Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Selasa, 02 Mei 2017 07:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Bule Telanjang Bertemu Mahluk Seram di Karimunjawa

Bona
Redaksi Travel
Pancuran Buri yang keramat (Bonauli/detikTravel)
Pancuran Buri yang keramat (Bonauli/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Karimunjawa - Di Karimunjawa ada pemandian yang dikeramatkan. Ada kisah turis asing melanggar pantangan dengan mandi telanjang dan melihat mahluk menyeramkan.

Traveling ke Taman Nasional Karimunjawa, tak lengkap tanpa cerita di balik indahnya tempat tersebut. Seperti cerita yang satu ini, kisah mistis Pancuran Buri.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjng ke Taman Nasional Karimunjawa atas undangan Kemenpar, pekan lalu. Menjelajahi sudut-sudut Karimunjawa atau Karjaw, detikTravel mendapatkan cerita soal Pancuran Buri.

Pancuran Buri adalah kolam alami yang berada dekat dengan Pantai Pancuran. Berada di jalur treking menuju pantai, Pancuran Buri akan mencuri perhatian traveler karena kecantikannya.

"Ini pancuran keramat, sejak dulu memang sudah keramat," ujar Maryoto, salah satu warga setempat.

Air pancuran mengalir sampai pantai (Bonauli/detiktravel)Air pancuran mengalir sampai pantai (Bonauli/detiktravel)

Menurut cerita, di pancuran ini sering terlihat sosok bayangan hitam besar yang berjalan melewati pancuran menuju pantai. Saking besarnya, yang bisa terlihat hanyalah kaki sampai batas pinggang.

"Bukan genderuwo, hanya sosok bayangan hitam besar. Dia ndak jahat. Biasanya cuma mau kenalan," jelas Maryoto.

Maryoto menambahkan, bahwa sosok tersebut hanya ingin berkenalan saja pada pengunjung yang ada di sekitar pancuran. Namun, karena sosoknya yang tinggi besar, jadi orang-orang yang berada di bawahnya tak bisa mendengar suara sosok tersebut.

Kalau benar keramat, apa ada pantangan di pancuran ini? "Pantangannya cuma satu, ndak boleh telanjang," kata Maryoto.

Maryoto, salah seorang warga setempat (Bonauli/detikTravel)Maryoto, salah seorang warga setempat (Bonauli/detikTravel)

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu ada dua orang turis asal Belanda yang datang berkunjung ke Pancuran Buri. Mereka sudah diperingatkan untuk tidak telanjang di tempat keramat ini.

"Sudah diberitahu boleh pakai baju renang tapi ndak untuk telanjang. Tiba-tiba waktu mereka mandi sosok bayangan besar itu datang lewat. Mereka lihat langsung kabur sampai pantai," papar Maryoto.

Traveler yang mau main basah-basahan di Pancuran Buri, dipersilakan untuk mandi atau sekedar foto-foto. Hati-hati barang bawaaan, karena di sekitar sini masih banyak monyet yang berkeliaran.

Tapi tetap patuhi aturan untuk tidak telanjang ya! (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.