Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Senin, 08 Mei 2017 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Makin Kenal Suku Dayak di Museum Balanga

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Museum Balang di Palangkaraya (@museumbalanga/Instagram)
Museum Balang di Palangkaraya (@museumbalanga/Instagram)
Palangkaraya - Museum menjadi tempat terbaik untuk belajar budaya. Jika ingin mengenal budaya Suku Dayak, traveler bisa mampir ke Museum Balanga di Palangkaraya.

Diresmikan pada tahun 1990, museum yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM 2 Palangkaraya ini memang belum begitu populer. Bahkan masyarakat Kalimantan Tengah pun belum banyak yang sadar akan keberadaannya.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Asosiasi Museum Indonesia, Senin (8/5/2017), museum yang dikelola oleh pihak Pemrov Kalteng ini menampilkan berbagai koleksi barang hingga sejarah Suku Dayak.

Mulai dari awal masuk ke ruang pameran, traveler pun akan disuguhkan dengan suasana tradisional ala Suku Dayak. Fase kehidupan seorang Dayak dari awal lahir sampai mati pun diceritakan dengan jelas lewat sejumlah barang yang mewakili.

Koleksi senjata Suku Dayak (@museumbalanga/Instagram)Koleksi senjata Suku Dayak (@museumbalanga/Instagram)


Namun tidak hanya itu, terdapat juga sejumlah alat upacara adat hingga senjata tradisional Dayak seperti Sumpit, Duhung dan Mandau. Tak lupa juga, miniatur Rumah Betang yang merupakan rumah tradisional Suku Dayak yang memanjang dan berbentuk rumah panggung.

Selain itu, dapat dilihat juga ribuan buah senjata sitaan yang digunakan saat terjadi konflik etnis di Sampit pada tahun 2001 silam. Senjata itu pun menjadi saksi bisu dari kejadian berdarah kala itu.

Miniatur Rumah Betang (@museumbalanga/Instagram)Miniatur Rumah Betang (@museumbalanga/Instagram)


Traveler yang datang berkunjung juga bisa mampir ke bagian perpustakaan untuk mencari info lebih detil. Jika ingin lebih, bisa juga menyewa jasa pemandu museum.

Museum Balanga pun buka setiap hari kecuali Minggu. Pada hari Senin-Kamis buka dari pukul 07.00-14.00 WIB, Jumat pada pukul 07.00-11.30 dan Sabtu pada pukul 07.00-12.30 WIB. Harga tiket masuknya cukup Rp 2.500/orang. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.