Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Agu 2016 11:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sambut HUT RI ke-71 di Jakarta, Yuk Wisata Sejarah ke 6 Destinasi Ini

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: (Kurnia/detikTravel)
Foto: (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Traveler yang merayakan HUT RI ke-71 di Jakarta, tak ada salahnya wisata ke destinasi bertema sejarah kemerdekaan. Berikut sejumlah destinasi yang menarik dikunjungi.

Mulai dari lokasi dirumuskannya naskah Proklamasi, hingga tempat diperdengarkannya lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya dengan biola bisa dikunjungi di Jakarta. Traveler pun bisa liburan sambil mengenal lebih dekat berbagai sejarah bangsa.

Dirangkum detikTravel, Rabu (17/8/2016), inilah 6 destinasi wisata sejarah yang sayang dilewatkan:

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi
(Kurnia/detikTravel)
Bicara tentang Hari Kemerdekaan, tak lepas dari kisah perumusan naskah Proklamasi. Naskah Proklamasi dirumuskan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda yang kini telah beralih fungsi menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Letaknya di Jl Imam Bonjol No 1, Jakarta Pusat.

Masuk ke dalam museum dua lantai ini, rasanya seperti kembali ke masa lalu. Berbagai ruangan ditata sedemikian rupa hingga menyerupai suasana kala 16 Agustus 1945 dulu. Untuk barang-barang di sini, yang ada di lantai 1 adalah replika, sedangkan di lantai 2 kebanyakan asli.

Di lantai 1, wisatawan bisa melihat ruang pra perumusan, ruang perumusan, ruang pengetikan, ruang pengesahan dan hasil scan naskah proklamasi yang telah diperbesar. Ada patung Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo yang sedang merumuskan naskah proklamasi. Ada pula patung Sayuti Melik yang sedang mengetik naskah proklamasi ditemani BM Diah.

Yang tak kalah penting, di depan ruang pengetikan ada replika piano yang digunakan sebagai landasan saat Bung Karno menandatangai tekd Proklamasi. Semua ini bisa traveler lihat langsung di dalam museum, memotret juga boleh. Seorang guide pun akan menemani untuk menjelaskan kisah perumusan naskah Proklamasi sambil berkeliling museum.

2. Taman Proklamasi
(Kurnia/detikTravel)
Traveler yang ingin melihat tempat yang dahulu menjadi lokasi pembacaan teks Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, silahkan datang ke Taman Proklamator. Taman seluas 8 hektar ini bisa ditemukan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Di dalam taman ada beberapa objek, seperti Tugu Petir di sebelah kanan, Monumen Proklamator Soekarno-Hatta di tengah dan tugu wanita yang berbentuk obelisk di sebelah kiri. Nah, Tugu Petir atau Tugu Proklamasi itu merupakan titik berdirinya Soekarno dan Moh Hatta ketika membacakan naskah Proklamasi.

Jika dilihat dengan seksama, ada tulisan 'Di sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Djam 10.00 Pagi Oleh Bung Karno dan Bung Hatta' di salah satu sisi tugu.

Taman Proklamasi biasanya buka setiap hari sejak pukul 07.00-21.00. Tak perlu membayar biaya masuk, namun kalau datang beramai-ramai biasanya akan diminta melapor di dekat pagar masuk.

3. Museum Kebangkitan Nasional
(Randy/detikTravel)
Masih di Jakarta Pusat, ada Museum Kebangkitan Nasional yang begitu bersejarah. Dahulu Museum Kebangkitan Nasional merupakan bekas sekolah kedokteran yang dibuat oleh pemerintah Belanda, School tot Opleiding van Indische Artsen atau STOVIA.

Di sinilah lahirnya organisasi pemuda pertama Indonesia yang dikenal dengan nama Budi Utomo. Organisasi Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo dan delapan mahasiswa STOVIA. Melalui prakasa dari Dr Wahidin Sudirohusodo, maka terbentuklah organisasi pemuda sekaligus politik Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Suasana kejadian bersejarah itu bisa dirasakan di Ruang Memorial Budi Utomo yang masih terjaga rapi di museum. Ruangan ditata mirip seperti di masa lalu, ketika kelahiran organisasi Budi Utomo. Di ruangan lain juga banyak informasi mengenai berbagai organisasi yang dibentuk untuk memperjuangkan kesetaraan dan kemerdekaan Indonesia beserta patung dan diorama

4. Museum Sumpah Pemuda
(Randy/detikTravel)
Museum Sumpah Pemuda bisa dikunjungi di daerah Kramat, Jakarta Pusat. Museum ini memang dikenal sebagai tempat Kongres Pemuda II tahun 1928. Tapi ternyata dahulu bangunan tersebut juga pernah dipakai sebagai rumah kost para pemuda Indonesia.

Bangunan ini kemudian diubah menjadi museum karena menjadi lokasi dari berbagai aktivitas bersejarah. Mulai dari pembacaan ikrar pemuda, hingga diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya WR Soepratman untuk pertama kalinya.

Berbagai ruangan di dalam museum dipajang diorama yang menggambarkan suasana ketika Kongres Pemuda II dan berbagai aktvitas para pemuda. Selain diorama, ada salinan teks Sumpah Pemuda, versi asli lagu Indonesia Raya karangan WR Soepratman di dinding, hingga biola WR Soepratman.

5. Monas
(Shafa/detikTravel)
Wisata Kemerdekaan akan makin lengkap dengan kunjungan ke Monas. Traveler bisa berkeliling di sekitar pelataran ataupun naik ke puncaknya. Nah, sembari berjalan-jalan di Monas, perhatikan sekeliling. Ada sejumlah patung pahlawan yang bisa ditemui di sana.

Dari 4 sisi Monas, tersebar patung-patung pahlawan yang tak kalah menarik dari monumen itu sendiri. Sejumlah patung di sana antara lain patung Pangeran Diponegoro, Chairil Anwar serta Mohammad Husni Thamrin.

6. Galeri Nasional Indonesia
(Wahyu/detikTravel)
Satu lagi yang sayang dilewatkan adalah melihat koleksi lukisan di Galeri Nasional Indonesia. Tanggal 2-30 Agustus 2016, traveler bisa menikmati kesempatan langka melihat langsung koleksi lukisan Istana Kepresidenan.

Ada lebih dari 20 lukisan yang dikelompokkan menjadi 3 tema, Tokoh, Masa Revolusi dan Kenusantaraan. Lukisan-lukisan tersebut berasal dari Istana Kepresidenan di Bogor, Cipanas, Yogyakarta hingga Tampaksiring, Bali.

Karya pelukis kondang pun ada di sini, seperti Affandi, raden Saleh sampai Basoeki Abdullah. Selain lukisan, dipamerkan pula beberapa foto bersejarah serta koleksi buku katalog lukisan milik Bung Karno. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA