Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Rabu, 05 Apr 2017 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Derawan Punya Pahlawan Sabba Ani, Siapa Dia?

Bona
Redaksi Travel
Makam pejuang Sabba Ani di Derawan (Bonauli/detikTravel)
Makam pejuang Sabba Ani di Derawan (Bonauli/detikTravel)
Derawan - Derawan bukan cuma punya alam yang indah, tapi juga sejarah yang keren. Di sini ada sebuah makam pejuang yang melambangkan keberanian, Sabba Ani.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Derawan pekan lalu dalam acara d'traveler of The Year 2016. Pulau Derawan punya sebuah makam yang jadi lambang keberanian, Sabba Ani.

Makam Sabba Ani dijadikan sebagai simbol keberanian di Pulau Derawan. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Makam Sabba Ani adalah makam sebuah keluarga asal Malaysia yang melarikan diri dari penjajahan Inggris.

Keluarga ini memiliki 5 anggota yaitu Sabba Ani, Garabia, Makangug, Karut dan Salda. Mereka tinggal di Pulau Panjang dan melarikan diri ke Pulau Derawan karena ketahuan oleh tentara Inggris.

Papan keterangan Makam Sabba Ani (Bonauli/detikTravel)Papan keterangan Makam Sabba Ani (Bonauli/detikTravel)
Tentara Inggris memberi kabar kepada pemerintah Belanda yang ada di Indonesia agar menangkap Sabba Ani sekeluarga. Setelah melacak keberadaan Sabba Ani, tentara Belanda pun datang untuk menangkap mereka.

Menolak untuk menyerah, tentara Belanda pun menembaki Sabba Ani sekeluarga. Sabba Ani sekeluarga mati dan mayatnya diserahkan kepada masyarakat.

Kawasan makam Sabba Ani (Bonauli/detikTravel)Kawasan makam Sabba Ani (Bonauli/detikTravel)
Masyarakat pun mengambil jenazah untuk disemayamkan secara pantas. Sejak saat itu, makam ini menjadi simbol keberanian di Pulau Derawan.

Namun karena terjadi abrasi, maka makam Sabba Ani sekeluarga dipindahkan jauh dari pantai. Traveler yang berlibur di Pulau Derawan kurang lengkap kalau belum datang ke Makam Sabba Ani. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Tapal Batas

Potret Masjid Terjauh di Indonesia

Senin, 29 Mei 2017 07:52 WIB

Inilah masjid Al Aqsha di Merauke, Papua. Masjid yang punya arti terjauh, punya makna memang masjid ini cukup jauh dari mana-mana dan di ujung timur Indonesia.