Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Apr 2017 10:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wow, Ada Rumah Hobbit di Yogyakarta

Hasan Adi
Redaksi Travel
Foto: Rumah Hobbit di Yogyakarta, destinasi wisata baru! (Pokdarwis Mangunan)
Foto: Rumah Hobbit di Yogyakarta, destinasi wisata baru! (Pokdarwis Mangunan)
Bantul - Kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit di Bantul, DI Yogyakarta dapat menjadi ide liburan kamu selanjutnya. Ada rumah Hobbit di sana lho!

Menata objek wisata tidaklah mudah, terbukti sekitar setahun lalu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mangunan membuat konsep pariwisata Seribu Batu Songgo Langit di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tapi ternyata, minat wisatawan tak begitu besar, bisa dikatakan setahun muncul objek wisata ini sepi peminat.

Kurang diminatinya objek wisata Seribu Batu Songgo Langit Mangunan memunculkan tanda tanya, lantaran objek wisata ini amat dekat dengan objek wisata Pinus Sari yang selalu ramai wisatawan. Selama ini memang sesekali pengunjung di Pinus Asri mampir ke objek wisata Seribu Batu Songgo Langit, tapi kedatangan mereka hanya sejenak, lalu pergi.

Mendapati kondisi yang seperti itu, Ketua Koperasi Notowono Dlingo, Purwo Harsono beserta pokdarwis setempat mencoba menata ulang kawasan Seribu Batu Songgo Langit. Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat wisatawan, agar mau berkunjung ke objek wisata ini. Akhirnya di benak Ipung, sapaan karib Purwo Harsono pihaknya ingin merubah konsep awal Seribu Batu Songgo Langit.

Terinspirasi cerita klasik Barat, akhirnya Ipung memutuskan untuk membuat Rumah Hobbit atau rumah kurcaci di kawasan tersebut. Caranya dengan merancang rumah kukusan kerucut, yang oleh pokdarwis setempat dinamai 'Rumah Seribu Batu Negeri Dongeng'.

Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit (Pokdarwis Mangunan)Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit (Pokdarwis Mangunan)


"Kukusan itu kan alat masak, yang menghidupi. Filosofinya harapan kami objek wisata ini harus tetap hidup," ujarnya, Sabtu (15/4/2017) kemarin kepada detikTravel.

Dalam menyusun rumah kurcaci di kawasan tersebut, Ipung menyebut memang banyak menyimpan makna filosofi. Seperti deretan rumah kukusan dari terkecil sampai terbesar terjejer rapi, memiliki makna bahwa kehidupan harus melalui beberapa tahap. Untuk mencapai impian terbesar, yang dilambangkan rumah paling besar, harus melewati rumah paling kecil terlebih dahulu.

Menurut Ipung, sebenarnya proses pengerjaan rumah kurcaci di kawasan Rumah Seribu Batu Negeri Dongeng belum sepenuhnya rampung. Namun ternyata, di luar dugaan kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan, kebanyakan wisatawan datang untuk berfoto selfie.

Rumah Hobbit yang diharapkan akan mendatangkan banyak pengunjung (Pokdarwis Mangunan)Rumah Hobbit yang diharapkan akan mendatangkan banyak pengunjung (Pokdarwis Mangunan)


"Masih banyak yang belum dibangun, seperti taman kelinci, Hobitton, panggung amphiteater, dan patung kurcaci," paparnya.

Kini objek wisata ini menjadi primadona baru. Di setiap libur panjang seperti sekarang, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi ribuan wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tapi juga wisatawan luar daerah. "Jangan mengubah maupun merusak keindahan yang diciptakan tuhan, ini yang kami pegang dalam menata kawasan ini," tutupnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Air Terjun 'Love' di Baturraden

Selasa, 30 Mei 2017 15:40 WIB

Yang mudik nanti ke Baturraden di Jawa Tengah, wajib mampir ke Curug Jenggala. Di depan air terjunnya terdapat spot foto bersimbol Love. Ayo berpose di sini!

Stres di Bandara, Elus Anjing Saja

Selasa, 30 Mei 2017 13:15 WIB

Bandara-bandara di AS punya cara unik agar para penumpangnya tidak stres. Anjing-anjing yang menggemaskan akan berjalan-jalan, lalu boleh dielus siapa saja.