Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Jan 2017 08:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pilihan Hotel Nyaman & Berkonsep Halal Untuk Liburan di Pekanbaru

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kamar Pesonna Hotel Pekanbaru yang nyaman (Wahyu/detikTravel)
Kamar Pesonna Hotel Pekanbaru yang nyaman (Wahyu/detikTravel)
Pekanbaru - Traveler yang akan liburan ke Pekanbaru layak mencoba pilihan hotel berikut. Pesonna Hotel Pekanbaru nyaman dan tenang, serta berkonsep halal.

Pesonna Hotel Pekanbaru adalah sebuah hotel yang baru kurang lebih 11 bulan beroperasi di Kota Pekanbaru. Hotel ini berdiri di bawah bendera Hotel Indonesia Group, BUMN yang menaungi hotel-hotel berpelat merah milik pemerintah.

Pesonna Hotel sendiri adalah anak perusahaan milik PT Pegadaian yang bergerak di bidang bisnis perhotelan. Selain di Pekanbaru, Pesonna Hotel juga membuka cabang di Gresik, Pekalongan, Tegal, Semarang dan Yogyakarta. Soal nama, Pesonna Hotel memiliki filosofi yang menggambarkan model bisnis PT Pegadaian.

"Kenapa namanya Pesonna? Itu ada singkatannya sendiri, Pesonna: Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset. Makanya N-nya dobel kan," ujar Eva Fazasoraya, Direktur Sales dan Marketing Pesonna Hotel Pekanbaru kepada detikTravel Rabu (18/1/2017) pekan lalu.
 Penampakan Pesonna Hotel Pekanbaru dari luar (Wahyu/detikTravel) Penampakan Pesonna Hotel Pekanbaru dari luar (Wahyu/detikTravel)


Dalam acara Famtrip Media Pesonna Hotel Pekanbaru, detikTravel diajak merasakan nyamannya menginap di hotel berlantai 12 ini selama 4 hari 3 malam. Total ada 134 buah kamar yang ada di Pesonna Hotel. Dari 134 kamar tersebut, 4 di antaranya berjenis Suite, sementara sisanya Deluxe.

detikTravel menginap di kamar bertipe Deluxe yang berada di lantai 3. Kamarnya sangat nyaman, dan lega dengan luas sekitar 24 meter persegi. Menariknya lagi, di dalam kamar tersedia peralatan salat lengkap. Mulai dari mukena, sajadah, hingga Al Quran. Bentuk shower di kamar mandinya pun memudahkan kita untuk wudlu.
 Kamar Pesonna Hotel Pekanbaru dilengkapi alat-alat salat (Wahyu/detikTravel) Kamar Pesonna Hotel Pekanbaru dilengkapi alat-alat salat (Wahyu/detikTravel)


Eva pun menjelaskan, bahwa itu adalah sebagai perwujudan konsep halal yang diusung oleh Pesonna Hotel Pekanbaru. Selain itu, di Pesonna Hotel Pekanbaru kita tidak akan menemukan alkohol sama sekali, karena pihak hotel tidak menyediakannya untuk tamu.

"Kita memang konsepnya halal, tidak menjual alkohol. Bahan-bahan makanan kita juga semuanya halal. Kemudian para pekerja kita terutama yang wanita, semuanya mengenakan hijab. Tapi kita bukan hotel yang benar-benar syariah, hanya konsepnya saja. Tidak menjual hal-hal yang haram," terang Eva.

Selain alat-alat salat, di dalam kamar juga tersedia brankas, coffee dan tea set, TV kabel, akses WiFi, AC, dan juga lemari pendingin. Untuk restorannya sendiri, traveler bisa menikmati aneka hidangan lezat di Pesonna Cafe yang terletak di lantai 1 hotel.

Pesonna Cafe yang ada di lantai 1 hotel (Wahyu/detikTravel)Pesonna Cafe yang ada di lantai 1 hotel (Wahyu/detikTravel)


Signature dish di Pesonna Cafe yang wajib traveler coba adalah Dendeng Pesonna. Irisan daging sapi berbumbu yang digoreng kering dan diberi sambal lado merah pedas di atasnya sungguh menggoda. Ada juga gulai kepala kakap merah, dan aneka hidangan lain yang tak kalah lezatnya.

"Yang paling disukai di sini Dendeng Pesonna. Banyak yang pesan. Ada yang minta dibungkus dibawa pulang juga," ujar Chef Edison yang sehari-hari bertugas menyiapkan dendeng ini.
Dendeng Pesonna yang jadi andalan hotel ini (Wahyu/detikTravel)Dendeng Pesonna yang jadi andalan hotel ini (Wahyu/detikTravel)


Bagi traveler yang butuh ruang meeting serta ballroom, Pesonna Hotel Pekanbaru menyediakannya di lantai 12 hotel. Ada 4 meeting room dengan kapasitas 30 orang hingga 120 orang. Ballroomnya sendiri bisa menampung hingga 300 orang.

Ada juga fasilitas kolam renang yang berada di lantai 1 hotel. Namun sayang saat detikTravel berkunjung, kolam renang ini sedang dalam tahap renovasi karena mengalami kebocoran, sehingga tidak dapat digunakan.

Penampakan Ballroom Hotel di lantai 12 (Wahyu/detikTravel)Penampakan Ballroom Hotel di lantai 12 (Wahyu/detikTravel)


Letak hotel ini juga sangat strategis, hanya sekitar 15 menit dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Lokasi tepatnya ada di Jalan Jenderal Sudirman No 455, Kota Pekanbaru.

Meski terhitung cukup baru, tetapi tingkat okupansi di Pesonna Hotel Pekanbaru sudah cukup baik, rata-rata di atas 50 persen. Konsumennya rata-rata adalah dari sektor pemerintahan, serta perusahaan.

"Komposisinya 55% government, 30% corporate, sisanya dari Online Travel Agent (OTA). Trennya bulan Januari, Februari, Maret sepi, April-Mei naik, bulan puasa turun lagi. Tapi tahun 2016 kemarin kita closing di 50%," ungkap Eva.

Bagian lobi Pesonna Hotel Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)Bagian lobi Pesonna Hotel Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)


Traveler yang liburan ke Pekanbaru bisa menjadikan Pesonna Hotel sebagai pilihan temat menginap yang ideal. Hotelnya nyaman, suasana di sekitarnya juga tenang. Apalagi konsep halalnya yang menarik, sehingga cocok dijadikan sebagai hotel keluarga.

Untuk room ratenya sendiri, Pesonna Hotel Pekanbaru mematok harga sekitar Rp 393 ribu untuk kamar Deluxe plus breakfast, dan Rp 836 ribu untuk kamar suites. Traveler yang tertarik bisa langsung mampir ke hotel tersebut. Selamat berlibur di Pekanbaru!

Liburan nyaman di Pesonna Hotel Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)Liburan nyaman di Pesonna Hotel Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED