Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Apr 2017 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Diving di Gorontalo, Ada 'Orangutan' Bawah Laut!

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Diving di Gorontalo bisa ketemu Karang Salvador Dali (Eddos/detikTravel)
Diving di Gorontalo bisa ketemu Karang Salvador Dali (Eddos/detikTravel)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
Gorontalo - Alam bawah air Gorontalo, bukanlah bawah laut biasa. Ada kepiting orangutan dan karang salvador dali yang super langka. Seperti apa wujudnya?

Biota bawah laut diciptakan Tuhan dengan bentuk yang beragam. Terkadang bentuknya unik-unik dan tidak biasa, seperti karang Salvador Dali dan juga kepiting orangutan alias orangutan crab.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (13/4/2017), orangutan crab memiliki nama ilmiah Achaeus japonicus. Sesuai dengan namanya, kepiting ini disebut sebagai orangutan crab karena memiliki penampakan mirip orangutan.

Kepiting berukuran sekitar 2 cm ini memiliki tubuh yang ditutupi dengan rambut-rambut halus berwarna kecoklatan, mirip dengan rambut orangutan. Terkadang rambut-rambut ini ditutupi butiran-butiran pasir agar keberadaan kepiting makin tersamarkan.

Orangutan bawah laut (Kamal/detikTravel)Orangutan bawah laut (Kamal/detikTravel) Foto: Kamal Shahab
Orangutan crab ini bisa traveler temukan bila diving di Teluk Tomini, Gorontalo. Karena ukurannya yang hanya sebesar kuku manusia, perlu kejelian tersendiri untuk menemukannya.

Tak hanya orangutan crab, diving di Gorontalo traveler juga bisa menemukan karang dengan bentuk yang unik, mirip lukisan Salvador Dali! Oleh sebab itu, karang ini disebut sebagai Salvador Dali Sponge.

Salvador Dali merupakan pelukis kenamaan berkebangsaan Italia yang cukup eksentrik. Namun hasil lukisannya, diakui oleh dunia internasional dan cukup digemari oleh banyak penikmat seni.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah lukisan L'Enigma del Desiderio. Nah, dari lukisan ini lah bentuk karang Salvador Dali ini mendapat nama seperti itu, karena bentuknya memang sangat mirip.

Karang Salvador Dali di Gorontalo (Kamal/detikTravel)Karang Salvador Dali di Gorontalo (Kamal/detikTravel) Foto: Kamal Shahab
Traveler bisa berjumpa dengan Salvador Dali Sponge ini bila sedang diving di Gorontalo. Ada banyak karang berbentuk sepeti lukisan Salvador Dali ini di Gorontalo. Rata-rata lebarnya sekitar 1-2 meter, dan dapat dijumpai pada kedalaman sekitar 18-40 meter.

Bagi yang ingin mencoba belajar Wide Angle Photograpy dengan objek foto Salvador Dali Sponge langsung dapat mencoba diving di Gorontalo. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam sekitar ya!

Saksikan video 20detik di sini:

(bnl/fay)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED