Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jul 2015 10:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aja Klalen, 5 Objek Wisata di Cirebon Saat Pulang Kampung

Afif Farhan
detikTravel
1

1. Keraton Kasepuhan

Halaman 2 dari 6

(Fitraya/detikTravel)

Rasanya, belum lengkap kalau datang ke Cirebon tapi belum datang ke Keraton Kasepuhan. Berdiri sejak tahun 1452 oleh Pangeran Cakrabuana alias Mbah Kuwu Cirebon, di sinilah pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon yang menyimpan banyak sejarah.

Sudah pasti, terdapat banyak benda-benda peninggalan bersejarah milik Kesultanan Cirebon yang akan kamu lihat. Seperti Kereta Singa Barong, yang usianya sudah 400 tahun lebih. Bentuknya adalah perpaduan dari empat binatang, bagian tubuh dan kakinya yang menyerupai singa, belalai gajah, sayapnya burung garuda, dan mulutnya adalah mulut naga yang menyeringai.

Kereta Singa Barong masih asli bentuknya. Di zaman dulu, sering digunakan oleh keluarga kerajaan untuk berpergian atau menghadiri acara besar. Satu lagi, kereta tersebut adalah yang tercanggih di zamannya karena sudah dilengkapi dengan suspensi, shockbreaker, power steering, dan bahkan bisa berbelok 90 derajat layaknya mobil. Keretanya pun digerakan oleh 4 kerbau bule atau albino.

Yang magis-magis, juga ada di sana seperti lukisan Prabu Siliwangi. Perhatikanlah matanya, yang akan mengikuti kemana pun Anda melangkah. Konon katanya, sang pembuat lukisan tersebut mendapat wangsit langsung dari Prabu Siliwangi.

Masih banyak barang-barang bersejarah di sini. Bentuk keratonnya yang masih asli dan terawat, juga dapat menjadi objek foto yang menarik. Tiket masuk ke dalamnya sebesar Rp 15 ribu, yang mana masuknya melalui e-ticketing dan bisa didapat di situs www.royalkasepuhancirebon.com.

(rdy/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA