Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2015 14:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rute Asyik Jelajah Belitung 3 Hari 2 Malam

Afif Farhan
detikTravel
1

1. Hari pertama pagi: SD Laskar Pelangi

Halaman 2 dari 7

(Sastri/detikTravel)
(Sastri/detikTravel)

Kita asumsikan, kamu bermalam di Tanjungpandan. Ibukota dari Kabupaten Belitung yang mana banyak terdapat penginapan dari hotel berbintang sampai hotel kelas melati. Sebelum jalan-jalan mengelilingi Belitung, ada baiknya kamu menyewa mobil terlebih dulu dikarenakan tidak adanya kendaraan umum. Harga sewa mobil mulai dari Rp 550 ribu per hari dan untuk motor, Rp 75 ribu.

Tujuan pertama kita di pagi hari adalah replika SD Muhammadiyah Gantong yang tertera dalam novel dan film 'Laskar Pelangi'. Kamu pasti ingat, bentuk bangunan sekolahnya yang hanya terbuat dari kayu, beratapkan dan sangat sederhana. Inilah gambaran bangunan sekolahnya!

SD Muhammadiyah tersebut dibangun ketika proses syuting film 'Laskar Pelangi'. Sedangkan bangunan sekolah aslinya, ternyata sudah runtuh termakan waktu.

Meski merupakan replika, beberapa bagian replika ini diambil dari SD Muhammadiyah yang asli. Hanya ada 1 bangunan dengan 3 ruang kelas. Bagian luar didominasi warna putih dan biru, sementara bagian dalamnya ada bangku-bangku kayu yang beralaskan tanah. Kamu bisa mengintip bagian dalamnya dan meresapi bagaimana kehidupan para 'Laskar Pelangi'.

Karena terletak di Belitung Timur, butuh sekitar 1-2 jam perjalanan darat dari Kota Tanjungpandan. Kamu harus mengambil belokan ke kanan di ujung perkampungan Gantong, kemudian menyusuri tepian danau. Replika SD Muhammadiyah, yang kini dikenal sebagai SD Laskar Pelangi terletak di atas bukit pasir.

Sejak film 'Laskar Pelangi' masuk layar lebar pada 2008, tempat ini memang selalu dikunjungi wisatawan. Bangunan ini diresmikan sebagai Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi pada 27 November 2010, dihadiri oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal serta penulisnya sendiri, Andrea Hirata.

(shf/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA