Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Sabtu, 18 Mar 2017 16:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sensasi Berendam Tengah Malam di Kolam Air Panas Ie Suum Aceh

Agus Setyadi
Redaksi Travel
Foto: Kolam Air Panas Ie Suum di Aceh Besar (Agus Setyadi/detikTravel)
Foto: Kolam Air Panas Ie Suum di Aceh Besar (Agus Setyadi/detikTravel)
Aceh Besar - Di Aceh Besar, ada wisata kolam pemandian air panas yang buka 24 jam. Kalau sedang berakhir pekan di sana, traveler bisa mencoba hangatnya berendam di kala malam.

Dinginnya udara malam perlahan berubah menjadi panas kala berada di antara tiga kolam. Asap tampak menari-nari keluar mengikuti arah angin. Berada di sana, wisatawan dapat menikmati sensasi berendam di air panas atau pun mandi uap.

Terletak di Desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Aceh, Kulam Ie Suum (kolam air panas) ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Di sana, terdapat tiga kolam yang diperuntukkan untuk anak-anak, laki-laki, dan perempuan. Di setiap kolam, ada petugas yang berjaga.

Anak-anak mandi di kolam yang airnya tergolong dangkal. Sementara untuk pria dan wanita, kolamnya dipisah oleh dinding yang menjulang tinggi. Di pintu masuk, tertulis larangan kaum adam memasuki area kolam lawan jenis.

Objek wisata yang terletak sekitar 35 kilometer dari Kota Banda Aceh ini buka 24 jam. Jadi di malam hari pun traveler dapat menghangatkan badan dengan berendam di sini.

Pada malam hari, wanita diperbolehkan ke sana dengan syarat datang bersama keluarga. Beberapa pemuda setempat dengan ramah melayani setiap wisatawan yang datang.

detikTravel beberapa waktu lalu berkunjung ke Kulam Ie Suum tengah malam. Deru suara motor yang kami tumpangi memecah keheningan. Dinginnya udara menusuk tulang. Perjalanan ke sana dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Jalannya sudah beraspal dan mulus.

Di Kulam Ie Suum, traveler dapat langsung menikmati sensasi mandi air panas, mandi sauna atau pun merebus telur. Khusus untuk merebus telur, dapat mengunjungi sumber air panas. Jaraknya tak jauh dari kolam. Hanya butuh waktu beberapa menit, telur yang ditaruh dalam air siap untuk disantap.

Sensasi Berendam Tengah Malam di Kolam Air Panas Ie Suum AcehFoto: (Agus Setyadi/detikTravel)
Untuk mandi, traveler dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Setelah bayar, pengunjung dapat berendam sepuasnya. Sementara untuk mandi uap atau sauna, juga dikenakan tarif serupa.

Air di dalam kolam rajin diganti. Jika sudah mulai dingin, petugas di sana kembali menambah debit air agar kehangatan terus terjaga. Kolam di sana juga rutin dibersihkan setiap hari atau pun seminggu sekali.

Sumber air panas di sana berasal dari gunung berapi Seulawah. Pasca tsunami, pembenahan lokasi air panas alami ini dilakukan. Kini, lokasi Kulam Ie Suum tertata rapi. Satu unit musala juga dibangun sebagai tempat ibadah.

Jika berkunjung ke sana pada malam hari, traveler juga dapat beristirahat di balai-balai yang ada di samping kolam. Beberapa pemuda berjaga di objek wisata ini selama 24 jam. Mereka juga memantau warga yang mandi dari kejauhan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED