Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Apr 2017 07:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ternyata Dieng Juga Punya 'Ranu Kumbolo'

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Telaga Dringo di Banjarnegara (Randy/detikTravel)
Telaga Dringo di Banjarnegara (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Jakarta - Traveler pecinta alam tentu mengenal Ranu Kumbolo di Semeru. Namun siapa sangka, Dieng bagian Banjarnegara juga punya danau yang tampak serupa.

Adalah Telaga Dringo yang terletak di Banjarnegara, tidak jauh dari komplek Candi Arjuna di Dieng. Sekilas melihat, bentuk telaganya memang tidak jauh beda dengan Ranu Kumbolo di Semeru.

Saking miripnya dengan Ranu Kumbolo, tak sedikit masyarakat sekitar dan traveler yang menjuluki Telaga Dringo dengan sebutan Ranu Kumbolo KW. Penasaran, detikTravel pun bertandang langsung ke Telaga Dringo pada Rabu pagi kemarin (19/4/2017).

Tepat pukul 05.00 WIB, detikTravel pergi dari penginapan menuju Telaga Dringo dengan menggunakan motor sewaan. Apabila dilihat lewat aplikasi peta digital di ponsel, jarak dari penginapan di dekat candi Arjuna ke Telaga Dringo diestimasi sekitar 34 menit.

Sebutannya adalah Ranu Kumbolo KW (Randy/detikTravel)Sebutannya adalah Ranu Kumbolo KW (Randy/detikTravel)


Layaknya pagi hari di Dieng, udara pada hari itu terasa dingin mencekik. Laju motor pun tidak bisa maksimal karena terganggu oleh udara dingin yang mendera. Alhasil, estimasi waktu untuk melihat sunrise di Telaga Dringo sedikit melesat.

Masih setengah jalan, perlahan sang surya mulai bangun dari peraduannya. Ingin rasanya memacu motor lebih cepat, tapi apa daya. Akses jalan menuju telaga yang berbatu pun semakin memudarkan harapan melihat sunrise.

Alhasil, saya pun tiba di Telaga Dringo sekitar pukul 07.00 WIB. Matahari pun sudah tampak meninggi, lebih tinggi dari bukit yang menjadi latar belakang Telaga Dringo. Namun walau begitu, kesan takjub dan kagum pun tidak bisa saya sembunyikan.

Bagaimana tidak, pemandangan Telaga Dringo yang berada di depan mata saya sungguh mirip dengan Ranu Kumbolo. Secara fisik, Telaga Dringo juga memiliki latar belakang berupa dua bukit yang serupa dengan Ranu Kumbolo. Tidak heran jika masyarakat menjulukinya sebagai Ranu Kumbolo KW.

Bentuknya mirip dengan Ranu Kumbolo (Randy/detikTravel)Bentuknya mirip dengan Ranu Kumbolo (Randy/detikTravel) Foto: (Randy/detikTravel)


Hal itu pun juga diungkapkan oleh salah satu traveler asal Pekalongan bernama Iqbal. Ia sendiri tengah liburan bersama dua temannya, setelah semalam sebelumnya kemping di salah satu sisi telaga.

"Di sini kan dijuluki dengan Ranu Kumbolo KW, itu ada bukit dua di tengah-tengahnya danau," ujar Iqbal.

Ditambahkan oleh Iqbal, bahwa ia pertama kali mengetahui keberadaan Telaga Dringo lewat teman hingga foto-fot yang bertebaran di Medsos. Padahal, Telaga Dringo boleh dibilang tidak terlalu populer di luar Dieng.

"Taunya dari teman, di sosmed fotonya juga banyak sih," cerita Iqbal.

Melihat keindahan Telaga Dringo yang sangat mirip dengan Ranu Kumbolo, kamera pun segera saya keluarkan. Tidak saya sia-siakan kesempatan untuk mengabadikan indahnya Telaga Dringo di pagi hari. (rdy/msl)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED