Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Jumat, 10 Mar 2017 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja Ampat

Bona
Redaksi Travel
Karnaval budaya di Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat (Bonauli/detikTravel)
Karnaval budaya di Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat (Bonauli/detikTravel)
Waisai - Papua punya karnaval budaya yang seru banget! Bukan cuma adat Papua, budaya lain pun ikut memeriahkan acara ini.

detikTravel mendapat kesempatan untuk datang lansung ke Raja Ampat, jumat (10/3/2017). Karnaval budaya merupakan salah satu acara dari Pembukaan Sidang Sinode XVII di Raja Ampat.

Karnaval budaya melakukan pawai di keliling Kota Waisai. Pawai sendiri dimulai pada pukul 15.00 WIT di Lapangan Bola Waisai, di Waigeo.

Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja AmpatPara mama-mama pun tidak mau ketinggalan (Bonauli/detikTravel)
Acara pawai dibuka dengan sambutan dari Bupati Raja Ampat dan pengangkatan bendera, tanda pawai sudah dimulai. Siap?

Karnaval dibuka dengan pawai dari Suku Yali dari Papua. Mereka pun mengenakan pakaian adat koteka bagi kaum pria dan rok untuk kaum perempuan. Semuanya begitu asli dan apa adanya.

Tak malu untuk memamerkan adat mereka, utusan Suku Yali yang terdiri dari para ibu-ibu ini semangat untuk menari. Mereka menggoyangkan tongkat di tangan mereka dan berteriak berirama. Seru banget!

Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja AmpatBudaya Indonesia lain pun tidak ikut ketinggalan (Bonauli/detikTravel)
Tak hanya suku asli Papua, paguyuban-paguyuban dari daerah lain pun ikut berpartisipasi dalam acara ini. Mulai dari Sulawesi utara, Jawa sampai Batak ikut dalam pawai!

Mereka beriringan memamerkan adat masing masing. Diiringi dengan bunyi-bunyian dari alat musik dan suara mereka, pawai tampil meriah.

Anak-anak mulai dari Paud sampai orang tua menjadi satu dalam pawai ini. Saling melengkapi dan menghormati, pengunjung yang liat karnaval ini dijamin makin cinta Indonesia!

Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja AmpatIkatan Batak pun juga ikut serta (Bonauli/detikTravel)
Karena karnaval budaya ini dilakukan di Raja Ampat, sudah pasti suku tuan rumah yang paling meriah. Tak hanya lengkap dengan busana adat, suku-suku asli Papua juga memberikan penampilan Suling Tambur.

Suling Tambur adalah alat musik gendang dan suling yang dimainkan bersamaan. Tabuhan gendangnya seakan membuat jantung ikutan joget. Seru banget!

Setelah berkeliling Kota Waisai, pawai akan berakhir di Gereja GKI Alfa Omega. Gereja ini menjadi titik akhir karnaval karena nantinya Sidamg Sinode XVII akan dilaksanan di sana sekaligus peresmian gedung gereja.

Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja AmpatParade berlangsung dengan meriah! (Bonauli/detikTravel)
Meriah! Kehebohan Karnaval Budaya di Raja AmpatRagam warna-warni dan budaya Indonesia (Bonauli/detikTravel)

Lewat Karnaval Budaya, kita diajarkan untuk bersatu dan saling menghormati satu sama lain. Belajar untuk hidup berdampingan, bukan saling menjatuhkan. (bnl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Tapal Batas

Potret Masjid Terjauh di Indonesia

Senin, 29 Mei 2017 07:52 WIB

Inilah masjid Al Aqsha di Merauke, Papua. Masjid yang punya arti terjauh, punya makna memang masjid ini cukup jauh dari mana-mana dan di ujung timur Indonesia.