Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mar 2017 07:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masya Allah, Cantiknya Kembaran Masjid Nabawi di Aceh

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Payung raksasa di Masjid Raya Baiturrahaman, Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Payung raksasa di Masjid Raya Baiturrahaman, Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Banda Aceh - Keajaiban Indonesia bagian barat dimulai dari Banda Aceh. Ada Masjid Raya Baiturrahman yang sudah punya payung raksasa. Tampilannya pun mirip Masjid Nabawi.

Masjid Raya Baiturrahaman berada di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Masjid yang dibangun Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M ini telah menjadi ikon populer, serta menyimpan beragam kisah kejadian di Tanah Rencong.

Misalnya saja kisah ajaibnya kala tsunami. Di saat bangunan lain hancur akibat gelombang tsunami, Masjid Raya Baiturrahman justru masih berdiri tegap. Bahkan, masjid ini tidak hancur meski arus air sangat kencang.

Masjid Raya Baiturrahaman pun sempat beberapa kali direnovasi. Yang terbaru adalah pemasangan payung elektrik di pelataran masjid. Peluncuran awal atau soft launching telah dilakukan pada Februari 2017.
Masya Allah, Cantiknya Kembaran Masjid Nabawi di Aceh(Agus Setyadi/detikTravel)
detikTravel sempat berkunjung ke masjid yang cantik ini beberapa waktu lalu. Ada 12 unit payung elektrik yang telah terpasang. Enam payung dipasang di sebelah selatan dan sisanya di utara masjid.

Payung-payung tersebut tampak begitu besar. Dari posisi tertutup hingga terbuka lebar dibutuhkan waktu beberapa menit. Untuk warnanya sendiri bernuansa putih dengan corak kekuningan.

Dengan adanya payung tersebut, tampilan Masjid raya Baiturrahman pun mirip seperti Masjid Nabawi di Madinah. Lantai marmer yang telah dipasang juga makin menambah keindahan rumah ibadah tersebut.
Masya Allah, Cantiknya Kembaran Masjid Nabawi di Aceh(Agus Setyadi/detikTravel)
Hal ini pun menjadi daya tarik bagi wisatawan. Foto-foto wisatawan di masjid, dengan latar payung raksasa telah banyak diunggah di media sosial seperti Instagram.

Nah, 12 Payung tersebut tak hanya dipasang untuk menambah keindahan masjid, tapi juga sebagai sarana kenyamanan beribadah para jamaah. Saat payung terbuka lebar, bisa melindungi jamaah dari hujan maupun terik matahari.

Pengembangan Masjid Raya Baiturrahaman tak sebatas payung saja. Ke depannya masih akan dilakukan banyak pengembangan lainnya seperti pembangunan basement untuk tempat parkir hingga TPA dan sekolah yang fokus pada pendidikan agama Islam

Untuk basement itu rencananya bisa menampung 254 mobil dan 343 sepeda motor. Ada pula tempat wudhu dan toilet. Bahannya dari batu marmer Italia atau Spanyol.

Di area halamannya juga akan ditanami rumput dan bunga-bunga cantik, 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Pastinya warga setempat dan wisatawan bakalan makin nyaman wisata religi dan beribadah di Masjid Raya Baiturrahaman.
(Agus Setyadi/detikTravel)(Agus Setyadi/detikTravel)
(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED