Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mar 2017 15:58 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Unik, Pulau Satonda di NTB Punya Danau Air Asin

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Danau Satonda yang memiliki air asin (Hanindita Ratna Asti/dTraveler)
Danau Satonda yang memiliki air asin (Hanindita Ratna Asti/d'Traveler)
Dompu - Danau di Pulau Satonda di NTB bisa dibilang sangat ajaib dan beda dari yang lain. Bukannya diisi oleh air tawar seperti umumnya, air di danau ini malah asin.

Pulau Satonda terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Dompu, NTB. Dari pusat Kota Dompu, untuk sampai ke Pulau Satonda menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.

Ajaibnya, Pulau Satonda dikenal dengan danau air asin yang berada tepat di tengah-tengah Pulau Satonda. Keajaiban itu pun pertama kali ditemukan oleh dua ilmuwan Eropa bernama Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak pada tahun 1984.

Kala itu mereka menemukan kalau tingkat keasinan airnya sangat tinggi dan pekat. Cahaya matahari hanya bisa tembus ke airnya hanya sekitar 10 meter. Ikan-ikan yang ada di danau ini konon tidak hidup lama.

Danau Satonda di NTB (Yudhistira/detikTravel)Danau Satonda di NTB (Yudhistira/detikTravel)
Sejarahnya, danau purba Satonda terbentuk akibat letusan Gunung Satonda pada ribuan tahun silam. Letusan Gunung Tambora pun mengakibatkan tsunami yang mengantar air laut ke dalam danau sekaligus mengubahnya jadi danau air asin seperti sekarang.

Selain Danau Air Asin, Pulau Satonda juga memiliki sebuah pohon kalibuda yang dipercaya dapat mengabulkan keinginan. Caranya, Anda tinggal menggantungkan batu kecil dengan seutas tali di rantingnya sambil mengucapkan keinginan.

Pohon pengabul keinginan di tepi Danau Satonda (Hanindita Ratna Asti/d'Traveler)Pohon pengabul keinginan di tepi Danau Satonda (Hanindita Ratna Asti/d'Traveler)
Batu-batuan yang digantungkan di ranting pohon biasanya diambil kembali oleh yang menggantung setelah harapan dan cita-citanya tercapai. Uniknya lagi yang menggantung bisa mengetahui batu yang ia gantung.

Apabila liburan ke Sumbawa di NTB, tentunya traveler tidak boleh melewatkan Pulau Satonda dengan danau air asin dan pohon pengabul keinginannya. Inilah keajaiban dari Indonesia Tengah! (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED