Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Apr 2017 17:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mari Berziarah ke Makam Pejuang Emansipasi Wanita, RA Kartini

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Foto: (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Rembang - Menyambut Hari Kartini, tak sedikit traveler yang berkunjung ke makam sang tokoh perempuan pejuang emansipasi tersebut. Inilah makam RA Kartini di Rembang.

Dalam rangka Hari Kartini, Jumat (21/4/2017), menjadi momen tepat untuk mengenang jasa para pahlawan dan tokoh perempuan hebat. Jika sedang di Rembang, traveler bisa mengenang jasa salah satu pahlawan wanita yaitu RA Kartini dengan berkunjung ke makam dan museumnya.

RA Kartini sendiri merupakan pejuang emansipasi wanita yang disegani. Semasa hidup ia juga menulis buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang' yang fenomenal hingga ke luar negeri.

detikTravel berkesempatan berkunjung ke makam RA Kartini di Desa Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Makam ini biasanya memang paling banyak dikunjungi pada peringatan hari lahirnya yaitu 21 April. Jumlah pengunjungnya bisa mencapai ribuan.

Di komplek pemakaman ini tak hanya menjadi lokasi makam RA Kartini saja. Ada pula makam dari keluarga RA Kartini, Kanjeng Raden Mas Adipati Arjo Singgih Djojoadiningrat yang juga sebagai bupati pertama Rembang.

Di depan komplek makam berdiri sebuah patung RA Kartini. Kemudian traveler bisa berjalan masuk lewat gerbang yang kala itu tampak bercat putih.

Mari Berziarah ke Makam Pejuang Emansipasi Wanita, RA KartiniFoto: (Rangga/detikTravel)
Untuk ziarah makam tidak ada persyaratan khusus dan bisa didatangi setiap hari. Berziarah kemari pun tidak dipungut biaya, tapi terdapat sebuah kotak amal yang bisa diisi seikhlasnya oleh pengunjung.

Biasanya peziarah yang datang membaca surat Yasin atau tahlil di makam Kartini, serta tabur bunga. Jika datang tanpa persiapan, bisa meminjam surat yasin yang telah disediakan pengurus makam. Untuk bunga tabur juga ada penjualnya di sekitar makam.

Jika ingin memotret makam sebelum pulang ada aturan yang harus diikuti. Dilarang memotret sambil berdiri. Konon hal itu dianggap tidak menghormati RA Kartini. Baik yang memotret maupun orang yang ingin dipotret di dekat makam sebaiknya duduk atau berlutut. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Sangalaki, Si Cantik dari Derawan

Minggu, 30 Apr 2017 08:50 WIB

Kepulauan Derawan di Kaltim memiliki banyak pulau kecil. Salah satunya Sangalaki, yang pantainya berpasir putih dan ada penangkaran penyu. Cantik sekali!