Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2015 18:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Heboh di Medsos, Danau Kaolin Bangka Kini Disebut Mirip Islandia

Danau Kaolin yang seperti di Islandia (Facebook/Prima H Sutiyono)
Danau Kaolin yang seperti di Islandia (Facebook/Prima H Sutiyono)
Bangka - Baru-baru ini, Danau Kaolin di Bangka naik daun di medsos. Danau biru ini kini disebut-sebut mirip Islandia karena foto traveler yang tersebar di jejaring sosial.

Danau Kaolin adalah sebutan warga lokal Bangka untuk danau bekas galian tambang Kaolin. Danau-danau ini tersebar di beberapa lokasi di dua pulau tersebut. Danau Kaolin di Pulau Bangka dikenal sebagai Camoi Aek Biru.

Baru-baru ini, seorang traveler memposting foto dirinya di tepi danau tersebut. Sambil mengenakan jaket, dia tampak seperti berada di wilayah bersalju! Foto danau ini pun menjadi viral di medsos.

"Ini bukan di Iceland atau belahan dunia yang memiliki salju. Ini masih di Indonesia, di Pulau Bangka, tepatnya di Desa Air Bara, perbatasan Kabupaten Bangka Tengah dan Selatan," begitu penjelasan Prima H Sutiyono, traveler yang meng-upload fotonya lewat Facebook seperti dikutip detikTravel, Kamis (5/11/2015).

Dalam foto tersebut, pinggiran Danau Kaolin tampak berwarna putih dan tampak seperti hamparan salju. Prima menegaskan dalam Facebooknya, foto-foto yang diunggah adalah tanpa editan sama sekali.

"Saat melihat foto-foto di socmed, saya pikir tempat sebagus ini hanyalah efek kamera atau hasil editan sehingga terlihat jadi indah. Setelah didatangi, Kaolin memang benar-benar indah. Airnya biru jernih, tanah/pasir di sekelilingnya putih terlihat seperti hamparan salju," paparnya di Facebook.

Tak sedikit d'Traveler alias travel blogger detikTravel yang sudah berkunjung ke danau tersebut. Camoi Aek Biru berjarak sekitar 50-70 Km dari Kota Pangkalpinang, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Mencapai lokasi ini pun cukup mudah. Beberapa meter sebelum memasuki pemukiman warga di Desa Air Bara, berbelok ke arah barat di Simpang Bemban. Danau Kaolin itu terhampar beberapa ratus meter setelahnya, di sebelah kiri jalan.

Danau Kaolin ini memang belum ramai wisatawan. Namun, tak ada pula papan petunjuk atau plang penanda keberadaan Danau Kaolin. Padahal tanah di sekitaran danau cukup rentan longsor jika terinjak. Traveler harus berhati-hati.

Sebelumnya, para traveler membandingkan Danau Kaolin ini dengan Kawah Putih Ciwidey. Namun sejak ada kehebohan di medsos, sebutannya bertambah lagi yaitu mirip dengan Islandia.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED