Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Okt 2015 14:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Santai Akhir Pekan di Malang & Batu

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Kerangka Dinosaurus di Museum Satwa Jatim Park 2 (Martha Simandjuntak/d'Traveler)
Kerangka Dinosaurus di Museum Satwa Jatim Park 2 (Martha Simandjuntak/d'Traveler)
Batu - Kota Malang dan Batu menjadi destinasi liburan favorit para wisatawan terutama dari Surabaya. Ada banyak pilihan destinasi untuk santai akhir pekan di sana.

Setidaknya ada 5 destinasi yang bisa traveler kunjungi akhir pekan ini untuk bersantai ria. Dari Museum Angkut hingga Toko Oen, semuanya akan meninggalkan kesan yang mendalam akan Kota Batu dan Malang. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (15/10/2015), inilah ke-5 destinasi tersebut:

1. Museum Angkut


(Mifta Kharimah/d'Traveler)

Destinasi pertama yang bisa traveler kunjungi di Batu adalah Museum Angkut. Museum satu ini memang begitu unik dan langsung mendapat memikat hati para pecinta otomotif maupun orang awam. Penyebabnya tentu saja karena koleksi mobil tua dan antiknya yang begitu menarik.

Harga untuk memasuki museum Angkut sekitar Rp 90.000 per orang untuk tiket terusan, sedangkan untuk tiket biasa dipatok sebesar Rp 80.000. Dengan tiket terusan, traveler dapat berkunjung ke Pasar Apung dan Museum D'Topeng.

Traveler bisa melihat aneka mobil antik dari masa ke masa, lengkap dengan keterangan tahun produksi dan sejarahnya di lantai 1 museum. Sementara di lantai 2 berisi alat transportasi lokal, seperti becak dan andong.

Ada beragam wahana juga yang bisa kita nikmati di Museum Angkut ini. Wahana itu seperti Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Batavia, Zona Inggris, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Italia, Zona Hollywood, dan Zona Perancis. Dijamin seru!

2. Jatim Park


(Martha Simandjuntak/d'Traveler)

Kota Batu juga punya destinasi serupa Dufan di Ancol, Jakarta. Destinasi tersebut tentu saja Jatim Park, yang terdiri atas Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Meskipun ada 2, namun pesonanya serupa dan tak kalah menggoda traveler.

Jatim Park 2 terdiri dari Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo ini memiliki berbagai hewan yang nyaris punah dan dilindungi. Hewan-hewan ini banyak yang didatangkan dari belahan bumi lain seperti dari benua Afrika dan Amerika Selatan.

Batu Secret Zoo juga dilengkapi dengan waterparks dan taman rekreasi. Sementara Museum Satwa berisi aneka koleksi satwa awetan, hingga kerangka dinosaurus yang keren! Harga tiketnya Rp 105.000 per orang.

Jatim Park 1 juga tak kalah menarik, aneka permainan dan wahana miniatur berbagai daerah di Indonesia mulai dari barat sampai ke timur, menjadi atraksi tersendiri. Wahana yang memacu adrenalin pun ada. Sayang jika traveler ke Batu tanpa ke Jatim Park 1 dan 2!

3. Omah Kayu


(Instagram/@_kuswana)

Selanjutnya ada destinasi yang sedang hits di kalangan anak muda Kota Malang. Apalagi kalau bukan Omah Kayu. Bisa dibilang, tempat ini sangat kekinian dan sering disebut traveler dengan istilah Instagram-able banget!

Banyak anak muda Malang yang menggunggah fotonya sedang liburan di Omah Kayu. Tetapi sebenarnya, apa sih Omah Kayu ini? Ternyata, Omah Kayu ternyata adalah sebuah tempat wisata berupa rumah-rumah pohon yang terletak di daerah Gunung Banyak, sekitar 25 Km dari kota Malang.

Suasana Omah Kayu yang terletak di atas ketinggian sekitar 1.000 mdpl ini terlihat sangat indah. Apalagi saat malam, sejuk dan asrinya pemandanga pasti akan membuat Anda tak mau pulang. Traveler juga bisa menyewa salah satu dari pondok Omah Kayu untuk menginap, harganya sekitar RP 250 ribu untuk weekdays dan Rp 350 ribu untuk weekend.

Namun buat traveler yang hanya ingin sekadar foto-foto diperbolehkan untuk memasuki kawasan setelah membayar harga tiket sebesar Rp 5.000 saja. Fasilitas yang bisa didapatkan bila traveler menginap antara lain pemandian air panas, serta mendapat 2 buah tanaman untuk ditanam di sekitar area pepohonan. Kegiatan ini sifatnya wajib sesuai aturan pemilik destinasi Omah Kayu untuk melestarikan lingkungan sekitar. Wah, seru banget!

4. Batu Night Spectacular


(Putri/detikTravel)

Traveler yang akhir pekan ini berkunjung ke Kota Batu, jangan lupa mampir ke alun-alun dan ke Batu Night Spectacular (BNS). Ada wisata kuliner yang menggoyang lidah, atraski air mancur joget hingga taman lampion yang indah. Harga tiketnya Rp 30.000 per orang.

Main di Batu Night Spectacular, Kota Batu, jangan terlalu cepat pulang. Setiap pukul 20.30 WIB, pertunjukan air mancur joget nan memukau siap disuguhkan menghibur setiap pengunjung yang datang. Batu Night Spectacular memang identik dengan berbagai wahana permainan yang seru, seperti sepeda angin, taman lampion hingga rumah hantu.

Namun selain itu, taman bermain yang buka mulai sore hingga tengah malam ini juga punya pertunjukan yang tak kalah seru, yakni pertunjukan air mancur. Sekitar 15 menit pertunjukan air terjun disuguhkan. Semua pengunjung dijamin akan terpuaskan, itu bisa dibuktikan dari tepukan tangan yang terdengar meriah usai pertunjukan. Seru!

5. Toko Oen


(Fitraya/detikTravel)

Terakhir, ada Toko Oen di Malang yang sudah sangat melegenda. Toko yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini menyuguhkan hidangan es krim yang sudah demikian tersohor di kalangan traveler. Rasanya tentu saja sangat otentik karena menggunakan bahan-bahan berkualitas dan resepnya tidak berubah dari masa ke masa.

Toko Oen bisa jadi destinasi traveler untuk berwisata kuliner tempo dulu ala kolonial Belanda. Selain itu, traveler bisa duduk-duduk sambil makan kue, atau es krim, serta kopi bersama dengan teman-teman. Suasana santai sore pasti akan tambah berkesan jika dihabiskan di Toko Oen. Selamat mencoba!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED