Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Apr 2017 13:32 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk Foto Kekinian di Punthuk Setumbu

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Spot foto kekinian di Punthuk Setumbu (Randy/detikTravel)
Foto: Spot foto kekinian di Punthuk Setumbu (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Magelang - Punthuk Setumbu di Magelang melejit lewat film AADC2 tahun 2016 lalu. Terlepas dari itu, bukit ini memang sangat Instagramable. Yuk, akhir pekan di sana!

Dahulu dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat Borobudur dengan sunrise di kejauhan, kini Punthuk Setumbu di Magelang bertransformasi menjadi lokasi napak tilas AADC2 hingga spot foto ala anak kekinian.

Ketika detikTravel berkunjung ke Punthuk Setumbu pada Minggu sore pekan lalu, (16/4/2017) tampak jelas kalau bukit ini telah berubah jadi tempat rekreasi hingga spot foto hipster kekinian.

Alih-alih mengambil foto Borobudur dengan latar berkabut dan mendung, detikTravel malah lebih tertarik untuk mengabadikan foto sejumlah wisatawan yang berfoto di sejumlah spot foto 'Instagramable' di Punthuk Setumbu.

"Awalnya tempat ini ramai orang asing, tahun 2006 baru mulai populer lewat fotogarfer dari Borobudur, tahun 2008 ikut lomba foto jadi juara dua, lalu makin populer lewat AAD2 baru-baru ini," ujar salah satu pengurus dan fotografer setempat, Khafi pada detikTravel di lokasi.

Ada spot foto kekinian di Punthuk Setumbu! (Randy/detikTravel)Ada spot foto kekinian di Punthuk Setumbu! (Randy/detikTravel)


Selain menyajikan panorama Borobudur di kejauhan, Punthuk Setumbu juga menyediakan opsi kedua sebagai spot foto kekinian. Contohnya seperti ayunan gantung hingga spot foto romantis berdua menghadap latar Perbukitan Menoreh dan hamparan sawah.

"Kalau spot foto ini si baru mas, yang mengelola masyarakat, Pemda belum ikut campur," tambah Khafi.

Wisatawan yang asyik selfie bareng (Randy/detikTravel)Wisatawan yang asyik selfie bareng (Randy/detikTravel)


Sore itu Punthuk Setumbu memang tidak ramai. Namun perhatian traveler yang datang lebih terfokus pada sejumlah spot foto buatan yang ada di sisi lain bukit. Semuanya pun tampak ceria untuk mengabadikan kebersamaan lewat selfie swafoto.

Bagi traveler yang tengah liburan ke Magelang akhir pekan ini, tentunya bisa mampir ke Punthuk Setumbu untuk berfoto kekinian. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk membayar retribusi masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

Ada traveler jomblo yang tertarik berfoto di sini? (Randy/detikTravel)Ada traveler jomblo yang tertarik berfoto di sini? (Randy/detikTravel)


Cara ke sana:

Dari pusat Borobudur bisa ditempuh dengan motor hingga mobil dengan durasi waktu sekitar 15-30 menit ke Jl Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo. Dilanjutkan dengan trekking sekitar 10 menit ke atas bukit. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED