Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata 2 Hari di Pontianak, Ini Pilihan Destinasinya

3

3. Masjid Al Jihad

Halaman 4 dari 7

(Merza Gamal/d'Traveler)

Beranjak sore, traveler bisa menghabiskan momen di Masjid Al Jihad yang memiliki perpaduan arsitektur dari berbagai macam etnis, yaitu Dayak, Tionghoa dan Jawa. Masjid Al Jihad lokasinya berada di persimpangan Jl Gusti Johan Idrus dan Jl Sultan Abdurrahman.

Dibangun sejak tahun 1964, masjid yang berdiri di lahan seluas 700 m2 ini menjadi landmark yang melambangkan persatuan aneka etnis yang hidup rukun dan damai di Kalimantan Barat. Itu bisa dilihat dari arsitektur bangunan yang merupakan kombinasi dari ketiga etnis di sana.

Unsur Melayu masjid tampak pada rangka bangunan utama dengan 2 tangga di samping kanan dan kiri serambi, ukirannya pun kental dengan nuansa Melayu dan Dayak. Dari Jawa, unsurnya terlihat pada ukiran di tiang tangga. Tidak ketinggalan pula ciri khas budaya China di setiap sudut atap masjid yang berbentuk kepala naga.

Masjid berarsitektur unik ini bisa jadi pilihan bagi traveler untuk beristirahat sejenak, sembari beribadah untuk mengingat Tuhan. Jangan lupa untuk mampir ke masjid ini jika berkunjung ke Pontianak, Kalbar.

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA