Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Des 2014 14:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menengok Cagar Budaya Peninggalan Kerajaan Ketekesu di Toraja

detikTravel
Rumah khas Toraja, cagar budaya di sana (Edward/detikTravel)
Jakarta - Ingin wisata sejarah, Indonesia punya berlimpah. Salah satunya cagar budaya kerajaan Ketekesu di Kabupate Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Seperti apa cagar budayanya?

Pagi ini tim adventure Lovely Desember bersama CSR PT Sewatama mendatangi peninggalan cagar budaya dari kerajaan Ketekesu. Lokasi berjarak 5 km dari Desa Morante dengan waktu tempuh tidak sampai 30 menit. Cagarbudaya kerajaan Ketekesu sendiri menawarkan obyek wisata Tongkonan milik marga Sarungallo dan Bukit Malilli yang merupakan kuburan bagi komunal mereka.

Perlu diketahui Tongkonan sendiri merupakan satuan komunitas atau komunal yang lengkap dengan sistem pemerintahannya. Tongkonan sendiri biasa digunakan masyarakat Toraja untuk upacara adat dan tempat kumpul keluarga.

Untuk dapat menikmati pemandangan atau obyek wisata di Tongkonan di Ketekesu. Cukup membayar restribusi Rp 10.000 wisatawan sudah bisa masuk. Dengan kocek segitu, traveler juga bisa melihat isi musem peninggalan kerajaan Ketekesu dari Marga Sarungallo.

Tak hanya sampai di museum, tim Adventure Lovely Desember bersama CSR PT Sewatama juga mendatangi Bukit Malilli merupakan kuburan bagi Marga Sarungallo. Traveler pun dapat melihat tulang belulang nenek moyang marga Sarungallo.

Penasaran kisah selanjut, nantikan reportase detikTravel bersama PT Sewatama di Tanah Toraja, Sulawesi Tenggara.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA