Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mei 2017 07:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Puncak, Ini Kebun Teh di Jawa Tengah

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Kebun Teh Kemuning di Karanganyar, Jawa Tengah (Wahyu/detikTravel)
Kebun Teh Kemuning di Karanganyar, Jawa Tengah (Wahyu/detikTravel)
Jakarta - Liburan ke Jawa Tengah, kamu bisa merasakan sensasi sejuk ala kawasan Puncak Bogor. Ada Kebun Teh Kemuning yang sangat eksotis tapi luput dari perhatian.

Kebun Teh Kemuning berlokasi di Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Kebun teh ini berada di ketinggian 800-1540 mdpl. Karena letaknya yang berada di atas ketinggian inilah, cuaca di Kemuning sangat sejuk, bahkan cenderung dingin.

Destinasi ini pun sangat cocok untuk lokasi liburan bareng keluarga. Merilekskan pikiran, melihat hijau-hijau sejauh mata memandang, stress pun hilang.

detikTravel berkunjung ke Kebun Teh Kemuning beberapa pekan lalu untuk mengekplorasi keindahan Jawa Tengah bersama Kementerian Pariwisata. Berjarak kurang lebih 28 Km dari Kota Solo, Kemuning bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan mobil pribadi.


Pemandangan Kebun Teh Kemuning (Wahyu/detikTravel)Pemandangan Kebun Teh Kemuning (Wahyu/detikTravel)


Medan yang harus ditempuh menuju ke Kemuning, tak jauh berbeda dengan medan yang ada di Kawasan Puncak. Jalanan berkelak-kelok juga naik dan turun, jadi pemandangan yang biasa. Yang bikin luar biasa adalah, sejauh mata memandang, kita bisa melihat hamparan kebun teh hijau yang bikin segar indera penglihatan.

Kebun Teh Kemuning ini bisa dinikmati traveler secara cuma-cuma, alias tidak perlu membayar tiket masuk. Namun untuk beragam fasilitasnya, traveler wajib mengeluarkan uang ekstra. Ada aktivitas outdoor yang bisa dicoba, mulai dari naik ATV, main flying fox, hingga paralayang.

Tarifnya tentu saja berbeda-beda, dari mulai Rp 20 ribu untuk flying fox hingga Rp 350 ribu untuk main paralayang. Traveler juga bisa bersepeda mengelilingi kebun teh Kemuning di Dusun Sumbersari. Rute ini sangat direkomendasikan untuk traveler karena jalurnya relatif landai dan menurun.

Hijau sejauh mata memandang (Wahyu/detikTravel)Hijau sejauh mata memandang (Wahyu/detikTravel)


Tak lengkap berkunjung ke Kebun Teh Kemuning tanpa menyicipi sedapnya seduhan daun teh yang dipanen di kebun ini. Sepanjang jalur Kebun Teh Kemuning, ada banyak kafe buat ngeteh sore-sore yang sangat menarik. Beberapa di antaranya adalah Bale Branti, Resto Kemuning Indah dan Ndoro Dongker.

Traveler bisa menyicipi seduhan teh pilihan, sambil makan jajanan ringan macam pisang goreng dan teman-temannya. Ditemani obrolan santai bersama teman-teman, rasanya melewatkan sore di Kemuning akan sangat menyenangkan.

Kebun teh ini cocok banget buat refreshing (Wahyu/detikTravel)Kebun teh ini cocok banget buat refreshing (Wahyu/detikTravel)


Sebenarnya dari sekian banyak tempat nge-teh di sekitar Kemuning, detikTravel paling penasaran dengan Ndoro Dongker. Soalnya desainnya kekinian banget, dan asyik buat nongkrong sekaligus foto-foto. Sayang karena keterbatasan waktu, detikTravel tidak jadi mampir, mungkin di lain kesempatan.

Traveler yang ingin berakhir pekan menyenangkan bisa mengunjungi Kebun Teh Kemuning untuk menghilangkan penat. Jangan lupa foto-foto, dan diunggah di sosial media biar makin hits dan kekinian. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Wanita Cantik Panama dan Indonesia

Jumat, 26 Mei 2017 19:30 WIB

KBRI Panama City baru saja mengundang para selebgram dan public figure dari Panama ke Indonesia. Berikut foto-foto traveling mereka di tempat wisata Indonesia.