Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Jan 2017 08:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Begini Rasanya Naik KM Express Bahari 3B Tujuan Kepulauan Seribu

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: KM Bahari Express 3B (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - KM Express Bahari 3B hadir melayani pelayaran Jakarta-Kepulauan Seribu. Kapal ini pun menambah pilihan transportasi nyaman ke Kepulauan Seribu.

Kapal Pelni KM Express Bahari 3B baru saja diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2017) kemarin. Ini merupakan kapal cepat buatan tahun 2005, yang akan mengantar traveler dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Kepulauan Seribu.

Usai peresmian, detikTravel berkesempatan menjajal pelayaran KM Express Bahari 3B tujuan Pulau Tidung. Kapal dua tingkat tersebut panjangnya 30 meter dan terbuat dari fiberglass. Kapasitas angkutnya 208 orang ditambah 6 orang kru kapal.

Dari penampilan luarnya, warna putih tampak mendominasi dengan corak garis melengkung berwarna oranye. Begitu memasuki kapal, traveler akan melihat kursi-kursi berwarna hitam merah tersusun rapi.

Kelas eksekutif (Kurnia/detikTravel)Foto: Kelas eksekutif (Kurnia/detikTravel)


Penumpang menuju ke Pulau Tidung (Kurnia/detikTravel)Foto: Penumpang menuju ke Pulau Tidung (Kurnia/detikTravel)


Di pojok atas, ada rak yang berisi jaket keselamatan. Telah disediakan sekitar 250 jaket keselamatan untuk menunjang keamanan selama pelayaran. Nah, untuk ruangan penumpang di dalam kapal ini tak hanya satu tapi ada sekitar 3 yang terbagi menjadi kelas ekonomi, eksekutif dan VIP.

Kursi kelas eksekutif ada di lantai bawah kapal, sedangkan ekonomi dan VIP ada di atas. Jelang keberangkatan, diumumkan kembali bahwa kapal bertujuan ke Pulau Tidung dengan waktu tempuh satu jam. Tak lupa pula penumpang dijelaskan di mana lokasi pelampung keselamatan dan bagaimana cara mengenakannya.

(Kurnia/detikTravel)Foto: (Kurnia/detikTravel)


Kapal pun segera berjalan perlahan-lahan dan makin lama makin kencang. Di dalam kapal, traveler bisa duduk santai atau pun jalan-jalan ke dek kapal untuk melihat pemandangan dan menikmati angin laut. Kalau di dalam kapal sendiri sebenarnya tidak gerah karena memang dilengkapi pendingin ruangan.

Untuk fasilitas penumpang pun cukup lengkap. Mulai dari toilet bersih hingga tempat charge ponsel atau gadget lain. Jadi tak perlu mati gaya gara-gara baterai handphone habis.

Pastinya cukup nyaman berlayar naik KM Express Bahari 3B. Rasanya tak ada salahnya jika ketika liburan nanti menjajal ke Kepulauan Seribu naik kapal ini. Namun untuk informasi mengenai detail harga tiket beserta jadwalnya, masih akan diumumkan lebih lanjut oleh pengelola.

(Hasan Alhabsy/detikTravel)Foto: (Hasan Alhabsy/detikTravel)


(Kurnia/detikTravel)Foto: (Kurnia/detikTravel)


(Kurnia/detikTravel)Foto: (Kurnia/detikTravel)
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA