 6 November 1973 melalui Keppres No 87/TK/1973.

Dalam sejarah Indonesia melawan Belanda, Pangeran Diponegoro merupakan tokoh yang mengobarkan Perang Jawa (1825-1830). Perang ini salah satu perang besar yang harus dihadapi Belanda.

Ribuan tentara tewas dan dana yang dikeluarkan pemerintah Belanda sangat besar untuk menghadapi Pangeran Diponegoro beserta pengikutnya.

Perlawanan Pangeran Diponegoro berakhir setelah Belanda mengundangnya dalam sebuah pertemuan di rumah residen Kedu pada 28 Maret 1830.

Dia kemudian ditawan dan dibuang ke Manado lalu dipindahkan ke Makassar pada 1833. Pangeran dengan nama asli Raden Mas Antawirya ini wafat pada 8 Januari 1855.

4. Tan Malaka

Tan Malaka mendapatkan pengakuan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Sukarno berdasarkan Keputusan Presiden No. 53 Tahun 1963.

Pria asal Sumatera Barat ini dinilai punya jasa besar dalam perjuangan merintis kemerdekaan.

Dua dekade sebelum Indonesia merdeka, Tan Malaka yang punya nama asli Sutan Ibrahim telah mengeluarkan gagasan dalam bukunya Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia).

5. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan pendiri Taman Siswa. Pemilik nama Raden Mas Suwardi Suryaningrat ini lahir pada 2 Mei 1889.

Kiprahnya memperjuang pendidikan bagi kaum bumiputera membuat tanggal kelahirannya itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Deretan daftar nama pahlawan Indonesia di atas hanya sebagian kecil dari pahlawan-pahlawan yang dimiliki negara ini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pal/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA