Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Des 2016 10:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menunggu Tahun Baru, Main Air Dulu di Pantai Pasir Putih Trenggalek

Adhar Muttaqin
detikTravel
Pantai Pasir Putih Karanggongso di Trenggalek (Adhar/detikTravel)
Trenggalek - Jelang tahun baru, sejumlah pantai di Kabupaten Trenggalek ramai diserbu wisatawan. Salah satu yang populer adalah Pantai Pasir Putih Karanggongso.

Pantai pasir putih menjadi favorit wisatawan karena mempunyai pemandangan menarik dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehinga relatif aman untuk anak-anak maupun keluarga.

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai menjadi arena bermain yang nyaman untuk seluruh pengunjung. Selain itu kawasan Pantai Karanggongso juga telah memiliki fasilitas lengkap untuk para wisatawan, mulai dari parkir yang luas, MCK, tempat ibadah serta aneka wisata kuliner khas pesisir.

"Yang asyik itu, di sini ada wahana banana boat buat seru-seruan, kemudian ada juga wisata berkeliling ke pulau-pulau kecil," kata salah seorang pengunjung, Kusnanto pada detikTravel, Sabtu (31/12/2016).

Ia mengaku sengaja memilih Pantai Karanggongso karena lokasinya yang nyaman, mudah dijangkau dan relatif dekat dengan beberapa objek wisata lain.

"Kalau di sini anak-anak bebas bermain di pasir pantai tanpa harus takut dengan gelombang tinggi," katanya kepada detikTravel.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek, AKP Heru Sujio Budi mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata di pesisir selatan Kecamatan Watulimo pada libur sekolah, Natal dan tahun baru sangat tinggi.

Pada saat Natal lalu, jumlah pengunjung yang datang mencapai lebih dari 10 ribu orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar di antaranya menyerbu Pantai Karangggongso. Akibatnya terjadi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas menuju lokasi tersebut.

"Karena jumlah pengunjung terlalu banyak, kami terpaksa mengalihkan ke wisata lain, karena kalau terkonsentrasi di satu lokasi pasti tidak akan nyaman," katanya.

Pihaknya memprediksi jumlah pengunjung akan semakin banyak pada saat libur tahun baru. Untuk mangamankan arus lalu lintas dan mengantisipasi terjadinya kemacetan, Satlantas Polres Trenggalek akan menerjunkan 76 personil kepolisian di sejumlah titik rawan.

"Nanti juga akan didukung oleh anggota dari kesatuan lain, mulai dari sabhara, reskrim maupun intel. Selain itu ada juga bantuan dari TNI, Satpol PP maupun perhubungan," ujarnya.

Pengamanan jalur akan dilakukan mulai dari Durenan hingga ke sejumlah lokasi wisata termasuk Gua Lowo, Pantai Prigi, Pantai Cengkrong, Wisata Mangrove maupun Pantai Damas.

"Itu untuk wilayah Kecamatan Watulimo saja, karena pusat konsentrasi wisatawan berada di daerah tersebut. Selain itu kami juga melakukam pengamanan juga di beberapa obyek wisata lain di Kecamatan Panggul, Munjungan maupun yang lainya," imbuh Heru. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA