Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2015 15:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Dia Kereta Wisata Paling Mahal & Mewah di Indonesia

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Sofa mewah di Kereta Nusantara (Indorail Tour)
Jakarta - Salah satu cara untuk menikmati wisata mewah di Indonesia adalah dengan naik kereta. Jangan salah, PT Kereta Api Pariwisata memiliki kereta wisata dengan fasilitas yang wah dan paket wisata yang menarik. Mau coba?

PT Kereta Api Pariwisata (Indorail Tour) berdiri pada 2009 dan menyediakan kereta mewah untuk para traveler yang ingin menikmati perjalanan jarak jauh dengan kereta. Mereka menawarkan paket-paket wisata menggunakan kereta, serta layanan khusus dengan gerbong mewah yang mengikuti perjalanan reguler kereta.

Namanya juga kereta wisata, gerbongnya pun tentu tidak sama dengan kereta biasa. Mereka memiliki sejumlah tipe gerbong dengan aneka fasilitas yang luks dan memanjakan traveler. Ada yang tempat duduknya sedikit tapi punya kamar tidur, atau tempat duduknya banyak tapi tanpa tempat tidur.

Terserah traveler mau pilih yang mana. Kereta wisata memang paling enak disewa beramai-ramai oleh keluarga besar atau perusahaan untuk acara outing dan liburan. Yuk kita lihat profilnya satu persatu seperti dijelaskan dalam situs resmi Indorail Tour, Kamis (23/4/2015).

Kereta Nusantara memiliki kapasitas tempat duduk untuk 19 orang berwujud 6 set sofa mewah, ruang pantry, satu kamar tidur untuk dua orang dengan kaca rias dan wastafel, audio/video, serta ruang khusus bagasi. Interiornya menggambarkan aneka pernak-pernik seni keindahan Nusantara.

Kereta Bali memiliki interior dengan nuansa budaya Bali. Kereta ini memiliki 22 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dan 6 tempat duduk di ruangan khusus kompartemen. Kereta Bali dilengkapi dengan mini bar, toilet, audio video dan tentunya AC.

Lalu, ada pula Kereta Toraja dengan desain interior ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Kereta Toraja memiliki kapasitas 22 tempat duduk berupa 6 tempat duduk dalam kompartemen dan 16 tempat duduk dalam format 2-2 sebanyak 4 baris di ruang utama. Fasilitas lainnya ada mini bar, toilet, audio/video seperti halnya Kereta Bali.

Sedangkan Kereta Jawa dengan desain interior khas Jawa memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 20 orang. Ada juga kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel. Tersedia mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga. Fasilitas audio/video dan AC juga ada di kereta ini.

Kereta Sumatera bercorak sama dengan kereta wisata Jawa. Namun Kereta Sumatera tidak dilengkapi kamar tidur, tapi diganti dengan ruang privat yang dilengkapi fasilitas audio-video untuk berkaraoke atau menonton film. Kereta Sumatera memiliki kapasitas 22 penumpang. Ada mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Untuk model terbaru ada Kereta Imperial. Bedanya, tidak ada sofa seperti 5 tipe kereta sebelumnya, melainkan 20 tempat duduk ala captain seat yang bisa direbahkan 135 derajat. Konfigurasinya 2-1 untuk setiap baris. Kereta Imperial dilengkapi dengan toilet, mini bar, karaoke, power socket dan bagasi.

Nah, yang paling canggih adalah Kereta Priority. Desainnya mirip Imperial tapi dengan kapasitas 28 penumpang dalam konfigurasi 2-2 setiap barisnya. Yang canggih adalah fasilitas Video on Demand dengan layar sentuh yang ada di setiap tempat duduk. Jadi mirip kursi pesawat terbang bukan? Fasilitas lain yang ada di Imperial, juga ada di sini yaitu toilet, mini bar, karaoke, power socket dan bagasi.

Nah, berapa sih harga sewanya? Kereta wisata bisa diberangkatkan dari Gambir, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Rutenya mengikuti rute kereta reguler. Harganya berbeda-beda bergantung rute ke berbagai kota besar di Jawa, weekday, weekend, musim liburan Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Paling murah adalah rute Gambir-Bandung yaitu Rp 14 juta untuk weekday. Sedangkan yang paling mahal adalah rute Gambir-Surabaya, Gambir-Malang dan Bandung-Malang untuk libur Lebaran dengan harga Rp 31,9 juta. Ini adalah harga sekali jalan, wow!

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA