Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Mei 2016 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Asyik di Jailolo, Keliling Kota Naik Bentor

Redaksi Travel
Yuk naik bentor di Jailolo (Esty/detikTravel)
Yuk naik bentor di Jailolo (Esty/detikTravel)
Jailolo - Pulau Jailolo di Maluku Utara terkenal akan keindahan gunung dan lautnya. Namun, belum puas rasanya jika belum mencoba kendaraan umum di sana yang cukup unik: bentor.

Bentor merupakan singkatan dari kata becak motor. Kendaraan tersebut mirip seperti becak dan dirakit dengan menambahkan kendaraan bermotor jenis sepeda motor di bagian belakangnya.

Bentor mulai digunakan masyarakat Jailolo sebagai alat transportasi umum sejak 3 tahun yang lalu. Awalnya karena angkot alias angkutan umum di sana sangat sedikit dan hanya melayani jarak jauh saja.

Pemerintah setempat pun berinisiatif membeli Bentor dari Gorontalo dan menjadikannya sebagai kendaraan umum di Jailolo untuk memudahkan aktivitas masyarakat. Sekaligus memberi lapangan pekerjaan bagi warga yang masih pengangguran.


Bentor di jailolo (Esty/detikTravel)

Bentor di Jailolo ini sangat unik karena didesain dengan berbagai bentuk dan warna-warna yang cukup menarik. Mulai dari yang berbentuk Hello Kitty, mobil balap dan masih banyak lagi.

Penumpang juga akan dihibur dengan berbagai alunan musik yang siap diputarkan oleh sopir Bentor. Selain itu, saat hujan turun penumpang tidak perlu merasa khawatir basah karena terkena cipratan air hujan. Sopir Bentor sudah menyediakan pintu penghalang khusus agar penumpang terlindungi dari hujan.

Nah, bagaimana dengan tarifnya? Tarifnya pun cukup murah, berkisar antara Rp 5 ribu-20 ribu tergantung jarak jauh atau dekatnya. Naik Bentor di ibu kota Halmahera Barat ini memang banyak bonusnya. Bonus musik dan tentunya pemandangan indah Jailolo.

(shf/arradf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.