Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Apr 2017 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Cuma Sikunir, Dieng Juga Punya Sunrise Dahsyat di Gunung Prau

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Sunrise di Gunung Prau (Randy/detikTravel)
Foto: Sunrise di Gunung Prau (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Wonosobo - Sunrise emas Bukit Sikunir memang sangat populer di Dieng. Namun selain di Sikunir, traveler juga bisa melihat sunrise keren di Gunung Prau.

Bagi traveler pecinta alam, nama Gunung Prau di Wonosobo tentu sudah tidak asing di telinga. Memiliki ketinggian 2.590 mdpl, Gunung Prau juga dapat diakses oleh para pendaki umum pemula.

Selain medannya yang tidak terlalu sulit, Gunung Prau juga menjadi incaran banyak orang karena memiliki salah satu pemandangan sunrise yang keren. Keindahannnya pun tidak kalah dengan Bukit Sikunir.

Keindahan itu juga lah yang menarik detikTravel untuk singgah ke Dieng dan melakukan pendakian. Dipandu oleh seorang guide bernama Kiki, detikTravel pun mendaki Gunung Prau tepat hari Selasa kemarin (18/4/2017).

Tanpa menginap, detikTravel pun memilih untuk melakukan pendakian dari pagi hari. Tepat ketika jarum jam menunjukkan pukul 02.30 WIB, detikTravel memulai perjalanan dengan berjalan kaki lewat Jalur Dieng.

Panorama pagi dari puncak PrauPanorama pagi dari puncak Prau Foto: (Randy/detikTravel)
Pertama-tama traveler harus lebih dulu berjalan menuju base camp Dieng. Di sana, traveler harus mendaftar dan membayar retribusi sekitar Rp 10 ribu per orang. Setelah itu, barulah Anda bisa melakukan pendakian.

Secara total, ada tiga pos yang harus dilalui traveler sebelum mencapai Puncak Prau. Perjalanan akan dimulai dengan melewati perkebunan penduduk hingga menanjak masuk hutan.

"Perjalanan kurang lebih makan waktu dua sampai tiga jam," terang guide kami yang bernama Kiki.

Berhubung perjalanan dimulai saat hari masih gelap, senter pun menjadi kebutuhan utama. Sudah begitu, jalanan yang didominasi oleh tanah merah yang licin juga semakin mempersulit pendakian.

Sunrise perlahan tampakSunrise perlahan tampak Foto: (Randy/detikTravel)
Setelah sabar berjalan dengan segenap tenaga, detikTravel pun berhasil tiba ke puncak pada sekitar pukul 05.00 WIB. Sedikit lama karena kecepatan kaki yang santai.

Dari puncak Prau, tampak jelas pemandangan kota Dieng yang yang bermandikan cahaya. Latar belakang yang berupa pegunungan dan kabut tipis pun membuat pemandangan jadi lebih syahdu.

Setelah puas memotret dari puncak Prau, perjalanan pun kami lakukan menuju Bukit Teletubbies yang terletak di sisi lain Gunung Prau. Bahkan tak sedikit traveler yang rela nenda di Puncak Prau demi melihat sunrise.

Barisan tenda warna-warniBarisan tenda warna-warni Foto: (Randy/detikTravel)
Tepat sekitar pukul 06.45 WIB, detikTravel pun tiba di Bukit Teletubbies. Tampak banyak jajaran tenda warna-warni yang menghiasi Prau. Para penghuninya pun sudah keluar berhamburan, seiring dengan matahari yang kian meninggi.

Sambil malu-malu, perlahan sang surya mulai menunjukkan pendarnya di sisi Timur. Sinar matahari pun mulai menyinari rumput hijau. Tampak juga pemandangan beberapa gunung di sisi Timur.

"Kalau cerah itu kelihatan lima gunung, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu," ujar Kiki sembari menunjuk sisi Timur.

Panorama lima gunungPanorama lima gunung Foto: (Randy/detikTravel)
Beruntung langit sedang cerah saat detkTravel datang. Pemandangan lima gunung yang berdekatan itu pun tak ubahnya gundukan yang berjajar satu sama lain. Keindahannya pun makin menjadi dengan latar bukit hijau di bagian bawahnya.

Puas mengambil foto, detikTravel pun kembali ke Dieng dengan melewati jalur Dieng. Tentunya tidak butuh waktu lama untuk turun, hanya saja traveler harus berhati-hati karena jalanan yang sedikit licin. Adakah traveler yang tertarik untuk mendaki Gunung Prau? (rdy/krn)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED