Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mei 2017 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Seram Punya Danau Berasap yang Jarang Orang Tahu

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Danau Ninivala di Gunung Binaiya (dok. Ericks Rachmat Swedia)
Danau Ninivala di Gunung Binaiya (dok. Ericks Rachmat Swedia)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Seram - Keajaiban alam di Indonesia masih banyak yang belum diketahui orang lho. Di Pulau Seram, Maluku ada mendidih dan selalu berasap setiap hari.

Danau Ninivala namanya yang berada di Gunung Binaiya di Pulau Seram, Maluku. Airnya biru bersih dengan dikelilingi hutan lebat di sekitarnya

Danau Ninivala ini pernah diceritakan pendaki Ericks Rachmat Swedia kepada detikTravel saat dia mendaki Gunung Binaiya. Pertama, traveler harus menyeberang dulu naik boat dari Ambon ke Pulau Seram.

Di Pulau Seram, dua jalur pendakian ke Gunung Binaiya, lewat Desa Kanike atau Desa Piliana. Nah, kalau mau ke Danau Ninivala, pilihlah rute Desa Piliana. Jalur pendakiannya bisa sekalian mampir ke danau ajaib ini.

Danau Ninivala yang tampak berasap (dok. Ericks Rachmat Swedia)Danau Ninivala yang tampak berasap (dok. Ericks Rachmat Swedia)

Danau Ninivala itu airnya biru banget dan segar. Sumber airnya dari bawah tanah, mata air dan membentuk aliran seperti sungai.

Namun ada yang ajaib di permukaan airnya. Jika danau-danau pada umumnya memiliki permukaan air yang relatif tenang, maka tidak di Danau Ninivala. Banyak gelembung air dan juga berasap!

Gelembung udara dari dalam air (dok. Ericks Rachmat Swedia)Gelembung udara dari dalam air (dok. Ericks Rachmat Swedia)

Gelembungnya diduga gas atau udara yang keluar dari mata air. Sedangkan asapnya adalah embun yang muncrat dari gelembung bertemu hawa yang lebih hangat sehingga seperti berasap.

Tak hanya itu, tepat di tengah-tengah danaunya terdapat dua pohon yang berdiri tegak. Suatu pemandangan yang unik, tapi ternyata ada mitos di baliknya. Masyarakat setempat percaya bahwa barang siapa yang berenang di sana sambil memikirkan seseorang yang dicintainya, konon bisa mendapat jodoh.

Traveler yang singgah ke danaunya, dipersilakan untuk mencuci muka atau bermain air. Tapi ingat, harap dijaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi mencorat-coret bebatuannya.

Pohon dengan mitos cinta (dok. Ericks Rachmat Swedia)Pohon dengan mitos cinta (dok. Ericks Rachmat Swedia)
(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED