Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Senin, 08 Mei 2017 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Bukti Soekarno Rancang Palangkaraya Jadi Ibukota Masa Depan

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Inilah Tugu Soekarno di Palangkaraya (Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)
Inilah Tugu Soekarno di Palangkaraya (Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)
Palangkaraya - Rencana pemindahan ibukota ke Palangkaraya kembali hangat diperbincangkan. Rencana itu sudah ada sejak era Soekarno. Buktinya tersimpan di Palangkaraya

Kalau traveling ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, traveler harus melihat Tugu Soekarno. Bertempat di Jalan S Parman, Kelurahan Palangka, Kecamatan Pahandut, tugu ini menyimpan kisah sejarah berdirinya Kota Palangkaraya.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Senin (8/5/207) Tugu Soekarno diresmikan Presiden Soekarno pada 17 Juli 1957. Peresmian tugu ini sekaligus sebagai tanda berdirinya Kota Palangkaraya, ibukota Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Pahandut hanyalah sebuah kampung belaka di tepi Sungai Kahayan. Namun visi Soekarno untuk mencari ibukota baru, telah mengubah takdirnya.

(Ipon Susanti/d'Traveler)(Ipon Susanti/d'Traveler)


Kala itu Presiden Soekarno memiliki ide besar untuk memindahkan ibukota Tanah Air ke Palangkaraya, sedangkan Jakarta sebagai pusat bisnis. Palangkaraya bisa dibilang areanya begitu luas.

Untuk kontur wilayahnya pun datar serta bebas gempa dan banjir. Dari Jakarta pun bisa ditempuh dengan pesawat sekitar 1 jam 20 menit saja. Hal ini disebut-sebut mendukung Palangkaraya sebagai ibukota yang baru.

Bukti Soekarno meniatkan Palangkaraya menjadi ibukota bisa dilihat dari monumen tersebut. Tugu Soekarno merupakan monumen dengan ornamen api di atasnya, yang memiliki makna semangat kemerdekaan dan membangun, serta 16 pilar kecil.
(Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)(Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)

Kemudian bentuk segi lima tugu melambangkan Pancasila yang mengandung makna Ketuhanan Yang Maha Esa. Tugu Soekarno pun menjadi salah satu destinasi wisata populer, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Palangkaraya.

Nah, dari sejak masa Presiden Soekarno pemindahan ibukota ini belum benar-benar terwujud. Setelah sempat lama tak terdengar, wacana pemindahan ibukota sempat kembali marak sekitar akhir Maret lalu.

Palangkaraya kembali digadang-gadang menjadi ibukota yang baru. Pemerintahan Jokowi mengungkapkan niat seriuas, tapi belum jelas betul kapan dan di sebelah mana Palangkaraya, ibukota baru ini akan bertempat.

(Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)(Edward Febriyatri Kusuma/detikTravel)


(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.