Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Apr 2017 19:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Purwaceng, Rahasia Vitalitas Pria Dieng

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Olahan purwaceng khas Dieng (Randy/detikTravel)
Olahan purwaceng khas Dieng (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Banjarnegara - Selain buah carica, olahan purwaceng juga ramai dicari oleh wisatawan ketika berlibur ke Dieng. Inilah rahasia vitalitas pria Dieng yang perkasa.

Liburan ke suatu tempat tidak lengkap tanpa beli oleh-oleh, tidak terkecuali di Dieng. Salah satu yang paling dicari adalah purwaceng yang hanya dapat dijumpai di daerah Dieng.

Oleh banyak orang, purwaceng dianggap sebagai minuman herbal yang berfungsi untuk meningkatkan vitalitas kaum pria. Di kalangan masyarakat Dieng, purwaceng ternyata sudah dikonsumsi sebagai minuman sejak lama.

"Dulu kan masyarakat Dieng minum purwaceng aja direbus," ujar pemilik toko oleh-oleh Tri Sakti asal Dieng, Sarodji pada detikTravel di tokonya, Rabu sore (19/4/2017)

Tumbuhan purwaceng khas Dieng (Randy/detikTravel)Tumbuhan purwaceng khas Dieng (Randy/detikTravel) Foto: Randy/detikTravel
Sebagai pemilik dan pelopor toko oleh-oleh di Dieng, Sarodji memang telah bergerak di bisnis pengolahan carica hingga olahan purwaceng sejak tahun 1990 silam. Dijelaskan oleh Surodji, kalau purwaceng baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi.

"Sebetulnya itu pria wanita bisa, fungsinya penghangat tubuh, tapi yang khusus tidak bisa wanita," ujar Sarodji.

Di tokonya, Sarodji pun membuat berbagai olahan berbahan dasar tumbuhan purwaceng. Ada minuman kopi dan susu purwaceng, keripik purwaceng hingga kapsul purwaceng.

Purwaceng yang sangat diminati (Randy/detikTravel)Purwaceng yang sangat diminati (Randy/detikTravel) Foto: Randy/detikTravel
Namun di antara semuanya, olahan purwaceng dalam bentuk sachetan hingga kapsul adalah yang paling diminati. Tak jarang Sarodji menerima orderan purwaceng dari luar Dieng.

"Banyak, kalau orang Jakarta itu banyak yang ngontak, saya paketkan," cerita Sarodji.

Untuk harga, satu kotak purwaceng berisi enam sachet dihargai Rp 40 ribu. Ada juga minuman purwaceng yang berbentuk seduhan akar seharga Rp 40 ribu/botol, hingga kapsul vitalitas pria seharga Rp 150 ribu. Adakah traveler dewasa yang ingin membelinya saat liburan ke Dieng? (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED