Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mei 2016 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pura Cantik Bali yang Jadi Inspirasi di Uang Pecahan Rp 50.000

Pura Ulun Danu Beratan di uang Rp 50.000 (Darwance Law/d'Traveler)
Tabanan - Sejumlah destinasi di Indonesia seringkali jadi inspirasi untuk mata uang rupiah. Di Bali misalnya, ada Pura Ulun Danu yang menghiasi uang pecahan Rp 50.000.

Berkunjung ke Bali belum lengkap kalau belum menuju pura yang ada di gambar uang Rp 50.000. Adalah Pura Ulun Danu di daerah Tabanan, pura cantik di tepi Danau Beratan yang menghiasi uang lembaran biru.

Pura Ulun Danu Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Pura ini merupakan pura terbesar kedua setelah Pura Besakih. Letaknya yang tinggi yaitu 1.239 di atas permukaan laut menjadikan Pura Ulun Danu memiliki hawa sejuk, yakni di bawah 25 derajat Celsius.

Mengapa dinamakan Ulun Danu? Oleh karena, Pura ini digunakan sebagai tempat diadakannya upacara untuk Dewi Danu (Dewi air, danau dan sungai). Dewi Danu merujuk kepada sosok Dewi Parwati atau istri Dewa Siwa.

Pura Ulun Danu Beratan yang jadi ikon Bali (Darwance Law/d'Traveler)
Bangunan pura itu pun sangat kental akan ciri khas Bali, tampak dari jumlah atap bertingkat yang berbeda–beda. Ada pura dengan atap tingkat 11 (pemujaan untuk Dewa Wisnu), atap tingkat 7 (pemujaan untuk Dewa Brahma) dan atap tingkat 3 (Dewa Siwa). Tiga dewa ini dikenal sebagai Dewa Trimurti.

Biasanya traveler datang ke Pura Ulun Danu Beratan sambil membawa uang pecahan Rp 50.000 untuk membandingkan. Tidak sedikit juga yang berfoto dengan latar pura sambil memegang uang pecahan Rp 50.000.

Lokasinya berada di daerah Tabanan (Darwance Law/d'Traveler)
Tapi jika belum punya waktu untuk melihat Pura Ulun Danu Beratan, traveler bisa melihatnya di situs Ekspedisi Langit Nusantara. Lewat mata dua drone yang diterbangkan dari bagian Barat dan Timur Indonesia, Telkomsel akan menunjukkan Pesona Indonesia selama sebulan penuh.

Untuk hari ini, Kamis (12/5/2016), drone yang diterbangkan dari bagian Barat Indonesia tengah mengudara di atas Bali. Cukup dengan masuk ke situs Ekspedisi Langit Nusantara, traveler bisa melihat keindahan Bali dan Pura Ulun Danu Beratan dari udara secara live.

Mungkin Anda bisa sambil melihat uang pecahan Rp 50.000 untuk membandingkannya dengan Pura Ulun Danu Beratan sambil live streaming.

Tempat ini berfungsi untuk ibadah sekaligus objek wisata (Darwance Law/d'Traveler)
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA