Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 10:56 WIB

DETIKTV

Kisah Tari Sintren dari Cirebon yang Berbau Mistis

detikTV, detikTV
detikTravel
Cirebon -

Sintren merupakan kesenian rakyat asli Cirebon. Dahulu, kesenian tari daerah ini dipentaskan oleh putri-putri nelayan yang sedang menunggu ayah mereka pergi melaut mencari ikan.

Sintren adalah salah satu seni tari daerah yang sangat unik. Di Pulau Jawa, hanya di Cirebon dan sekitarnya kita bisa menemukan tari Sintren. Tidak ada daerah lain yang memiliki tari seperti Sintren.

Awalnya ini adalah seni tradisi rakyat di daerah pesisir pantai. Ini adalah kesenian rakyat, di kala para bapaknya melaut sebagai nelayan, ibu dan anak-anak, serta sebagian bapak-bapak yang tidak melaut, membuat kesenian yang namanya Sintren.

Dahulu, Sintren biasa dipentaskan saat bulan purnama tiba sebagai hiburan rakyat sembari menunggu kepala rumah tangga pergi melaut. Kala itu, bulan purnama memang jadi sumber penerangan utama karena belum ada listrik.

Saat ini, tari Sintren sudah jadi pementasan yang lazim dilakukan oleh warga Cirebon dan sekitarnya. Biasanya tari Sintren dipentaskan saat ada kenduri, hajatan, khitanan, pernikahan atau acara besar lainnya.

Sekali pementasan tari Sintren biasanya selesai dilakukan dalam waktu 30 menitan. Namun bisa juga diperpanjang tergantung sang dalang. Tari Sintren ini merupakan satu-satunya di Pulau Jawa, daerah lain tidak ada yang punya.

(/)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA