Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Des 2016 18:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pameran Lukisan I Gusti Made Deblog Ramaikan Denpasar Festival 2016

Prins David Saut
Redaksi Travel
Pameran Lukisan I Gusti Made Deblog di Denpasar Festival 2016 (David/detikTravel)
Pameran Lukisan I Gusti Made Deblog di Denpasar Festival 2016 (David/detikTravel)
Denpasar - Dalam pagelaran Denpasar Festival 2016, ada banyak acara menarik untuk traveler. Salah satunya pameran karya maestro lukis I Gusti Made Deblog yang memukau.

Pemkot Denpasar menggelar festival yang akan berlangsung dari 28-31 Desember 2016. Denpasar Festival (Denfest) 2016 ini bertemakan Padmaksara atau keharmonisan, dan diawali dengan pameran lukisan I Gusti Made Deblog.

Pameran lukisan Tribute to I Gusti Made Deblog digelar di Kantor Dinas Promosi Pariwisata Daerah Denpasar, Jl Hayam Wuruk, Denpasar, Bali, Rabu (28/12/2016). Pameran lukisan ini memamerkan karya Made Deblog dan 15 seniman muda Bali lainnya.

Ada 24 lukisan tinta, cat hingga digital yang dinikmati oleh para pecinta seni khas Pulau Dewata. Salah satunya adalah lukisan 'Rama dan Jatayu' yang dibuat oleh Made Deblog pada 1974 menggunakan tinta China.

"Saya baru tahu pelukis Made Deblog beberapa bulan lalu. Tapi menurut saya, karya-karya seniman Made Deblog memiliki karakter kuat seni khas Bali. Teknik zaman dahulu tetap dipertahankannya dan belum terpengaruh dari luar Bali," kata salah satu seniman muda peserta pameran, Tjandra Hutama.

(David/detikTravel)Foto: Prins David Saut/detikTravel


Made Deblog adalah pelukis asal Denpasar yang hidup dalam periode 1906-1986, misteri menyelimutinya walau karyanya disegani di beberapa negara. Awalnya, Made Deblog belajar melukis dari seorang seniman Taiwan, Yap Sin Tin, sehingga Deblog menggunakan tinta China dalam berkarya.

"Asli Bali sekali karyanya dan dia tidak menggunakan teknik umum saat itu, sigarmangsi," kata Tjandra yang memamerkan karya seni digitalnya 'Rejang Dancer'.

(David/detikTravel)Foto: Prins David Saut/detikTravel



Dalam pameran ini juga, sebuah lukisan dari material kopi turut dipamerkan. Lukisan berjudul 'Kenangan Masa Kecil' itu dibuat dengan kopi di kanvas oleh Dedy Reru, menggambarkan lima anak-anak yang bermain bola.

"Sebenarnya, event ini tidak hanya untuk Denfest 2016 saja, tapi ini juga untuk mengenang Made Deblog. Agar pelaku seni muda kita tidak melupakan warisan leluhur. Makanya harapan kami, pameran ini mampu melahirkan Deblog-deblog baru," ujar Wakil Walikota Denpasar Ijn Gusti Ngurah Jaya Negara di lokasi yang sama.

Sementara itu, Denfest 2016 akan dibuka secara resmi pada sore hari ini di Lapangan Puputan, Denpasar, Bali. Festival ini diramaikan, berdasarkan zonasi, kuliner khas Bali, panggung hiburan, kegiatan kebudayaan, pameran fotografi, pameran mobil tua, dan pementasan seni.

Pameran Lukisan I Gusti Made Deblong Ramaikan Denpasar Festival 2016Foto: Prins David Saut/detikTravel
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto : Ani Si Kota Hantu

Rabu, 26 Jul 2017 19:19 WIB

Bangunan-bangunan tua ini merupakan sisa peradaban yang terdapat di Turki. Kota ini telah ditinggalkan, sudah tak ada kehidupan. Ani namanya.